EFEKTIVITAS BANTUAN PROGRAM INDONESIA PINTAR (PIP) TERHADAP MOTIVASI DI MADRASAH TSANAWIYAH (MTs) PUTRI SITI HAJAR BANDUNG

Nita Andriani Safitri(1*), Nurlatifah Nurlatifah(2), Ripki Lukmanul Hakim(3), Ara Hidayat(4),


(1) UIN Sunan Gunung Djati Bandung
(2) UIN Sunan Gunung Djati Bandung
(3) UIN Sunan Gunung Djati Bandung
(4) UIN Sunan Gunung Djati Bandung
(*) Corresponding Author

Abstract


The percentage of poor people in Indonesia has increased by 0.41% which is a challenge for the government so that the hope of education is not cut off. Education fee assistance is expected to help allocate education costs, either directly or indirectly, which will have an impact on the motivation of students. So that the purpose of this study is to analyze the effectiveness of PIP assistance on the motivation of students at MTs Putri Siti Hajar Bandung. The method used in this research is the quantitative method. Collecting data by means of interviews and questionnaires with a total sample of 23 respondents. The results showed that the PIP assistance activity was 61.3%, while the motivation of students at MTs Putri Siti Hajar Bandung was equal to. The effectiveness of PIP assistance has a positive and significant effect on the motivation of students at MTs Putri Siti Hajar Bandung by 16.2%.

Presentase penduduk miskin di Indonesia naik sebesar 0,41 % menjadi tantangan bagi pemerintah agar harapan pendidikan tidak terputus. Bantuan biaya pendidikan diharapkan dapat membantu pengalokasian biaya pendidikan baik secara langsung maupun tak langsung yang memberi dampak pada motivasi peserta didik. Sehingga tujuan penelitian ini yaitu menganalisis efektifitas bantuan PIP terhadap motivasi peserta didik di MTs Putri Siti Hajar Bandung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode kuantitatif. Pengumpulan data dengan cara wawancara dan kuisioner dengan jumlah sampel sebanyak 23 responden. Hasil penelitian menunjukan bahwa ewktifitas bantuan PIP  sebesar 61,3 %, sedangkan motivasi peserta didik di MTs Putri Siti Hajar Bandung sebesar . Efektifitas bantuin PIP berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap motivasi peserta didik di MTs Putri Siti Hajar Bandung sebesar 16.2 %.

Keywords: Effectiveness, Cost of Education, Motivation  


Full Text:

PDF

References


A.M, S. (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Rajawali Press.

Ara Hidayat dan Imam Machali. (2018). The Handbook of Education Management (Cetakan Ke). Prenadamedia Group.

Arwildayanto, Lamatenggo, N., & Sumar, W. T. (2017). Manajemen Keuangan Dan Pembiayaan Pendidikan. In Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 110, Issue 9). Widya Padjadjaran.

BPS Indonesia. (2020). Statistik Profil Kemiskinan di Indonesia. In Badan Pusat Statistik (BPS) (Vol. 07, Issue 56).

Petunjuk Pelaksanaan Program Indonesia Pintar, Pub. L. No. 02/MPK.C/PM/2017, 1 (2017).

Djoyosuroto, R. S. (2018). Impelementasi Program Kartu Indonesia Pintar (KIP) di SMA Negeri 2 Dumoga. MAP (Jurnal Manajemen Dan Administrasi Publik), 1(1), 15–30.

Hasan, N. F. (2017). Efektivitas Penggunaan Dana Bantuan Pendidikan (Studi Kasus pada Siswa Peserta PIP dari Keluarga Peserta PKH di SDN Jogosatru Sidoarjo). Modeling: Jurnal Prgram Studi PGMI, 4(1), 1–18.

John W. Creswell. (2014). Research Design Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches (4th ed.). Sage Publication.

Long, B. T. (2008). What Is Known About the Impact of Financial Aid ? Implications for Policy (Issue April).

Meece, Judith & McColskey, W. (1997). Improving Student Motivation: A Guide for Teachers and School Improvement Teams (First). Educational Resources Information Center (ERIC).

Rasakhi, D. (2019). Pengaruh Pemanfaatan Beasiswa Program Indonesia Pintar (PIP) terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 7 Pekanbaru. In http://repository.uin-suska.ac.id/. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Rohaeni, N. E., & Saryono, O. (2018). Implementasi Kebijakan Program Indonesia Pintar (PIP) Melalui Kartu Indonesia Pintar (KIP) dalam Upaya Pemerataan Pendidikan. Journal of Education Management and Administration Review, 2(1), 1–12.

Rusdiana, A. (2015). Pengelolaan Pendidikan. In CV Pustaka Setia. CV Pustaka Setia.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif dan R&D. Alfabeta.

Syaefudin, S., Yuliani, L., & Oktiwanti, L. (2019). Pemberian Kartu Indonesia Pintar (KIP) dalam Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar bagi Peserta Didik di PKBM Gema pada Pendidikan Kesetaraan Program Paket A dan C Kecamatan Tawang Kota Tasikmalaya. Jurnal Comm-Edu, 2(2), 147–152.

Vero, E., & Puka, E. (2017). The Importance of Motivation in an Educational Environment. Formazione & Insegnamento, XV(1), 57–66. http://www.lulu.com/shop/gazala-bhoje/the-importance-of-motivation-in-an-educational-environment/paperback/product-22168435.html

W. P, F. (2013). Pembiayaan Pendidikan: Suatu Kajian Teoritis. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 19(4), 565. https://doi.org/10.24832/jpnk.v19i4.310

Yusup, W. B., Ismanto, B., & Wasitohadi, W. (2019). Evaluasi Program Indonesia Pintar dalam Peningkatan Akses Pendidikan di Sekolah Menengah Pertama. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 6(1), 44–53. https://doi.org/10.24246/j.jk.2019.v6.i1.p44-53

Zamjani, I. (2018). Pelaksanaan Program Indonesia Pintar Bagi Penerima Kartu Indonesia Pintar Reguler : Studi di Empat Daerah Kunjungan Kerja Presiden Tahun 2017. Jurnal Penelitian Kebijakan Pendidikan, 11(2), 64–82.




DOI: 10.24235/jiem.v5i1.8892

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Nita Andriani Safitri, Nurlatifah Nurlatifah, Ripki Lukmanul Hakim, Ara Hidayat

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

JIEM (Journal of Islamic Education Management) indected by: