Editorial Policies

Focus and Scope

JIEM (Journal of Islamic Education Management) adalah jurnal yang mempublikasikan hasil-hasil kajian dan penelitian orisional dengan ruang lingkup Manajemen Pendidikan Islam baik teroritis maupun praktis.

JIEM (Journal of Islamic Education Management) diterbitkan oleh Jurusan Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan  IAIN Syekh Nurjati Cirebon bekerjasama dengan PPMPI (Perkumpulan Prodi Manajemen Pendidikan Islam Indonesia). Terbit dua kali dalam setahun, edisi 1 terbit di bulan Juni dan edisi 2 terbit di bulan Desember dan telah mempunyai nomor regestrasi e-ISSN: 2549-0877 yang diterbitkan oleh Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) sejak 2017.

Penulis yang ingin menyerahkan naskah ke redaksi 
JIEM (Journal of Islamic Education Management) harus mematuhi pedoman penulisan. Jika naskah yang dikirimkan tidak sesuai dengan pedoman atau ditulis dalam format yang berbeda, maka naskah tersebut akan DITOLAK oleh editor sebelum ditinjau lebih lanjut. Para editor hanya akan menerima naskah yang memenuhi format yang ditetapkan.

Announcements

 

CALL FOR THE BEST PAPERS FOR JUNE 2020

 

Tim Editor JIEM (Journal of Islamic Education Management) mengundang penulis untuk mengirim naskahnya. Edisi mendatang Issues pada bulan Juni Volume 4, edisi 1.

Cakupan naskah pada Jurnal JIEM (Journal of Islamic Education Management) adalah 

1. Kepemimpinan dalam Pendidikan

2. Managemen Pengetahuan 

3. Organisasi Belajar

4. Administrasi Pendidikan

5. Supervisi Pendidikan

Pastikan artikel Anda akan dikirim ke JIEM (Journal of Islamic Education Management) sesuai dengan fokus dan ruang lingkup, template artikel, pedoman penulis, dan bebas dari plagiarisme
Cara mengirimkan di JIEM (Journal of Islamic Education Management) dapat diunduh di sini

HARAP MENGIRIMKAN NASKAH TERBAIK ANDA SEGERA ... !!!
 

JOURNAL OF ISLAMIC EDUCATION MANAGEMENT

 

Section Policies

Articles

Checked Open Submissions Checked Indexed Checked Peer Reviewed
 

Peer Review Process

kebijakan Review Juornal of Islamic Education Management yaitu:

1. setiap naskah yang masuk akan dilakukan proses review oleh reviewer

2. Proses review menggunakan Blind Review.

3. Dalam proses review, reviewer memberi pertimbangan terkait dengan kesesuaian antara judul, abstrak, pembahasan (hasil temuan) dan kesimpulan. selain itu reviewer juga memberi pertimbangan terkait dengan kebaruan, dampak ilmiah dan referensi yang digunakan.

 

Publication Frequency

Journal of Islamic Education Management terbit dua kali dalam setahuin, yaitu : Edisi 1 pada bulan Juni dan Edisi 2 bulan Desember

 

Open Access Policy

This journal provides immediate open access to its content on the principle that making research freely available to the public supports a greater global exchange of knowledge. Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 

Archiving

This journal utilizes the LOCKSS system to create a distributed archiving system among participating libraries and permits those libraries to create permanent archives of the journal for purposes of preservation and restoration. More...

 

Publication Ethic

Journal of Islamic Education Management (JIEM) merupakan merupakan jurnal yang memuat tulisan, hasil penelitian, pengembangan, kajian atau telaah keilmuan manajemen pendidikan Islam. Isi jurnal memuat pandangan kritis, berpikir komprehensif dalam manajemen pendidikan Islam. Jurnal ini terbit setiap bulan Juni dan Desember dan mulai terbit tahun 2016, membahas tentang permasalahan di wilayah manajemen pendidikan Islamt sebagai upaya menghasilkan leadership dan mangerial  yang profesional yang menjadi studi manajemen pendidikan Islam (MPI). Journal of Islamic Education Management (JIEM) menerima tulisan dari akademisi, praktisi serta masyarakat yang peduli pada manajemen pendidikan Islam. Saat ini.

Tanggungjawab Penulis

  1. Penulis harus menyajikan artikel hasil pemikiran atau penelitiannya secara jelas, jujur, tanpa plagiasi dan manipulasi data sesuai dengan template jurnal JIEM.
  2. Penulis bertanggungjawab atas konfirmasi yang diajukan atas artikel yang telah ditulis.
  3. Penulis harus mematuhi persyaratan publikasi berupa orisinalitas karya, tidak plagiat, dan belum pernah diterbitkan di jurnal atau publikasi lain.
  4. Penulis harus menunjukkan rujukan dari pendapat dan karya orang lain yang dikutip
  5. Penulis harus menulis naskah atau artikel secara etis, jujur dan bertanggung jawab, sesuai dengan peraturan kepenulisan ilmiah yang berlaku.
  6. Penulis dilarang mengirimkan/menerbitkan artikel yang sama ke lebih dari satu jurnal atau publikasi.
  7. Penulis tidak berkeberatan jika naksah mengalami penyuntingan tanpa mengubah subtansi atau ide pokok tulisan.

Tanggungjawab Editor

  1. Editor bertanggungjawab dalam memutuskan artikel yang layak dipublikasikan melalui rapat dewan redaksi. Editor dipandu oleh kebijakan dewan editorial jurnal dan dibatasi oleh persyaratan hukum yang berlaku mengenai pencemaran nama baik, pelanggaran hak cipta dan plagiarisme.
  2. Dalam proses penerimaan artikel, tim editor menggunakan asas kesamaan perlakuan.
  3. Dalam proses review jurnal dan pengambilan keputusan publikasi (artikel), tim editor tidak membedakan suku, agama, ras dan antar golongan (SARA) penulis.
  4. Editor dan tim editorial tidak akan mengungkapkan setiap informasi tentang naskah atau artikel yang masuk kecuali atas izin penulisnya.
  5. Naskah (artikel) yang tidak diterbitkan pada edisi berjalan, apabila memenuhi kelayakan dan sesuai dengan ruang lingkup jurnal JIEM akan diiterbitkan pada edisi berikutnya. 
  6. Naskah (artikel) yang tidak sesuai dengan ruang lingkup jurnal JIEM akan dikembalikan kepada penulisnya. 

Tanggungjawab Reviewer

Reviewer membantu editor dalam membuat keputusan editorial terhadap naskah/artikel yang masuk

  1. Reviewer bertanggungjawab terhadap rekomendasi arikel yang direview
  2. Review  naskah dilakukan secara obyektif, dan didukung oleh argumentasi yang jelas.
  3. Reviewer bertanggungjawab terhadap kutipan, referensi, dan plagiarisme atas artikel yang direview.
  4. Reviewer menjaga kerahasiaan informasi untuk keuntungan pribadi.

 

Plagiarism Chek

Setiap naskahyang masuk akan dilakukan proses screening plagiarism chek dengan menggunakan  Turnitin

 

Reference Mnanagement

Dalam Penulisan sitasi dan daftar pustaka Jurnal JIEM menggunakan software mandeley

 

Copy Editing and Proofreading

Setiap naskah yang diterima oleh Jurnal JIEM, akan dilakukan pengecekan tata bahasa menggunakan grammarly