FILSAFAT ILMU MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM REKONTRUKSI KRITIS ISLAMISASI MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM DALAM KONTEKS KEKINIAN

Muhammad Khaeron(1*),


(1) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(*) Corresponding Author

Abstract


Abstrak

 

Ilmu dalam pandangan Islam adalah bagian penting dalam kehidupan manusia. Ia mesti dipelajari dan dimiliki oleh manusia termasuk dalam hal ini ilmu manajemen pendidikan. Dalam perspektif Islam, ilmu manajemen pendidikan mesti memuat prinsip dan nilai Islam yang dapat membimbing siswa menuju eksistensinya sendiri. Ilmu manajemen pendidikan konvensional, secara eksplisit tidak memuat makna yang relevan dengan prinsip dan nilai Islam. Hal ini sangat penting sebab manusia berperilaku dan bersikap senantiasa dibimbing oleh ilmu pengetahuan. Namun, secara implisit, ilmu manajemen pendidikan konvensional yang notabene dimunculkan di Barat, telah menggambarkan konsep manajemen yang dikembangkan Nabi Muhammad. Walaupun istilah yang digunakan tidak sejalan dengan Islam, namun dari isi arti telah selaras dengan prinsip dan nilai manajemen pendidikan Islam, yaitu produktivitas, mensejahterahkan, adanya sistem pahala dan dosa, memperhatikan efektifitas dan efisiensi, sumber daya manusia mesti berilmu, bertanggungjawab, mementingkan perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, pengawasan, pelibatan sumber daya manusia, disiplin, adanya standar, dan memfokuskan pada standar moral dan etika pendidikan Islam.

 

Kata kunci : moral, etika, nilai, wahyu, sunnah


Full Text:

PDF

References


Antonio, Muhammad Syafii. 2007. The Super Leader Super Manager. Jakarta: Tazkia multimedia & proLm Centre.

Attas, Syed Muhammad Naquib al-, 2001. Prolegomena to the Metaphysics of Islam, Kuala Lumpur: International Institute of Islamic Thought and Civilization (ISTAC).

_________. 2007. Tinjauan Ringkas Peri Ilmu dan Pandangan Alam. Pulau Pinang: Penerbit Universiti Sains Malysia.

Azman, Che Omar. 2003. Pengurusan di Malaysia dari Perspektif Islam. Kuala Lumpur: Dewan Bahasa dan Pustaka

Baiquni, A. 1983. Islam dan Ilmu Pengetahuan Modern. Jakarta: Pustaka.

Bartol, Kathryn M., David C. Martin, Julie A. Kromkowski. 2003. “Leadership and the Glass Ceiling: Gender and Ethnic Group Influences on Leader Behaviors at Middle and Executive Managerial Levels,” Journal of Leadership & Organizational Studies. Vol. 9, No. 3. 8-19.

Bryson, John M. 2004. What to do when stakeholders matter: stakeholder identification and analysis techniques. Public Management Review 6 (1) pp.21-53, London: Routledge.

Buraey, al-. 1986. Administrative Development: An Islamic Perspective by Al-Buraey. London, United Kingdom: Routledge.

Daud, Wan Mohd Wan. 1998. Filsafat dan Praktik Pendidikan Islam Syed M. Naquib al-Attas. Bandung: Mizan.

Djamil, Fathurrahman. 1997. Filsafat Hukum Islam. Jakarta: Logos Wacana Ilmu.

George, Jennifer M. dan Gareth R. Jones. 2008. Understanding and Managing Organizational Behavior. New Jersey: Pearson Education, Inc.

Hafidhuddin, Didin, dan Hendri Tanjung. 2003. Manajemen Syariah Dalam Praktik. Jakarta: Gema Insani Press.

Haim, Bar-, Lamy, dan Glickman. 2005. Attentional bias in anxiety: a behavioral and ERP study. Brain Cogn. 59(1):11-22.

Harahap, Sofyan Syafri. 1996. Manajemen Masjid: suatu Pendekatan Teoritis dan Organisatoris. Jakarta: Dana Bhakti Prima Yasa.

Hassan, Mohd. Affandi. 1990. Pura Bujangga. Kuala Lampur: Dewan Bahasa dan Pustaka, Kementerian Pendidikan Malaysia.

Heri, Totong. 2018. “Manajemen Pendidikan Islam Berbasis Tauhid”. Rausyan Fikr. Vol. 14 No. 1.

Hunger, J. David, dan Thomas L. Wheelen. 2001. Essentials of Strategic Management. Upper Saddle River, New Jersey, AmerikaPrentice Hall.

Harussani, Haji Zakaria. 2005. Nilai Murni Teras Pengurusan Cemerlang. Kertas Kerjas. Seminar Pengurusan Cemerlang II. Kemahiran Pengurusan Asa Keutuhan Organisasi. 29-31 Juli 2005.

Indra, Hasbi. 2009. “Pandangan Islam tentang Ilmu Pengetahuan dan Refleksinya terhadap Aktivitas Pendidikan Sians di Dunia Muslim,” dalam MIQOT, Vol. XXXIII No. 2 Juli-Desember 2009. 245-260.

Indrajit, R. Eko dan Djokopranoto, R. 2006. Manajemen Perguruan Tinggi Modern. Yogyakarta: C.V. Andi Offset.

