PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V DI SD NEGERI 1 TERSANA KECAMATAN PABEDILAN KABUPATEN CIREBON

Dwi Anita Alfiani(1*), Sri Sopiyani(2),


(1) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(2) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(*) Corresponding Author

Abstract


Abstrak

Model Pembelajaran Cooperative Learning tipe STAD merupakan suatu pembelajaran yang didalamnya siswa bekerjasama beserta kelompoknya melakukan diskusi kelompok. Dari hasil pengamatan terlihat bahwa guru masih menggunakan metode konvensional, sehingga siswa merasa bosan dalam belajar, dan masih kurang dalam kemampuan kerjasama, berpikir kritis dan sikap ilmiah, oleh karena itu penelitian ini menerapkan Model Pembelajaran STAD yang merupakan salah satu cara untuk meningkatkan hasil belajar dan kualitas proses belajar mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Model Pembelajaran Cooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar IPA siswa serta menganalisis pengaruh model pembelajaran STAD pada hasil belajar IPA siswa kelas V di SDN 1 Tersana Kecamatan Pabedilan Kabupaten Cirebon.

Model Pembelajaran Cooperatif tipe STAD merupakan dimana siswa belajar dalam kelompok- kelompok kecil terdiri dari 4-6 orang siswa yang memiliki kemampuan dan karakteristik yang berbeda-beda yang untuk menyelesaikan atau memecahkan masalah secara bersama dengan dibimbing oleh guru.Diawali dengan penyampaian tujuan pembelajaran, penyampaian materi, kegiatan kelompok, kuis, dan penghargaan kelompok.

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif jenis eksperimen dengan desainpenelitian control group pre-test – post-test. Dalam mengumpulkan data, teknik yang digunakan yaitu angket dan tes. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 1Tersana dengan jumlah sampel kelas eksperimen 39 siswa.Analisis data yangdigunakan adalah uji prasyarat, uji T 2 berpasangan, dan analisis regresi sederhana.

Hasil analisis dapat diketahui perolehan respon angket STAD sebesar 81.64 %.Adapun nilai rata-rata hasil belajar yaitu sebesar 78.05 dengan simpangan baku sebesar 9.423. Terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar IPAsiswa antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol karena diperoleh berdasarkan Uji T 2 Sampel Berpasangan diperoleh sig α= 0.000.dan nilai -t hitung -5.612.dari hasil uji hipotesis yang menerima Ha., didapat t hitung 3.946 sedangkan t tabel dengan taraf nyata a= 0.05 df= 37 adalah 2.026 dengan demikian dapat dilihat bahwa t hitung ( 3.946) > t tabel (2.026).maka Ha diterima. Besarnya pengaruh penggunaan model pembelajaran STAD terhadap hasil belajar IPA sebesar 29.6% dan sisanya sebesar 70.4 % dipengaruhi oleh factor lainnya. Adapun persamaan regresinya adalah Ý = -822 + 1.527X.

Kata Kunci : Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Student Team Achievement Division (STAD), Hasil Belajar


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Aly. Abdullah. Rahma. Eny. 2004. MKDU Ilmu Alamiah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara

Mahmud. 2006. Psikologi Pendidikan Mutakhir. Bandung: Sahifa

Nasehuddien. Toto Syatori. 2008. Metodelogi Penelitian (Sebuah Pengantar). Cirebon: Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Cirebon

Nasution. 2008. Teknologi Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara

_______.2010. Teknologi Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara

Nurdin. Syafruddin. 2005. Guru Profesional Dan Implementasi Kurikulum. Jakarta: Quantum Teaching.

Priyatno. Duwi. 2011. Buku Saku SPSS (Analisis Statistik Data. Lebih Cepat. Efisien. dan Akurat). Yogyakarta: Media Kom.

Sanjaya. Wina. 2008. Kurikulum dan Pembelajaran: Teori dan Praktik Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana Prenanda Media Group.

________. 2010. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenanda Media Group.

Slavin, E Robert. 2010. Cooperative Learning: Teori Riset dan Praktik. Nusamedia.

Solihatin. Etin. dan Raharjo. 2009. Cooperative Learing Analisis Model Pembelajaran IPS. Jakarta: Bumi Aksara

Sumiati. dan Asra. 2009. Metode Pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prima

Sudjana. 2001. Teknik Analisis Regresi dan Korelasi Bagi Para Penelito. Bandung: Tarsito

Sugiyono. 2009. Statistik Nonparametris untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif. Kualitatif. dan R&D. Bandung: Alfbeta

Suhartono. Irawan. 2008. Metode Penelitan Sosial. suatu Teknik Penelitian Bidang Kesejahteraan Sosial dan Ilmu Sosial Lainnya. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Syah. Muhibin. 2009. Psikologi Belajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Trianto. 2007. Model Pembelajaran dalam Teori dan Praktek. Jakarta: Prestasi Publishher

Trianto . 2009. Mendesain Pembelajaran Inovatif-Progresif: Konsep. Landasan. Dan. Implementasinya Pada Kurikulum Tingat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana.

Wahidin. 2006. Metode Pendidikan IPA Untuk Program D-II dan S-1 PGSD/PGMI pada LPTK PTAI. Bandung: Sangga Buana Bandung.

Wingkel. 2009. Psikologi Pengajaran. Yogyakarta: Media Abadi.

Zuriah. Nurul. 2006. Metodelogi Penelitian Sosial dan Pendidikan Teori-Aplikasi. Jakarta: Bumi Aksara.




DOI: 10.24235/al.ibtida.snj.v1i1.459

Article Metrics

Abstract view : 1134 times
PDF - 1801 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




AL IBTIDA Journal Indexed By:

        

 

  

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

 

Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI Published by Department of Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, IAIN Syekh Nurjati Cirebon In Collaboration with Perkumpulan Dosen Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PD PGMI) Indonesia.

Editorial Office:

FITK Building, 5th Floor, Department of Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.  Perjuangan Street of Sunyaragi, Cirebon City, West Java, Indonesia 45132 Phone. 0231-481264, Fax. 0231-489926, Email: alibtida@syekhnurjati.ac.id/ alibtida2@gmail.com