PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BERAGAMA SISWA SMP ISLAM AL-AZHAR 5 CIREBON

Asep Kurniawan(1*),


(1) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(*) Corresponding Author

Abstract


Abstrak

Peranan guru sangatlah besar pengaruhnya dalam perkembangan jiwa keagamaan siswa, termasuk di dalamnya bagaimana guru memberikan perhatian kepada anak didik dalam mendidik, mengajar dan mengevaluasi baik dalam menyampaikan materi di kelas ataupun dalam menjalankan aktivitas sehari-hari siswa di sekolah. Apabila guru kurang memberikan perhatian kepada siswa dan salah dalam mendidik dan mengajar anak maka anak pun akan mudah terbawakepada hal-hal yang tidak baik. Pendidikan Agama Islam membentuk aspek jasmani dan rohani seseorang berdasarkan kepada nilai-nilai ajaran agama Islam yang terkandung dalam kitab suci al-Qur’an dan sunah Rasulullah. Kedua aspek tersebut diharapkan tumbuh seimbang, sehingga tidak menimbulkan kesenjangan antara kebutuhan rohaniah dan kebutuhan jasmaniah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar peran guru PAI dalam meningkatkan motivasi beragama siswa. Penelitian ini memakai metode deskriptif analisis dengan menggunakan instrument kuesioner (angket) dan wawancara sebagai sumber datanya. Dari penelitian yang telah dilakukan kepada sejumlah siswa yang menjadi sampel, maka dilakukan analisa data yang merupakan bagian penting dalam metode ilmiah untuk menjawab masalah penelitian ini. Dalam menganalisa data, maka dapat diambil kesimpulan bahwa peranan guru PAI dalam bentuk perhatiannya sangat besar sekali sehingga berimplikasi pada sikap keberagamaan siswa yang terlihat baik sekali. Selain itu, sekolah juga memainkan peranannya sebagai lembaga pendidikan dengan memberikan pengajaran dan kegiatan-kegiatan yang dapat menumbuhkembangkan sikap keagamaan siswa.

Kata Kunci: Guru, Motivasi, Perilaku, Beragama


Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Arifin, H. M., 1994, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Bumi Aksara

Brophy, Jere, 1986, “Teacher Influences on Student Achievement”, dalam American Psychologist, vol. 41, Number 10, Oktober 1986, 69-77

Daradjat, Zakiah, et al, 2008, Metodik Khusus Pengajaran Agama Islam, Jakarta, Bumi Aksara

Djamarah, Syaiful Bahri, 2000, Guru dan anak didik dalam interaksi edukatif, Jakarta: Rineka Cipta

Majelis Permusyawaratan Rakyat RI, 1999, Garis-Garis Besar Haluan Negara, Jakarta: PT. Pabelan Jaya.

Mehdipour1,Yousef, D. Balaramulu, 2013, “The Influence of Teacher’s Behavior on the Student’s SelfRegulation”, dalam IOSR Journal of Research & Method in Education, Volume 1, Issue 6, May-Jun, 2013, 65-71

Mulyasa, E., 2006, Menjadi Guru Profesional, Bandung: PT. Remaja Rosda Karya

Muhammad, Justang, 2017, Divonis 7 Tahun, Oknum Guru Narkoba di Bone Dipecat, (online) Tersedia: http://makassar.tribunnews.com/2017/03/08/divonis-7-tahun-oknum-guru-narkoba-di-bone-dipecat

Muhaimin, 2010, Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam di Sekolah, Madrasah Dan Perguruan Tinggi, Jakarta: PT RajaGrafindo Persada

Nurdin, H. Syafruddin, dan M. Basyiruddin Usman, 2002, Guru Profesional & Implementasi Kurikulum, Jakarta: Ciputat Pers

Rakyat Cirebon, 2016, Bejat, Oknum Guru Agama Gagahi Siswanya, (online) Tersedia http://www.rakyatcirebon.co.id/2016/03/bejat-oknum-guru-agama-gagahi-siswanya.html (diakses 25 April 2017)

Ramayulis, 2001, Metodologi Pengajaran Agama Islam, Jakarta: Kalam Mulia

Sanjaya, Wina, 2008, Kurikulum dan Pembelajaran¸ Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sardiman A.M, 2000, Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta: Rajawali Press.

Usman, Moh. Uzer, 2009, Menjadi Guru Profesional, Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Yasin, A. Fatah, 2008, Dimensi-dimensi Pendidikan Islam, Malang: UIN Malang Press.




DOI: 10.24235/jiem.v2i1.2880

Article Metrics

Abstract view : 236 times
PDF - 79 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JIEM (Jurnal Manajemen Pendidikan Islam) Diindeks Oleh: