Reveal a School Branding Model Based on Pesantren

Angga Angga(1*),


(1) Universitas Nurul Jadid Paiton Probolinggo
(*) Corresponding Author

Abstract


This paper aims to reveal a school branding model based on Pesantren in SMA Nurul Jadid Paiton Probolinggo. This research uses a qualitative approach with a type of case study. SMA Nurul Jadid Paiton Probolinggo is one of the formal schools based on pesantren which applies Branding Image in enhancing its image. The results of the research on the Branding Image model which is applied in Islamic boarding school-based schools Nurul Jadid Paiton Probolinggo are through 4 main things which include; marketing communication (marketing commonication), consumption experiences, social influences and figures and charisma of kyai.


Full Text:

PDF

References


A, Nurul Fatmawati & Euis Soliha. 2017. "Kualitas Produk, Citra Merek Dan Persepsi Harga Terhadap Proses Keputusan Pembelian Konsumen Sepeda Motor Matic “HONDA”, Jurnal Manajemen Teori dan Terapan Tahun 10. No. 1, April.

Alma, Buchari & Hurriyati, Ratih. 2008. Manajemen Corporate dan Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan Fokus pada Mutu dan Layanan Prima. Bandung: Alfabeta.

Alma, Buchari. 2003. Pemasaran Stratejik Jasa Pendidikan. Bandung: Alfabet.

Anhari, Masjkur. 2007. Integrasi sekolah kedalam pendidikan pesantren. Surabaya, diantama.

Asmani, Jamal Ma’mur. 2011. Tips Praktis Membangun Dan Mengolah Administrasi Jamal. Yogyakarta:Diva Press.

Departemen Agama RI. 2008. Pedoman Akreditasi Madrasah. Jakarta: Direktorat Jendral Kelembagaan Agama Islam.

Horikoshi, Hiroko. 1987. Kyai dan Perubahan Sosial. Ter. Umar Basalim dan Andi Muarly Sunrawa. Jakarta: P3M.

http://smanj.sch.id/index.php/profil/sejarah-smanj, diakses pada tanggal 26 maret2020

Ikalda Tarutung, peran alumni bagi peningkatan mutu sekolah, http://ikalda- tarutung.blogspot.co.id/2013/09/peran-alumni-bagi-peningkatan-mutu.html. diakses pada 11/08/2020 pukul 09:00 WIB

Irianto Yoyon Bahtiar dan Eka Prihati, Tim Dosen Administrasi Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia. 2009. Manajemen Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Keller dalam The Offical Mim Academy.

Musa, Muh. Ichwan. 2017. "Pengaruh Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Samsungpada Mahasiswa Universitas Negeri Makassar", Jurnal Economix Volume 5 Nomor 1 Juni.

Nata, Abuddin. 2008. Akhlak Tasawuf. Jakarta: PT Raja Grafindo.

Qomar, Mujamil. 2007. Manajemen Pendidikan Islam Strategi Baru Pengelolaan Lembaga Pendidikan Islam. Jakarta: Erlangga.

R, Riezeboz. 2003. Brand Management – A theoretical and Practical Approach. Harlow, Pearson Education Limited.

Rangkuti, Freddy. 2004. Analisis Swot Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Rizan, Mohamad & Kartika Lestari Handayani, Agung Kresnamurti RP. 2015. "Pengaruh Citra Merek Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Banding Konsumen Indomie Dan Mie Sedaap)", Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia (JRMSI) Vol. 6, No. 1.

Rofiul, 2008, sekolah dan marketing, http://rofiul.blogdetik.com/2008/12/23/sekolah- dan-marketing/, diakses pada tanggal 04/01/2020 pukul 16:00 wib.

Suardika, P. A.A.I.N Marhaeni, I.W.Koyan. 2014. “Analisis kesiapan pemenuhan aspek-aspek akreditasi sekolah dasar negeri di kecamatan gerokrak”, e-Journal Program Pascasarjana universitas Pendidikan Ganesha program Studi Pendidikan Dasar volume 4.

Sukamto, Periksa. 1999. Kepemimpinan Kyai dalam Pesantren. Jakarta: LP3ES.

Sulistyo, Basuki. 2006. Metode Penelitian. Jakarta: Wedatama Widya Sastra dan Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia.

Suryani, Ade Nia. 2018. “Pengaruh Brand Image Dan Biaya Pendidikan Terhadap Keputusan Mahasiswa Dalam Memilih Program Studi Manajemen Di Stie Rahmaniyah Sekayu (Studi Kasus Mahasiswa Program Studi Manajemen Angkatan 2013/2014)”, Jurnal Manajemen Kompeten Vol. 1 No. 1 Juni.

Susanto, Prengki. 2012. “Pengaruh Kualitas Pelayanan Akademik Dan Citra Merek Lembaga Terhadap Kepuasan Mahasiswa Universitas Negeri Padang”. Tingkap Vol. VIII No. I.

Sutisna. 2003. Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.

Usman, Husaini. 2006. Manajemen (Teori, Praktik, dan Riset Pendidikan). Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Zazin, Nur. 2011. Gerakan Menata Mutu Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Ziemek. 1982. Pesantren,. Bandingkan Zamakhsyari Dhofier, Tradisi Pesantren: Studi tentang Pandangan Hidup Kyai. Jakarta: LP3ES.




DOI: 10.24235/jiem.v4i2.7270

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JIEM (Jurnal Manajemen Pendidikan Islam) Diindeks Oleh: