PENERAPAN PEMBELAJARAN BIOENTERPRENEURSHIP PADA SUB MATERI SPERMATOPHYTA UNTUK MENINGKATKAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS X DI SMA NEGERI 1 TANJUNG BREBES

Haris Thofa Hazmi(1*), Dewi Cahyani(2),


(1) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(2) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(*) Corresponding Author

Abstract


Penilitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui penerapan pembelajaran kewirausahaan dalam meningkatkan berpikir kreatif siswa kelas X Di SMANegeri 1 Tanjung Brebes. 2) Mengetahui perbedaan peningkatan berpikir kreatif siswa yang menggunakan pembelajaran kewirausahaan dengan yang tidak menggunakan pembelajaran kewirausahaan pada kelas Di SMANegeri 1 Tanjung Brebes dan 3) Mengetahui respons siswa terahadap penggunaan pembelajaran kewirausahaan pada sub materi Spermatophyta kelas Di SMANegeri 1 Tanjung Brebes. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa-siswi kelas X.MIPA yang berjumlah 36 siswa di kelas X.MIPA 4 (kelas kontrol) dan 33 siswa di kelas X.MIPA 5 (kelas eksperimen) Di SMANegeri 1 Tanjung Brebes. Pendekatan penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode kuasi eksperimen untuk membandingkan kelas eksperimen dan kelas kontrol, dengan teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan angket. Data dianalisis dengan menggunakan software SPSS 21.0. Simpulan dari penelitian ini yaitu 1) Terdapat  peningkatan  aktivitas  belajar  siswa  pada  setiap  pertemuan  baik  pada  kelas eksperimen  maupun  kelas  kontrol. 2) Perbedaan peningkatan keterampilan berpikir kreatif yang signifikan terdapat pada indikator KBK-1, KBK-2, KBK-3 dan KBK-4 yang dapat diterima. 3) Hasil analisisangket menunjukkan bahwa tidak adasiswa yang memberikan respons.


Keywords


Pembelajaran Bioenterpreneurship; Spermatophyta; Berpikir Kreatif

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Arikunto, Suharsimi. 2012. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Suatu Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Fitriah E, 2016. Implementasi Bioenterpreneurship PadaPembrlajaran Biologi Untuk Meningkatkan LifeSkills danMinat Wirausaha Siswa Madrasah Aliyah Berbasis PesantrenDi Cirebon. Scientiae Educatia: Jurnal Pendidikan Sains(2016),Volume 2, Issue 1.

FitriahE,2012.Pengembangan Perangkat Pembelajaran BioteknologiBerorientasi Bioenterpreneurship Untuk Meningkatkan Ketrampilan Proses Sains, Minat Wirausaha dan Hasil Belajar Siswa.Scientiae Educatia:Jurnal Pendidikan Sains(2012),Volume1, Edisi 1.

Kimbal, W.John. 1988. Biologi Jilid II. Jakarta :Erlangga.

Maemunah, S. M, Maryuningsih, Yuyun. 2013. Penerapan Model Sains Teknologi Masyarakat (STM) Pada Pokok Bahasan Pencemaran Lingkungan Untuk Meningkatkan KreativitasSiswa Kelas X Di MAN 2 Cirebon. Scientiae Educatia: Jurnal Pendidikan Sains (2013),Volume2,Edisi2.

Munandar, Utami. 2002. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Bandung: Rosda.

Munandar, Utami. 2004. Pengembangan Kreativitas Anank Berbakat. Jakarta: Rineka CiptaMunandar. 2009. Mengembangan Bakat dan Kreatifias Anak sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.

Mursidik, Elly’s Mersina etal. 2015. Kemampuan Berpikir Kreatif dalam Memecahkan Masalah Matematika Open-Ended. Journal Pedagigia ISSN 2089-3833 Vol. 4.

Nazir, Moh. 2011. Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia.

Sari, R. J, Kartimi, Fitriah, Eka. 2015. Penerapan Pembwlajaran Biologi Berbasis Sains BusayaLokal Kesenian SintrenPada Konsep Spermatophyta Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Di SMAN 1 ciwaringin. Scientiae Educatia:Jurnal Pendidikan Sains(2015),Volume5Nomor 1.

Sanjaya, W. 2006. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sudjana, Nana. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sudjana, N. 2012. Dasar-dasar Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sudjana, N. 2012. Penelitian Hasil Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Sudjana Nana dan Ahmad Rifa’I. 1997. Media Pengajaran. Bandung : CV. Sinar Baru

Sudjana, Nana dan Ahmad Rifai. 2013. Media Pengajaran. Bandung: Algensindo

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suherman, Eman. 2008. Desain Pembelajaran Kewirausahaan. Bandung: Alfabet


Article Metrics

Abstract view : 62 times
PDF - 55 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.