Staregi Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Mengimplementasikan Manajemen Berbasis Madrasah

Moh Masnun(1*), Ade Iyus(2),


(1) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(2) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(*) Corresponding Author

Abstract


Abstrak

Manajemen berbasis madrasah merupakan paradigma baru pendidikan yang memberikan otonomi lebih luas pada tingkat madrasah (pelibatan masyarakat) dalam kerangka kebijakan nasional, juga merupakan salah satu wujud dari reformasi pendidikan yang lebih baik dan memadai bagi para peserta didik, otonomi dalam manajemen merupakan potensi bagi madrasah untuk meningkatkan kinerja para staf, menawarkan partisipasi langsung kepada stakeholder dan kelompok-kelompok yang terkait, serta meningkatkan pemahaman masyarakat terhadap pendidikan.

Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui bagaimana kepemimpinan kepala MI PUI Babakan Cipeundeuy Kab. Majalengka; (2) untuk mengetahui bagaimana strategi penerapan manajemen berbasis madrasah di MI PUI Babakan Cipeundeuy Kab. Majalengka; (3) untuk mengetahui bagaimana keberhasilan kepemimpinan kepala madrasah dalam menerapkan manajemen berbasis madrasah di MI PUI Babakan Cipeundeuy Kab. Majalengka. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara (interview), pengamatan secara langsung (observasi) dan dokumentasi. Selanjutnya analisa data dilakukan dengan: (1) Analisa selama pengumpulan data yakni secara induktif dengan menggunakan analisa deskriptif; (2) Teknik keabsahan data dengan menggunakan triangulasi sumber data.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) kepemimpinan kepala MI PUI Babakan Cipeundeuy Kab. Majalengka sudah berjalan baik dilihat dari strategi kepala madrasah dalam menerapkan manajemen berbasis madrasah untuk menyelesaikan masalah dan mengembangkan potensi yang dimiliki; (2) penerapan manajemen berbasis madrasah di MI PUI Babakan Cipeundeuy Kab. Majalengka sudah efektif, karena sudah dapat menunjang tercapainya program  madrasah; (3) keberhasilan kepemimpinan kepala madrasah dalam menerapkan manajemen berbasis madrasah di MI PUI Babakan Cipeundeuy Kab. Majalengka partisipatif meningkatkan mutu dan pelayanan pendidikan.

 

Kata Kunci: Kepemimpinan, Manajemen Berbasis Madrasah             

 

Abstract

Management based madrasah is a new paradigm of education giving broad autonomy to the level madrasah (public participation) within the framework of national policy. And is one manifestation of reform better education and adequate for learners, autonomy in the management of a potential for madrasah to improve the performance of the staff, offer participation directly linked stakeholder and groups, as well as improving people's understanding of education.

The purpose of this study are: (1) to find out how principal leadership MI PUI Babakan Cipeundeuy; (2) to determine how the madrasah-based management implementation strategy in MI PUI Babakan Cipeundeuy; (3) to find out how the headmaster leadership success in implementing madrasah-based management in MI PUI Babakan Cipeundeuy. This research uses qualitative research. Data was collected through interviews (interview), observations (observation) and documentation. Further analysis of the data performed by: (1) The analysis during data collection that is inductively by using descriptive analysis; (2) Technique authenticity of data using triangulation of data sources.

These results indicate that: (1) principal leadership MI PUI Babakan Cipeundeuy been running good views of headmaster in implementing strategies based management madrasah to solve problems and develop potential which are owned; (2) madrasah-based management application in MI PUI Babakan Cipeundeuy been effective, because it can support the achievement of the madrasah program; (3) The headmaster leadership success in implementing madrasah-based management in a participatory MI PUI Babakan Cipeundeuy improve the quality of service and education

Keywords: Leadership, Madrasah-Based Management


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Aceng, Jaelani. (2016). Pendidikan Dasar Dalam Era Reformasi Dan Otonom. Jurnal Al Ibtida. 3(1). Retrieved Juni 30, 2017, from http://www.syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/ibtida/article/view/581/513.

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Ary, Donald, dkk. 2007. Pengantar Penelitian dalam Pendidikan. terj. Arief Furchan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Baharundin, Umiarso. 2012. Kepemimpinan Pendidikan Islam Antara Teori dan Praktik. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

Basrowi, Suwandi. 2008. Memahami Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rineka Cipta.

Hadiyanto. 2004. Mencari Sosok Desentralisasi Manajemen Pendidikan Di Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta.

Moekijat, 1992. Pokok-pokok Pengertian Administrasi, Manajemen dan Kepemimpinan. Bandung: Mandar Maju.

Mulyasa, E. 2014. Manajemen Berbasis Sekolah., Bandung: Rosadakarya.

_______, E. 2009. Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Bandung: Rosdakarya.

Saydam, Gouzali. 1993. Soal Jawab Manajemen dan Kepemimpinan. Jakarta: Djambatan.

Sa’ud, Udin Syaefudin. 2005. Jurnal Pendidikan: Faktor Determinan Pelaksanaan Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah. Bandung: UPI Press.

Sugiono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D, Bandung: Alfabeta.

Sukardi. 2003. Metodologi Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Bumi Aksara.


Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


IJEE: Indonesian Journal of Elementary Education Published by Department of Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Indonesia

Editorial Office:

K Building, 1st Floor, Department of Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.  Perjuangan Street of Sunyaragi, Cirebon City, West Java, Indonesia 45132 Phone. 0231-481264, Fax. 0231-489926, Email: alibtida@syekhnurjati.ac.id