Faktor-Faktor Penghambat Dalam Memahami Bahasa Arab

Yaris Eka Rachman(1*),


(1) Universitas Pendidikan Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Bahasa adalah sistem lambang bunyi yang digunakan manusia untuk berkomunikasi mengungkapkan pikiran dan perasaannya. Salah satu bahasa yang digunakan manusia adalah bahasa Arab. Bahasa Arab memiliki urgensi penting dalam kehidupan sehari-hari seorang muslim. Karenanya seorang muslim dituntut untuk memelajari dan memahami Bahasa Arab. Namun dalam proses pembelajrannya muncul beberapa faktor penghambat yang dirasakan pelajar bahasa Arab dalam memahami Bahasa Arab. Diantara faktor pemnghambat tersebut adalah adalah kurangnya motivasi belajar, kurang melatih kemampuan yang dimiliki, rendahnya minat untuk menghafal kosa kata baru, dan tidak memurajaah materi, minimnya fasilitas belajar, materi yang tidak terstruktur, dan kuragnya buku bacaan Bahasa Arab,. Dalam menghadapi faktor-faktor penghambat pembelajaran Bahasa Arab tersebut ada beberapa solusi yang bisa dilakukan seperti berdo’a kepada Allah, menciptakan lingkungan yang baik,  serta mengatur waktu dengan baik.


Keywords


Pembelajaran bahasa Arab, Urgensi, Faktor penghambat, dan solusi

Full Text:

PDF

References


Al-Quran dan Terjemahannya. 2014. Jakarta: Departemen Agama RI

Azizah, H, N. (2018). Peningkatan Penguasaan Kosakaa Bahasa Arab melalui Penggunanaan Media Word Wall. 1(1), 1-16. Diakses dari: https://ejournal.upi.edu/index.php/alsuniyat/article/download/24212/11704

Bakr. (1987). حلية طالب العلم (Perhiasan Penuntut Ilmu). Jeddah: Daarul Ashimah.

Bninnety, M. (2015). Struktur dan Proses Memori. Buletin Psikologi. 16(2), 74-88. Diakses dari: https://jurnal.ugm.ac.id/buletinpsikologi/article/view/7375/5742

Daryanto. (2006). Administrasi Pendidikan. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Kamus Besar Bahasa Indonesia, (Jakarta: Balai Pustaka, 1989), hal. 66

Depdiknas. Pelaksanaan Kurikulum Berbasis Kompetensi (Jakarta: Balitbang Depdiknas. 2002), hlm. 1.

Imam Ad-Dzahabi (tidak diketahui). Siyar A'lamin Nubala jilid 10, hal 74.

Keputusan Menteri Agama no.183 tahun 2019. Kurikulum PAI dan Bahasa Arab Pada Madrasah.

Muna, W. (2011). Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab (Teori dan Aplikasi). Yogyakarta: Penerbit Press

Mustafa al- Ghalayin, Jami’ ad-Durus al‘abiyah jilid I. (Beirut: Dar al-kutub al-‘ilmiyah, 2005), hal. 7

Rahman. (2019). Problematika Pembelajaran Bahasa Arab di Madrasah Tsanawiyah di Kota Langsa. (Tesis). Diakses dari: http://repository.uinsu.ac.id/6839/1/TESIS.pdf

Suryabrata, S (2010). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Press

Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah. (tidak diketahui). Iqtidho’ Shirotil Mustaqim, hal. 207.




DOI: 10.24235/ibtikar.v10i1.7725

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 Daftar Indeks:

    


Karya ini dilisensikan di bawah  Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.