Desain Kurikulum Bahasa Arab di Indonesia

Rika Lutfiana Utami(1*),


(1) Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga
(*) Corresponding Author

Abstract


Desain kurikulum meliputi dan merupakan suatu proses pengembangan kurikulum yang diawali dari perencanaan, yang dilanjutkan dengan validasi, implementasi dan evaluasi. Tujuan dari tulisan ini adalah untuk memberikan pengetahuan tentang desain kurikulum bahasa Arab di Indonesia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan library research (studi pustaka). Desain kurikulum bahasa Arab madrasah bertujuan untuk memberikan empat kemahiran berbahasa bagi peserta didik. Kurikulum sebagai salah satu instrumental input dalam mencapai tujuan pendidikan nasional dikembangkan secara dinamis sesuai dengan tuntutan dan perubahan yang terjadi dalam masyarakat. 

 

Curriculum design contains and is a curriculum development process that starts from planning, followed by validation, implementation and evaluation.The purpose of this paper is to provide knowledge about Arabic curriculum design in Indonesia.The method used in this research is descriptive research with library research approach (literature study).Madrasa Arabic language curriculum design aims to provide four language skills for students.The curriculum as an instrumental input in achieving national education goals is developed dynamically in accordance with the demands and changes that occur in society.

Keywords


Desain Kurikulum, Kurikulum Madrasah, Kurikulum Bahasa Arab

Full Text:

PDF

References


Ansyar, Mohamad. 2015. Kurikulum Hakikat, Fondasi, Desain dan Pengembangan. Jakarta: PT Fajar Interpratama Mandiri.

Hamalik, Oemar. 2007. Dasar-Dasar Pengembangan Kurikulum. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Hamid, Hamdani. 2012. Pengembangan Kurikulum Pendidikan. Bandung: CV Pustaka Setia.

Hidayat, Sholeh. 2013. Pengembangan Kurikulum Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Idi, Abdullah. 2014. Pengembangan Kurikulum Teori & Praktik. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Khalilullah. Media Pemblajaran Bahasa Arab. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Maksudin dan Nurani, Qoim. 2018. Pengembangan Kurikulum Pembelajaran Bahasa Arab “Teori dan Praktik”. Yogyakarta: Pascasarjana FITK UIN Sunan Kalijaga.

Muhajir. 2017. Arah Baru Pengajaran Bahasa Arab Filsafat Bahasa, Metode dan Pengenbangan Kurikulum. Yogyakarta: FITK UIN Sunan Kalijaga.

Mujahid. 2015. Standar Isi Materi Pelajaran Bahasa Arab Di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Dalam Kurikulum 2013 “Tinjauan Psikologi Perkembangan”. Jurnal Pendidikan Agama Islam. Vol. XII. No. 2.

Widyastono, Herry. Pengembangan Kurikulum Sekolah Bertaraf Internasional. Jakarta: Pusat Kurikulum Balitbang Kemdiknas.




DOI: 10.24235/ibtikar.v9i1.6235

Article Metrics

Abstract view : 38 times
PDF - 12 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Rika Lutfiana Utami

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 Daftar Indeks: