PEMETAAN DAKWAH ANALISIS POTENSI DAN PROBLEMATIKA DAKWAH

Nihayah Nihayah(1*), Aan Muhammad Burhanudin(2),


(1) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(2) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(*) Corresponding Author

Abstract


Pada riset awal ditemukan terdapat beberapa potensi dan permasalahan dakwah dari segi objek, subjek, dan lingkungan dakwah, sehingga diperlukan membuat bank data dari hasil riset penelitian yang berupa peta dakwah, dan peta dakwah tersebut akan membantu para pelaku dakwah dalam merencanakan sebuah kegiatan dakwah. Penelitian ini bertujuan untuk: 1.) mengetahui potensi-potensi dakwah di Kelurahan Lemahwungkuk Kota Cirebon bagian Pesisir yang mecakup 3 RW. 2.) mengetahui problematika dakwah di Kelurahan Lemahwungkuk Kota Cirebon bagian Pesisir yang mencakup 3 RW. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif, pendekatan studi kasus, objek penelitian ini di Kelurahan Lemahwungkuk Kota Cirebon bagian Pesisir yang mencakup 3 RW. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model analisis studi kasus dengan langkah-langka: 1.) mengumpulkan data-data yang dibutuhkan, 2.) membaca dan mengelompokan dengan pemberian kode, 3.) menganalisis masalah. Penyajian data dideskripsikan dalam bentuk tabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa di Kelurahan Lemahwungkuk kota Cirebon bagian Pesisir mempunyai 1.) Potensi Dakwah: terdapat tokoh dakwah (Da’i), tingkat wawasan ilmu agama Da’i dapat dikatakan mampu, Metode dakwah yang digunakan oleh Da’i (Bil Hikmah, Al-Mauidzatul Hasanah, dan Al-Mujadalah) disertai teknik dan taktik, Materi dakwah. 2.) Problematika Dakwah: kurangnya pendidikan formal pada Da’i, institusi dakwah masjid dan mushola tidak difungsikan untuk kegiatan sosial, awamnya ilmu pengetahuan agama pada pekerja nelayan, masalah kemiskinan dalam beragam bentuk yaitu: pengangguran, PHK, buta hurup dalam baca tulis Al-Qur’an, anak jalanan, pengamen, dan pengemis, tingginya tingkat kejahatan dan premanisme (geng motor), serta ketidakberdayaan masyarakat dalam mengakses sumber-sumber pelayanan publik dan sekitarnya.

Kata Kunci: peta dakwah, potensi dakwah, dan problematika dakwah



Keywords


peta dakwah; potensi dakwah; problematika dakwah

Full Text:

PDF

References


Ali Aziz, Mohammad. 2004. Ilmu Dakwah (edisi refisi): Kencana Prenada Group. Amin, Samsul Munir. 2013. Ilmu Dakwah. Jakarta: Amzah

Burhan, Bungin. 2007. Penelitian Kualitatif, Jakarta: Kencana Prenada Media Grup

……………....... 2013. Metodologi Penelitian Kuantitatif, Jakarta: Kencana Prenada Media Grup Effendi, Lalu Muchsin. 2006. Psikologi Dakwah, Jakarta: Kencana Prenada Media

Emzir. 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif Analisis Data. Jakarta: Rajawali Pers Gunawan, Imam. 2013. Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Bumi Aksara

……………….... 2015. Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Bumi Aksara

Ismail, A.ilyas. 2011. Filsafat Dakwah Islam: Kencana Prenada Group.

Ma‟arif, Bambang Saeful. 2010. Komunikasi Dakwah Paradigma untuk Aksi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media

Moleong, Lexi J. 2000. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Mulyana, Deddy. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung; Remaja Rosdakarya Munir, M. 2009. Metode Dakwah, Jakarta: Kencana Prenada Media

Munir, Muhammad. dan Ilahi, Wahyu. 2006. Manajemen Dakwah, Jakarta: Kencana Prenanda Media Group.

Poerwadarminta. 2012. Kamus Umum Bahasa Indonesia ; Jakarta, Balai Pustaka. Quraisy Shihab.1992. “Membimbing Islam”. Bandung; Mizan

Saefullah, Chatib. 2016. “Kumpulan Makalah Workshop Penyusunan Pedoman Laboratorium Dakwah di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI)” Kerjasama Puslitbang

Pendidikan Agama, Keagamaan Balitbang, dan diklat Kemenag RI dengan Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Saputra, Wahidin. 2012. Pengantar Ilmu Dakwah. Jakarta: Rajawali Pers

Tasmara, H. Toto.1997. Komunikasi Dakwah: Gaya Media Pratama. Arsip data Kelurahan Lemahwungkuk Kota Cirebon tahun 2016.




DOI: 10.24235/orasi.v9i1.2962

Article Metrics

Abstract view : 568 times
PDF - 360 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 ORASI: Jurnal Dakwah dan Komunikasi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Orasi indexed by:

   

Crossref Orasi 


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.