Efektivitas Penggunaan Lagu dalam Meningkatkan Hafalan Tashrif

Alfi Mazida(1*),


(1) Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta
(*) Corresponding Author

Abstract


Pembelajaran Sharaf identik dengan sistem hafalan. Sebagian besar siswa merasa sulit dalam menghafal materi tashrif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektivitasan metode lagu dalam pembelajaran Shorof di MAPK Surakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis eksperimen. Data diperoleh melalui Teknik tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Siswa kelas X PK PI 1 dan  X PK PI 2 yang berjumlah 36 siswa menjadi sumber data dalam penelitian ini. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik dengan software SPSS versi 17. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran dan hafalan tashrif dengan lagu memberikan dampak hafalan lebih kuat dan efektif daripada pembelajaran dan hafalan tanpa lagu. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil uji nilai Z yang didapat untuk pretest dan posttest kelas eksperimen sebesar -3.727, sedangkan nilai Z yang didapat untuk pretest dan posttest kelas kontrol sebesar -3.628. Kedua kelas sama-sama mempunyai p value (Asymp. Sig 2-failed) sebesar 0,000 dimana kurang dari batas kritis penelitian 0,05, sehingga keputusan hipotesis adalah menerima Ha atau berarti terdapat perbedaan peningkatan signifikan penguasaan hafalan shorof siswa sebelum dan sesudah perlakuan. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, diharapkan guru pengampu mata pelajaran Shorof mampu menggunakan metode lagu selama proses menghafal agar tingkat hafalan tashrif siswa dapat lebih kuat.

Kata Kunci:  Lagu, Hafalan, Tashrif


Keywords


Lagu, Hafalan, Tashrif

Full Text:

PDF

References


Akbar, Tian Khusni. 2021. Desain Pembelajaran Pendidikan Islam Berbasis Neurosains : Peran Musik, Pencahayaan, dan Tata Ruang, INTIQAD : Jurnal Agama dan Pendidikan Islam (7)

Arikunto, Suharsimi. 1993. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, (Jakarta: Rineka Cipta

Asyrofi, Syamsudin. 2004. Pengajaran Bahasa Arab di Perguruan Tinggi Agama : Telaah Kritis dalam Perspektif Metodologis. Yogyakarta: Al-‘Arobiyah Jurnal Pendidikan Bahasa Arab (4)

Busyro,Muhtarom. 2003. Shorof Praktis Metode Krapyak, Yogyakarta : Menara Kudus Jogjakarta

DePorter, Bobby, dkk. 2000. Quantum Teaching Mempraktikkan Quantum Learning di Ruang-Ruang Kelas. Bandung : Penerbit Kifa

Hadi, Sutrisno. 2004. Metodologi Research 2. Yogyakarta : Andi Offset

Hisyam, Zunul. 2011. Lagu Sebagai Metode Menghafal Kaidah Bahasa Arab di Pondok Pesantren Al-Luqmaniyyah Yogyakarta : Skripsi. Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga

Mubarok, Mohammad Husni. 2018. Metode Pembelajaran Shorof di Pondok Pesantren Sukahideng, Sukarame, Kabupaten Tasikmalaya. Jurnal Pendidikan Islam (39)

Muhajirunnajah. 2019. Penerapan Pembelajaran Shorof bagi Pembelajar Tingkat Pemula Menggunakan Metode Pemerolehan Bahasa. Yogyakarta: Al-Mahara Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, Vol. 3, No. 1 (119)

Mulyasa, E. 2007. Manajemen Berbasis Sekolah “Konsep Strategi dan Implementasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Prasetyo, Bambang. 2006. Metode Penelitian Kuantitatif, Teori dan Aplikasi. Jakarta : Raja Grafindo Persada

Purwanto, Nanang Joko. 2018. Lagu sebagai Media Pembelajaran Tata Bahasa Arab (Nahwu), Mahara : Jurnal Pendidikan Bahasa Arab (9)

Qomaruddin, Ahmad. 2017. Implementasi Metode Bernyanyi dalam Pembelajaran Mufodat, Jurnal Kependidikan. Vol. 5, No. 1 (26)

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung: Penerbit Alfabeta

Sukmadinata , Nana Syaodih. 2009. Metode Penelitian Pendidikan, (Bandung: PT Remaja Rosda Karya

Widoyoko, Eko Putro. 2012. Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar




DOI: 10.24235/ibtikar.v11i1.10488

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Alfi Mazida

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 Daftar Indeks: