STRATEGI DAKWAH BIL HAL DALAM PROGRAM POSDAYA BERBASIS MASJID

Zakiyyah Zakiyyah(1*), Arif Abdul Haqq(2),


(1) Universitas Muhammadiyah Cirebon
(2) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(*) Corresponding Author

Abstract


Penlitian ini bertujuan untukn memberi gambaran secara menyeluruh tentang implmenetasi strategi dakwah bil hal dalam program posdaya berbasis masjid. Mendeskripsikan permasalahan yang terjadi di masyarakat dan penanggulangannya melalui program lima pilar bidang POSDAYA. Jenis Penelitian adalah Kualitatif deskriptifdengan pengumpulan data melalaui wawancara, observasi dan dokumentasi, analisis penelitian menggunakan analisis deskriftif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan Dakwah posdaya berbasis masjid dilaksanakan sejak tahun 2017 di Desa Sumurkondang Kecamatan Karangwareng Kabupaten Cirebon dengan mengoptimalkan perang masjid sebagai tempat sentra kegiatan, faktor pendukung dakwah posdaya berbasis masjid adalah asanya lingkaran-lingkaran kecil lima pilar yang bersinergi dalam mengelola masjid sebagai tempat segala kegiatan serta dukungan dari pemerintah, tokoh masyarakata, tokoh agama, dan tokoh pemuda termasuk majlis taklim. Adapun tantangan yang dihadapi adalah masih kurangnya sosialisasi dan pemahaman para pengurus masjid terhadap strategi Dakwah bil hal POSDAYA berbasis masjid. Untuk maksimalkan program Dakwah Posdaya berbasis masjid, maka dirumuskan berbagai kegaiatan yang mendukung program dakwah berbasis masjid seperti fungsi-fungsi dalam lima pilar, yaitu bidang pendididkan, bidang kesehatan, bidang ekonomi, bidang lingkungan dan bidang keagamaan.

Kata Kunci: Bil hal, dakwah, POSDAYA, masyarakat, kontekstual


Keywords


Bil hal; dakwah; POSDAYA; masyarakat; kontekstual

Full Text:

PDF

References


al-Mawardi. (1992). Al-Dakwah; Qawā’idwa Ushūl Mesir: . Mesir: Dār al-Fikr.

Amin, M. (2012). Konsep Dakwah Melalui Program Posdaya Berbasis Masjid. Tabligh, 13(1), 97-108.

Hidayat, A. S. (2013). Membangun Dimensi Baru Dakwah Islam: Dari Dakwah Tekstual menuju Dakwah Kontekstual. Jurnal RISALAH, 24(2).

Kurniawan, A. (2017). Bil Hal Penciptaan Budaya Agama melalui Pembiasaan Shalat Berjamaah di Sekolah Menengah Pertama Islam Al-Azhar 5 Kota Cirebon. Orasi: Jurnal Dakwah dan Komunikasi, 8(1), 50-67.

Rekonstruksi Spirit Harmoni melalui Kegiatan PKM Posdaya Berbasis Masjid di Kecamatan Pulung, Kabupaten Ponorogo. (2015). Mukhibat, 14(2), 55-67.

Sukmawati, A. W. (2013). Agen Perubahan dan Perannya terhadap Kondisi Sosial Masyarakat di Desa Milatiharjo Kecamatan Gajah Kabupaten Demak. Journal of Educational Social Studies, 2(1), 22-28.

Tike, A. (2018). Model Dakwah Berbasis Masjid. Jurnal Al-Khitabah,, 4(1), 17 – 31.




DOI: 10.24235/orasi.v9i1.2969

Article Metrics

Abstract view : 201 times
PDF - 190 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 ORASI: Jurnal Dakwah dan Komunikasi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Orasi indexed by:


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.