MODEL PEMBELAJARAN TERPADU DAN PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM CREATIVITY BUILDING FOR STUDENTS PADA SEKOLAH DASAR NEGERI (SDN) DI KOTA BANDUNG

Uum Murfiah(1*),


(1) Universitas Pasundan
(*) Corresponding Author

Abstract


 ABSTRAK

Hasil studi internasional untuk reading and literacy (PIRLS) yang ditunjukkan untuk kelas IV SD juga menunjukkan hasil yang belum menggembirakan, dalam hal membaca, lebih dari 95% peserta didik Indonesia di SD kelas IV juga hanya mampu mencapai level menengah, sementara lebih dari 50% siswa taiwan mampu mencapai level tinggi dan advance. Hal ini juga menunjukkan bahwa apa yang diajarkan Indonesia berbeda dengan apa yang diujikan dan distandarkan pada tingkat internasional (Kemendikbud, 2013:77).

Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan populasi seluruh SD Negeri di Kota Bandung sejumlah adalah 644 sekolah dasar negeri (SDN) dan11497 guru serta terdapat 226796 peserta didik dengan peserta laki-laki adalah 116026 dan peserta didik perempuan adalah 110772 dengan rasio guru dan peserta adalah 1:20, artinya satu orang guru mengajar pada 20 orang peserta didik. Memiliki 30 kecamatan dan 151 kelurahan/desa (BPS Jabar 2012). Sedangkan sampel yang digunakan adalah 50 sekolah dasar negeri (SDN) di Kota Bandung dengan menarik sampel berdasarkan area sampling berdasarkan letak geografis SD Negeri di Kota Bandung tersebut, yang terdiri dari tiga kategori, yaitu: yaitu: (1) sekolah dasar negeri yang mudah dijangkau peneliti, (2) sekolah dasar negeri yang sulit dijangkau peneliti, dan (3) sekolah dasar negeri yang tidak mudah dan tidak sulit (tengah-tengah) untuk dijangkau peneliti. Ketiga kategori diambil sebagai sampel terdiri dari 100 responden dengan menggunakan rumus Yamato atau Slovin, setiap sekolah terdapat 2-3 responden yang diambil secara acak.

Penelitian ini merupakan upaya untuk mengembangkan kreatifitas peserta didik melalui model pembelajaran terpadu dan pendekatan saintifik, dimana model pembelajaran terpadu memberikan rangsangan kepada peserta didik agar dapat mengembangkan bahan-bahan materi yang ada sebagai pembangunan kreatifitasnya, sementara pendekatan saintifik merupakan upaya pembelajaran yang mengedepankan dengan menggunakan 5 m (melihat, menanya, mencoba, menalar dan mengkomunikasikan). Pembangunan kreatifitas peserta didik tentunya melihat dengan bagaimana kreatifitas guru-guru yang memberikan materi pengajarannya kepada peserta didik tersebut. Jurnal yang menjadi target adalah Jurnal terakreditasi nasional yaitu Jurnal Sekolah Dasar Program studi PGSD PP1 Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah (KSDP) FIP Universitas Negeri Malang, jurnal internasional Published by Canadian Center of Science and Edudcation, buku ajar ber ISBN anggota IKAPI dan Hak Kekayaan Intelektual (HKI) dalam bentuk hak cipta.

 

Kata Kunci: Pembelajaran Terpadu, pendekatan Saintifik dan Creativity Building.

Full Text:

PDF

References


D. REFERENSI

Akdon. (2008). Aplikasi Statistika dan Metode Penelitian untuk Administrasi dan Manajemen. Bandung: Dewa Ruchi.

Anderson W, Lorin, dan Krathwol R, David. (2010). Kerangka Landasan Pembelajaran, Pengajaran dan Asesmen. Yoyakarat: Pustaka Pelajar.

Arikunto, Suharsimi. (2002). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Edisi Revisi. Jakarta: Rineke Cipta.

Aunurrahman. (2012). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Penerbit Alfabeta.

BPS dan Bapeda Jabar. (2012). Jawa Barat dalam Angka Jawa Barat in Figures 2012. Bandung: Bidang Integrasi Pengolahan dan Diseminasi Statistik.

Hoy, K Wayne dan Miskel, G Cecil. (2008). Educational Administration Theory, Research, and practice (Eighth Edition). New York: McGraw-Hill Company.

Isjoni. (2007). Integrated Learning. Pekanbaru: Falah Prodution.

Kemendikbud. (2013). Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: BPSDMPKPMP Kemendikbud.

Kunandar. (2014). Penilaian Autentik. Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013. Suatu Pendekatan Praktis. Jakarta: Rajawali Pers.

Majid, Abdul. (2014). Pembelajaran Tematik Terpadu. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Masri, Singarinbum dan Effendi. (2003). Metode Penelitian Survei. (Jakarta: LP3ES).

Mosnan, M. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Mulyasa, E. (2014). Pengembangan dan Impelementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nazir, Moh. (2011). Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Riduwan. (2010). Metode dan Teknik Menyusun Proposal Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sani A, Ridwan. (2014). Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.

Sugioyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sundayana, Wachyu. (2014). Pembelajaran Berbasis Tema. Panduan Guru dalam Mengembankan Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Erlangga.

Susanto, Ahmad. (2015). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana.

Syah, Muhibbin. (2013). Psikologi Belajar. Pengantar Prof. Dr. S.C. Utami Munandar. Jakarta: Rajawali Pers.




DOI: 10.24235/jiem.v2i1.2873

Article Metrics

Abstract view : 175 times
PDF - 113 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JIEM (Jurnal Manajemen Pendidikan Islam) Diindeks Oleh: