INVENTARISASI POTENSI DAN ANALISIS PROBLEMATIKA DAKWAH DI KOTA CIREBON STUDI KASUS PENGGUNAAN MEDIA DI KOTA CIREBON

Arief Rachman(1*), Amelia Dwi Handayani(2),


(1) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(2) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi adanya kebutuhan akan data terkini tentang unsur-unsur dakwah meliputi da’i, mad’u, materi, media dan efek yang ada di kota Cirebon. Dengan adanya peta dakwah, maka da’i maupun lembaga dakwah dapat menyesuaikan materi dakwahnya dengan situasi dan kondisi mad’u yang akan diberi materi dakwah, dikarenakan kondisi objektif mad’u memiliki pemahaman islam yang sangat beragam. Penelitian ini penting untuk dilakukan dalam upaya mengungkap data berbagai unsur dakwah yang valid dan komprehensif sesuai situasi dan kondisi yang ada di kota Cirebon. Penelitian dirancang dengan menggunakan metode mix-methods. Diawali dengan pengumpulan data serta penyajian data secara kuantitatif kemudian dilanjutkan dengan analisa data menggunakan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa situasi dan kondisi da’i sangatlah bervariasi sesuai dengan situasi dan kondisi masyarakat sekitarnya. Demikian pula dengan penggunaan media, baik media massa maupun media sosial. Kesimpulan dari penelitian ini adalah komposisi demografis dari da’i lokal di Kota Cirebon adalah bertempat tinggal di sekitar mad’u dan penggunaan media massa terutama media sosial yang sangat sering dilakukan mad’u.


  

Keywords


pemetaan dakwah, da’i Lokal, media dakwah

Full Text:

PDF

References


Abdullah. 2012. “Analisis SWOT Dakwah di Indonesia: Upaya Merumuskan Peta Dakwah”. MIQOT 36 (2): 409-426. https://issuu.com/jurnalmiqotojs.uinsu.ac.id/docs/pdf_juli-desember_2012.

Creswell, John. 2010. Research Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Yogyakarta: PT Pustaka Pelajar.

Faizah dan Lalu M. Effendi. 2006. Psikologi Dakwah. Jakarta: Prenadamedia Group.

Fakhruroji, M. dan Muhaemin, E. 2017. “Sikap Akademisi Dakwah Terhadap Internet Sebagai Media Dakwah”. Jurnal Sosioteknologi 16 (1): 82-93. http://journals.itb.ac.id/index.php/sostek/article/view/3816.

Hartley, John. 2004. Communication, Cultural and Media Studies. London: Routledge.

Juniawati. 2014. "Dakwah Melalui Media Elektronik: Peran dan Potensi Media Elektronik dalam Dakwah Islam di Kalimantan Barat". Jurnal Dakwah 15 (2): 211-233. http://ejournal.uin-suka.ac.id/dakwah/jurnaldakwah/article/view/305.

McQuail, Denis. 2010. McQuail’s Mass Communication Theory. London: SAGE Publications Ltd.

Munir, Muhammad dan Wahyu Ilaihi. 2012. Manajemen dakwah. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Nursalam dan Suardi. 2017. “Interaksi Keberagamaan Dakwah Muhammadiyah di Kota Makassar.” Jurnal Equilibrium Pendidikan Sosiologi 5 (2): 121-130. https://journal.unismuh.ac.id/index.php/equilibrium/article/view/1043/959.

Purwanto, Yedi, Muhamad Taufik dan Asep Wawan Jatnika. 2017. “Peran Teknologi Informasi Dalam Perkembangan Dakwah Mahasiswa”. Jurnal Sosioteknologi 16 (1): 94-109. http://journals.itb.ac.id/index.php/sostek/article/view/3816.

Rahmat, Jalaluddin. 1995. Metode Penelitian Komunikasi. Bandung: CV. Remaja Karya.

Sirajuddin, Murniaty. 2014. “Pengembangan Strategi Dakwah Melalui Media Internet (Peluang dan Tantangan)”. Al-Irsyad Al-Nafs, Jurnal Bimbingan Penyuluhan Islam 1 (1): 11-23. http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/Al-Irsyad_Al-Nafs/article/view/2550.




DOI: 10.24235/orasi.v11i1.6493

Article Metrics

Abstract view : 11 times
PDF - 5 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 ORASI: Jurnal Dakwah dan Komunikasi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Orasi indexed by:

   

Crossref Orasi 


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.