Ismail, Nor. 2000. Kepemimpinan Nabi Muhammad SAW: Pengurusan Altrustik Model Ikutan Sepanjang Masa, Perbandingan Silang dengan Kepemimpinan dan Pengurusan Semasa. Kuala Lumpur: Utusan Publications & Distributions Sdn. Bhd.

Kalberg, Stephen. 2010. “Max Weber's Types of Rationality: Cornerstones for the Analysis of Rationalization Processes in History”, American Journal of Sociology. Volume 85 Number 5. 1145-1179.

Kajeng, Baskara. 2013. ”Lembaga Keuangan Mikro di Indonesia”, dalam Jurnal Buleting studi Ekonomi, Vol.18, No.2.

Keane, John. 2000. “The Limits of Secularism,” dalam Islam and Secularism in the Middle East, diedit oleh Jon L. Espasito dan Azzam Tamimi. 29-37. New York: New York University Press.

Kondalkar, V.G. 2018. Organizational Behaviour. New Delhi: New Age International.

Muhaimin. 2006. Nuansa Baru Pendidikan Islam: Mungurai Benang Kusut Dunia Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Muliawan, Ungguh Jasa. 2005. Pendidikan Islam Integrative: Upaya Mengintegrasikan Kembali Dikotomi dan Pendidikan Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Munawar, Said Agil Husin al-. 2004. al-Qur'an Membangun Tradisi Kesalehan Hakiki.

Mawardiyanti, Indri. 2018. Manajemen Kurikulum Berbasis Tauhid: Studi Kasus di SMP al-Rohmah Putir Boarding School Malang. Tesis. Malang: Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah.

Mohamed, Hasan al-Banna, Mumin Abd. Ghani, dan Fadillah Mansor. 2006. Dimensi Pengurusan Islam: Mengurus Kerja dan Mengurus Modal Insan. Kuala Lumpur, Selangor, Malaysia: Akademi Pengajian Islam, Universiti Malaya.

Mohiuddin, Md Golam, dan Mohammad Muzahidul Islam. 2016. “Decision Making Style in Islam: A Study of Superiority of Shura (Participative Management) and Examples from Early Era of Islam,” dalam European Journal of Business and Management. Vol.8, No.4. 79-88.

Naceur, Jabnoun. 1994. Islam and Management. Kuala Lumpur: Institut Kajian Dasar (IKD).

Nor, Wan Asna Wan Mohd. 2003. Filsafat dan Praktik Pendidikan Islam. Syed M. Naquib Al-Attas. Bandung: Mizan Pustaka.

Omar, Mohd. Nasir. 2005. Gagasan Islamisasi Ilmu. Kuala Lumpur, Malaysia: Utusan Publications.

Omar, Wan Liz Ozman Wan. 1996. Pengurusan Islam Abad ke-21: Revolusi Pengurusan Untuk Keunggulan Sektor Awam dan Korporat. Kuala Lumpur: Utusan Publications & Distributors Sdn. Bhd.

Ozman, Wan Liz, dan Wan Omar. 1996. Pengurusan Islam Abad ke-21: Revolusi Pengurusan untuk Keunggulan Sektor Awam dan Korporat. Kuala Lumpur: Utusan Publications & Distributors Sd. Bhd.

Palmer, Joy. 1997. “The Human Organization”. Journal of Knowledge Management, Vol. 1 Issue: 4, 294-307.

Rahardjo, M. Dawam, 1990. Etika Ekonomi dan Manajemen. Yogyakarta: Tiara Wacana.

Rahim, Adibah Abdul, Zuraidah Kamaruddin, dan Amilah Awang Abdul Rahman. 2018. “Al-Faruqi’s Views on Selected Topics of Ilm al-Kalam,” dalam International Journal of Islamic Thought. Vol. 13. Juni. 15-23.

Sidek, Mohd. Shahar. 1991. Pengurusan Masjid dan Masalah Semasa yang Dihadapi: Administration of Mosques and Current Problems Faced.

Stoner, James Arthur Finch, dan Charles Wankel. 1986. Management. Jilid 2. Upper Saddle River, New Jersey, United States: Prentice-Hall International.

Tamimi, Azzam. 2000. “The Origins of Arab Secularism,” dalam Islam and Secularism in the Middle East, diedit oleh Jon L. Espasito dan Azzam Tamimi. 13-28. New York: New York University Press.

Unyimadu, Stephenson O. 1989. “Management and industrial revolution in Europe, United States of America and Japan”. Engineering Management International. Volume 5, Issue 3, 209-218.

Widjajakususma, M. Karebet & Yusanto, M. Ismail. 2002. Pengantar Manajemen Syari’ah. Jakarta: Khairul Bayan.

Yusanto, Muhammad Ismail, dan Muhammad Karebet Widjajakusuma. 2002. Menggagas bisnis Islami. Jakarta: Gema Insani Press.

Zainal, Abidin Mohamed. 1999. “Perancang Strategik dan Industri Pendidikan”. Zainal Abidin Mohamde (penyt.). Pengurusan Strategik di Sektor Pendidikan. Serdang: Universiti Putra Malaysia. 1-30.




DOI: 10.24235/jiem.v3i1.5430

Article Metrics

Abstract view : 60 times
PDF - 60 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Muhammad Khaeron

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

JIEM (Journal of Islamic Education Management) indected by: