Optimalisasi Layanan Bimbingan Karir dalam Meningkatkan Keterserapan Lulusan di SMAN 1 Gegesik

Muhibbu Abivian(1*),


(1) Universitas Muhammadiyah Cirebon
(*) Corresponding Author

Abstract


Peserta didik SMA secara kurikulum dan tujuan pembelajaran dipersiapkan untuk memasuki jenjang pendidikan tinggi. SMAN 1 Gegesik sebagai salah satu SMA juga dituntut untuk mengarahkan lulusannya untuk masuk ke jenjang perguruan tinggi. Namun demikian, jika melihat kondisi yang ada keterserapan lulusan SMAN 1 Gegesik ke perguruan tinggi khususnya perguruan tinggi Negeri (PTN) melalui jalur seleksi nasional masuk perguruan tinggi Negeri (SNMPTN) masih minim. Merujuk pada keterserapan lulusan di tahun 2019 sebanyak 6 orang dari jumlah 342 peserta didik. Salah satu bentuk layanan bimbingan konseling yang secara langsung dapat menjawab permasalahan tersebut adalah melalui layanan bimbingan karir. Layanan bimbingan karir yang dikembangkan diimplementasikan dalam bentuk kegiatan berupa plotting pemilihan jurusan, sharing & motivation sesion, study kampus, parenting class, wawancara dan konseling karir, dan try out persiapan seleksi masuk perguruan tinggi Negeri. Secara umum, layanan bimbingan karir yang dilaksanakan berdampak positif terhadap daya serap lulusan SMAN 1 Gegesik tahun 2020 di perguruan tinggi khususnya perguruan tinggi Negeri melalui jalur SNMPTN. Terlihat dari jumlah peserta didik yang diterima di jalur PTN sebanyak 20 orang dari 320 peserta didik.


Keywords


Layanan Bimbingan Karir; Keterserapan Lulusan; Peserta Didik SMA.

Full Text:

PDF

References


Angelia, M. (2012). Hubungan Antara Adaptabilitas Karir dan Prestasi Akademik pada Mahasiswa Universitas Indonesia. Online. Tersedia di: http://lib.ui.ac.id/file?file=digital/20319699-S-Melissa%20Angelia.pdf. Diakses pada Tanggal 4 April 2019.

Colley, H. (2005). Do We Choose Careers or Do They Choose Us?: Questions About Career Choices, Transitions, and Social Inclusion. Vejleder Forum,4, 50-61.

Departemen Pendidikan Nasional. (2007). Penataan Pendidikan Profesional Konselor dan Layanan Bimbingan dan Konseling dalam Jalur Pendidikan Formal. Bandung: Asosiasi Bimbingan dan Konseling Indonesia.

Kartadinata, S. (2015). “Revolusi Pendidikan”. (Harian Umum Pikiran Rakyat, Sabtu 2 Mei 2015 Halaman 28).

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2016). Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling Sekolah Menengah Atas (SMA). Jakarta: Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan.

Munandir, (1996). Program Bimbingan Karier di Sekolah. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Proyek Pendidikan Tenaga Akademik.

Sharf, R. (1992). Applying Careeer Development Theory to Counseling. California: Brooks/ Cole Publishing Company.

Supriatna, M. (2009). Layanan Bimbingan Karir di Sekolah Menengah. Bandung: Departemen Pendidikan Nasional Universitas Pendidikan Indonesia.




DOI: 10.24235/prophetic.v3i1.6959

Article Metrics

Abstract view : 7 times
PDF - 4 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prophetic Indexed By:  

 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats Prophetic : Professional, Empathy, Islamic Counseling Journal Published by Department Islamic Guidance Counseling, Faculty of Ushuluddin, Adab and Da'wah, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

Editorial Office:

FUAD Building, 2nd Floor, Department Islamic Guidance Counseling, Faculty of Ushuluddin, Adab and Da'wah, IAIN Sheikh Nurjati Cirebon.  Perjuangan Street of Sunyaragi, Cirebon City, West Java, Indonesia 45132 Phone. 0231-481264, Fax. 0231-489926, Email: prophetic.bki@syekhnurjati.ac.id / Email: prophetic.jurnal@gmail.com