Kolaborasi Konseling dengan Kesehatan Jiwa

Asriyanti Rosmalina(1*),


(1) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(*) Corresponding Author

Abstract


Pesatnya perkembangan di segala bidang telah memberikan dampak yang signifikan bagi seluruh umat manusia. Perkembangan bidang teknologi, komunikasi dan transportasi memungkinkan individu untuk berinteraksi atau berkomunikasi dengan individu lain, bahkan di belahan dunia lain dengan mudah. Di sisi lain ternyata melahirkan dampak yang kurang menguntungkan, yaitu makin menggejalanya berbagai problema yang bersifat kompleks, baik bersifat personal atau sosial. Kehidupan yang terlalu berorientasi pada kemajuan dalam bidang material (pemenuhan kebutuhan biologis) telah menelantarkan supra empiris manusia sehingga terjadi pemiskinan ruhaniyah dalam dirinya.

Kata Kunci: Konseling; Kesehatan; Jiwa.


Full Text:

PDF

References


Corey, G. (2005). Theory and practice of Counseling and Psychoterapy. Australia: Thomson Brokks Cole.

Corey, G. F. and Corey, M. S. (2006) Group: Process and Practice. Monterey, CA: Brooks/Cole.

Hawari, D. (2009). Membangun karakter bangsa dalam perspektif medis, psikologis, budaya, dan agama. Disajikan dalam kuliah umum Pasca Sarjana UPI.

Heryati, E. (2006). Diktat kuliah Psikologi Faal. Tidak diterbitkan.

Kaplan, H.I., Sadock, B.J., Grebb, J.A. (1997). Sinopsis Psikiatri: Ilmu Pengetahuan Perilaku Psikologi Klinis. Jakarta: Binarupa Aksara.

Natawidjaya, R. (2000). Reposisi program Bimbingan dan Penyuluhan dalam menjawab tantangan masa depan. Jurnal Psikopedagogia.

Natawidjaya, R. (2007). Konseling Kelompok: Konsep Dasar dan Pendekatan. Bandung: Rizqi Press.

Prayitno, dkk. (2004). Pedoman Khusus Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Depdiknas.

Soenanti, S.Z. (2005). Konsep sehat, sakit, dan penyakit dalam konteks sosial budaya. Jakarta: Cermin Dunia Kedokteran (vol. 149).

Sudrajat, A. (2008). Terapi Kognitif-Behavioral. Akses : http/www. Ahmad Sudrajat. wordpress.com/(diunduh 10 November 2009).

Surya, M. (2006). Profesionalisme Konselor dalam Pelaksanaan Kurikulum Berbasis Kompetensi (makalah). Majalengka: Sanggar BK SMP, SMA dan SMK.

Willis, S.S. (2009). Konseling Individual: Teori dan Praktek. Bandung: Alfabeta.




DOI: 10.24235/prophetic.v2i1.4752

Article Metrics

Abstract view : 162 times
PDF - 210 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prophetic Indexed By:  

 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats Prophetic : Professional, Empathy, Islamic Counseling Journal Published by Department Islamic Guidance Counseling, Faculty of Ushuluddin, Adab and Da'wah, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

Editorial Office:

FUAD Building, 2nd Floor, Department Islamic Guidance Counseling, Faculty of Ushuluddin, Adab and Da'wah, IAIN Sheikh Nurjati Cirebon.  Perjuangan Street of Sunyaragi, Cirebon City, West Java, Indonesia 45132 Phone. 0231-481264, Fax. 0231-489926, Email: prophetic.bki@syekhnurjati.ac.id / Email: prophetic.jurnal@gmail.com