RESPON PIHAK SEKOLAH TERHADAP KOMPETENSI MAHASISWA PPL PRODI PGMI STAIN CURUP TA 2014/2015

Siti Zulaiha(1*), Ummul Khair(2),


(1) STAIN Curup, Bengkulu
(2) STAIN Curup, Bengkulu
(*) Corresponding Author

Abstract


ABSTRAK

Permasalahan yang dikaji adalah tentang bagaimana respon pihak–pihak sekolah  terhadap kemampuan mahasiswa PPL STAIN Curup, yang dilaksanakan  pada tanggal 19 Januari s.d. 19 Maret  pada tahun 2015.  Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan respon pihak sekolah terhadap kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, kompetensi profesional mahasiswa PPL dan respon guru pamong terhadap siswa dalam menerima mahasiswa PPL, STAIN Curup di sekolah-sekolah dalam wilayah kabupaten Rejang Lebong.

Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field Research) dengan pendekatan kualitatif dan mengambil lokasi penelitian di SD/MI se-Kota Curup dengan sumber data guru pamong/kepala sekolah. Pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis dimulai dengan reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Analisis data dilakukan sejak penulis di lapangan, sewaktu pengumpulan data, dan setelah semua data terkumpul atau setelah selesai penelitian di lapangan.

Keyword: Respon, Kompetensi PPL


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Daryanto, Standar Kompetensi dan Penilaian Kinerja Guru Profesional Yogjakarta : Gava Media. 2013.

E. Mulyasa, Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru Bandung: PT. Rosdakarya, 2009.

Em Zul Fajri & Ratu Aprilia Senja, Kamus Lengkap Bahasa Indonesia (KLBI), Difa Publisher, 2008.

Jejen Mustafah, Peningkatan Kompetensi Guru ( Melalui Pelatihan dan Sumber Belajar Teori dan Praktik) Jakarta. Kencana Prenada Media group, 2011.

Lexy J. Moloeng, Metodologi Penelitian Kualitatif , Bandung : PT Remaja Rosdakarya, 2000.

Mardalis, Metode Penelitian Suatu ;Pendekatan Proposal, Jakarta : Bumi Aksara, 1995.

Novan Ardi Wiyani, Etika Profesi Keguruan Yogyakarta : Gava Media, 2015.

Oemar Hamalik, Pendidikan Guru Berdasarkan Pendekatan Kompetensi, Jakarta: Bumi Aksara, 2006.

, Kurikulum dan Pembelajaran Jakarta: Bumi Aksara. 2013

Panitia Pelaksana PPL, Buku Pedoman Praktik Pengalaman Lapangan, Curup, STAIN Curup, 2014.

Ramayulis, Profesi dan Etika Keguruan Jakarta: Kalam Mulia, 2013

Syaiful Bahri Djamarah, Strategi Belajar Mengajar Jakarta: Rineka Cipta, 2010.

Suharsimi Arikunto, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik Jakarta: PT. Asdi Mahasatya. 2006.

Sutrisno Hadi, Metodologi Research ,Yogyakarta : Andi, 2004.

Sugiono, Metode Penelitian Pendidikan : Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D , Bandung : Alfabeta, 2008.

Sardiman, Interaksi dan Motivasi Belajar-Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers. 2012

Tim-FKIP UT. Pemantapan Kemampuan Mengajar (PKM-PGSD). Penerbit Universitas

Terbuka.2014.

Udin Syaefudin Saud, Pengembangan Profesi Guru, Bandung : Alfabeta, 2010

Zainal Asril. Micro Teaching: Disertai dengan Pedoman Pengalaman Lapanagn. Jakarat: Eajawali Pres. 2013.

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen Jogyakarta, 2006.

Utomo, Kompetensi Mahasiswa Program Studi Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah FKIP Unib Peserta PPL di SMU 6 Kodya Bengkulu Tahun 1999 dalam

http://ejournal.unikama.ac.id/index.php/jrnspirasi/article/view/483, diakses pada tanggal 20 April 2015

http://digilib.fkip.uns.ac.id/contents/skripsi.php?id_skr=1730




DOI: 10.24235/al.ibtida.snj.v3i1.583

Article Metrics

Abstract view : 611 times
PDF - 614 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2022 Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

AL IBTIDA Journal Indexed By:

        

 

  

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

 

Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI Published by Department of Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, IAIN Syekh Nurjati Cirebon In Collaboration with Perkumpulan Dosen Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PD PGMI) Indonesia.

Editorial Office:

FITK Building, 5th Floor, Department of Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.  Perjuangan Street of Sunyaragi, Cirebon City, West Java, Indonesia 45132 Phone. 0231-481264, Fax. 0231-489926, Email: alibtida@syekhnurjati.ac.id/ alibtida2@gmail.com