PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS (KPS) PADA MATERI EKOSISTEM KELAS VII DI MTS SALAFIAH BODE PLUMBON CIREBON

Rahmawati Rahmawati(1*), Nurul Azmi(2), Ria Yulia Gloria(3),


(1) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(2) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(3) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian yang berjudul Penerapan Model Cooperative Learning Tipe Jigsaw  Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains (KPS) Pada  Materi Ekosistem Kelas VII Di Mts Salafiah Bode Plumbon Cirebon” telah dilakukan pada bulan Februari-Mei. Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Aktivitas belajar siswa dengan penerapan model Cooperative learning tipe jigsaw, (2) Perbedaan peningkatan Keterampilan Proses Sains siswa pada kelas yang diterapkan model Cooperative Learning tipe Jigsaw dan kelas eksperimen dan kelas kontrol. (3) Respon siswa terhadap penerapan model Cooperative learning tipe jigsaw. Populasi sebanyak 212 siswa kelas VII Semester Genap MTs Salafiah Bode Plumbon Cirebon. Pengambilan  sempel menggunakan Random Sampling yaitu dengan memilih satu kelas secara acak sebagai kelas eksperimen dan satu kelas sebagai kelas kontrol, tepatnya dikelas VII D (kelas eksperimen) dan kelas VII A (kelas kontrol) dengan masing-masing jumlah 30 siswa. Data penelitian ini adalah Kuantitatif dengan menggunakan desain Pretest dan Posttest Control Group Design. Teknik pengumpulan data terdiri dari observasi, tes, dan angket. Hasil penelitian menunjukan aktivitas belajar siswa dengan model Cooperative Learning tipe Jigsaw berada pada kategori baik. Adanya peningkatan Keterampilan Proses Sains siswa, dibuktikan dengan nilai rata-rata N-Gain kelas eksperimen sebesar 0.56 dengan kriteria sedang, dan kelas kontrol dengan rata-rata N-Gain 0.37 dengan kriteria sedang. Hasil uji statistik menghasilkan 0,000 < 0,05, artinya Ha diterima;  Rekapitulasi respon siswa memberikan respon sangat kuat artinya memiliki respon posistif terhadap pembelajaran model Cooperative Learning tipe Jigsaw pada materi ekosistem.

Keywords


Pembelajaran Kooperatif, Jigsaw, Keterampilan Proses Sains

Full Text:

PDF

References


Asih, Triana. 2011. Pengembangan Keterampilan Proses Sains Siswa Menggunakan Metode Inkuiri Terbimbing Berbasis Portofolio Siswa SMA Negeri 1 Purbolinggo. Lampung: Universitas Muhammadiyah Metro.

Cartono. 2005. Biologi Umum untuk Perguruan Tinggi LPTK. Bandung: Prisma Press.

Cartono. 2007. Metode dan Pendekatan dalam Pembelajaran Sains. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Isjoni. 2007. Cooperative Learning: Efektifitas Pembelajaran Klompok. Bandung: Alfabeta.

Juhji. 2016. Peningkatan Keterampilan Proses Sains Siswa Melalui Pendekatan Inkuiri Terbimbing. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran IPA Vol. 2 (1) : 58-70.

Malik, A. 2016. Peningkatan Keterampilan Proses Sains Siswa melalui Context Based Learning. Bandung: UIN Sunan Gunung Djati.

Rustaman, N. Y. 2005. Strategi Belajar Mengajar Biologi. Malang: UM press

Rustaman, N. Y. 2011. Strategi Belajar Mengajar Biologi. Malang: UM press.

Semiawan, C. 1992. Pendekatan Keterampilan Proses Bagaimana Mengaktifkan Siswa dalam Belajar. Jakarta: Gramedia.

Trianto. 2011. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Trianto. 2011. Model Pembelajaran Terpadu, Startegi dan Implementasinya dalam KTSP. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Subiantoro, A. W. 2010. Pentingnya Praktikum dalam Pembelajaran IPA. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Suparman. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw. Maluku: Universitas Khairun

Zuriyani, E. 2011. Literasi Sains dan Pendidikan. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional


Article Metrics

Abstract view : 76 times
PDF - 49 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.