KEPEMIMPINAN MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 4 KOTA CIREBON

Nur Salim(1*),


(1) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkap secara mendalam kepemimpinan manajerial kepala Sekolah Menengah Pertama Negeri 4 Kota Cirebon dalam meningkatkan kinerja guru. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif lapangan yang bersifat deskriptif studi kasus. Metode pengumpulan data memakai observasi mendalam, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisa data dilakukan mulai dari reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data dilakukan dengan perpanjangan kehadiran, triangulasi, pembahasan teman sejawat, dan klarifikasi dengan informan. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa: Perencanaan kepala sekolah dalam membangun karakter kinerja guru di SMPN 4 Kota Cirebon ialah (1) menyusun RKS; (2) merumuskan visi, misi, dan tujuan; (3) menyusun kurikulum sekolah; (4) menyelenggarakan sejumlah program dalam usaha peningkatan kinerja guru; (5) meningkatkan kompetensi kinerja; (6) menumbuhkan sifat keharmonisan dan kerjasama; (7) membangun rasa terbuka; (8) membiasakan budaya malu; (9) kreatif; (10) melalui program pengembangan keprofesionalan kepala sekolah; (11) berpanduan pada kurikulum; (12) penetapan sistem kebijakan; (13) penetapan aktivitas pendukung; (14) menganggap bawahan sebagai partner/tim; (15) disiplin; (16) profesionalitas; (17) membangkitkan semangat kerja. Proses kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di SMPN 4 Kota Cirebon adalah (1) pembinaan terhadap guru; (2) melakukan kerjasama yang baik; (3) memberi semangat kepada guru dalam pengembangan kurikulum; (4) menuju keprofesionalan guru; (5) MGMP; (6) meningkatkan profesi melalui workshop; (7) memotivasi untuk meneruskan studi; (8) memperhatikan kesejahteraan guru; (9) pengaturan iklim kerja yang baik. Hasil peningkatan kinerja guru yang dilaksanakan kepala sekolah ialah (1) laporan rekap hasil evaluasi; (2) membuat fakta integritas; (3) penggunaan sistem penilaian dan ketuntasan belajar (KKM) melalui komputerisasi; (4) pemberian penghargaan; (5) memberi tugas atau tambahan jabatan sebagai wakil kepala sekolah bagi guru yang memiliki nilai yang baik; (6) mengidentifikasi hasil evaluasi untuk merevisi persoalan yang ada; (7) membangun network/internet.

 

Kata Kunci: Menggerakkan, Memotivasi, Maksimal, Dedikasi

 

ABSTRACT

 

The purpose of this study was to reveal in-depth the principal's managerial leadership of State Junior High School 4 Cirebon City in improving teacher performance. This research was the case study of descriptive qualitative field research. The instruments of data collection were in-depth observation, in-depth interviews, and documentation. Data analysis was carried out starting from data reduction, data presentation, and concluding. To test the validity of the data, it was done by extending attendance, triangulation, peer discussion, and clarifying with informants. The results showed that: Planning for school principals in building the character of teacher performance in State Junior High School 4 Cirebon City were (1) preparing school work plans; (2) formulating vision, mission, and goals; (3) making the school curriculum; (4) organizing a number of programs to improve teacher performance; (5) improving performance competencies; (6) building harmony and cooperation; (7) developing openness; (8) accustoming culture of shame; (9) creative; (10) developing principals' competencies; (11) making a curriculum; (12) establishing a policy system; (13) determining supporting activities; (14) regarding subordinates as partners/teams; (15) discipline; (16) professionalism; (17) arousing enthusiasm for work. The principal's efforts to improve teacher performance were (1) teacher training; (2) good cooperation; (3) encouraging teachers in curriculum development; (4) teacher professionalism; (5) Teacher Subject Meeting; (6) improving the profession through workshops; (7) motivating to continue study; (8) paying attention to teacher welfare; (9) good work climate regulation. The results of teacher performance improvements carried out by school principals were (1) reporting the evaluation results; (2) making facts of integrity; (3) using a learning evaluation and completeness system through computerization; (4) awarding; (5) assigning duties or additional positions as vice-principal for teachers who have good grades;(6) identifying evaluation results to revise the problems; (7) building a network / internet.

 

Keywords: Moving, Motivating, Maximum, Dedication


Full Text:

Download

References


Anzizan, Syarifudin. 2004. Sistem Pengambilan Keputusan dalam Pendidikan. Jakarta: Grasindo.

Asmani, Jamal Ma’ruf. 2009. Manajemen Pengelolaan dan Kepemimpinan Pendidikan Profesional: Paduan Quality Control Bagi Pelaku Lembaga Pendidikan. Yogyakarta: Diva Press. Mulyasa, E. 2011. Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Departemen Agama. 2001. Kendali Mutu Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Dirjen Pembinaan Kelembagaan Agama Islam.

Kurniawan, Asep. 2018. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Jon, Jamen dan Donal Waltesr. 2008. Human Resources Management in Education: Manajemen Sumber Daya Manusia dalam Pendidikan. Yogyakarta: Q Media.

Mulyadi. 2007. Sistem Perencanaan dan Pengendalian Manajemen. Jakarta: Salemba Empat.

Mutohar, Prim Masrokan. 2013. Manajemen Mutu Sekolah: Strategi Peningkatan Mutu dan Daya Saing Lembaga Pendidikan Islam. Yogjakarta: Ar-Ruzz Media.Sudiyono. 2005. Manajemen Pemberdayaan: Suatu Kajian Pengembangan Potensi. Malang: Jurnal El-Jadid UIN Malang.

Nata, Abudin.2001. Paradigma Pendidikan Islam: Kapita Selekta Pendidikan Islam, (Jakarta: PT. Gramedia.Sutopo, Hedayat. 2001. Manajemen Pendidikan. Malang: Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang.

Sagala, Saiful. 2000. Administrasi Pendidikan Kontemporer. Bandung: Alfabeta.

Sulistyarini. 2001. “Hubungan antara Manajerial Kepala Sekolah dan Iklim Organisasi dengan Kinerja Guru”. Jurnal Ilmu Pendidikan, 28 (1), 28.

Tilaar, H. A. R., 2001. Membenahi Pendidikan Nasional. Jakarta: Rineka Cipta.Tim Dosen Administrasi Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia. 2012. Manajemen Pendidikan, Bandung: Alfabeta.

Qomar, Mujamil. 2008. Manajemen pendidikan Islam. Jakarta: Erlangga.

Wahjosumidjo. 1999. Kepemimpinan Kepala Sekolah Tinjauan Teoritik dan Permasalahannya. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.




DOI: 10.24235/jiem.v4i1.6827

Article Metrics

Abstract view : 25 times
Download - 14 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JIEM (Jurnal Manajemen Pendidikan Islam) Diindeks Oleh: