IMPLEMENTASI BLENDED LEARNING PADA MATA KULIAH GEOMETRI TRANSFORMASI

Dian Nataria Oktaviani(1*), Rizqi Amaliyakh Sholikhakh(2), herani tri lestiana(3),


(1) Universitas Pancasakti Tegal
(2) Universitas Pancasakti Tegal
(3) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(*) Corresponding Author

Abstract


Proses perkuliahan di program studi Pendidikan matematika belum mengintegrasikan komponen e-learning. Penggunaan teknologi dalam perkuliahan pun masih jarang. Dengan pengintegrasian LMS Moodle dalam perkuliahan tatap muka, akan menunjang terbentuknya blended learning. Adanya implementasi Blended learning pada mata kuliah Geometri transformasi diharapkan  keaktifan mahasiswa semakin meningkat..

Penelitian pengembangan pada penelitian ini merujuk pada model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Develop, Implement, Evaluation). Penelitian ini pada tahap Implement (Implementasi), yaitu menguji cobakan produk di lapangan untuk mengetahui pencapaian tujuan pengembangan produk.

Implementasi Blended learning pada mata kuliah Geometri transformasi diharapkan  keaktifan mahasiswa semakin meningkat. Hal ini dapat terlihat pada presentase mahasiswa yang berpartisipasi pada kelas LMS moodle nya atau dalam blended learning; grader report serta perbedaan nilai geometri transformasi. Diharapkan dalam mengimplementasi Blended learning akses jaringan internet yang tersedia harus memadai sehingga tidak menghambat proses login ke sistem LMS Moodle.


Keywords


blanded learning, geometri transformasi

Full Text:

PDF

References


Graham, C.R., Woodfield, W., Harrison, J.B. 2012. A Framework for Institutional Adoption and Implementation of Blended Learning in Higher Education. Internet and Higher Education. 18, 4-14.

Lumba, E. (2017). Kajian Model Pembelajaran E-Learning Sebagai Enabler Dalam Meningkatkan Kreativitas Belajar Dan Kompetensi Tik Mahasiswa. Teknik dan Ilmu Komputer, 1(4).

Ningsih, Y. L. (2016). Aplikasi blended learning pada pembelajaran kalkulus 1 di universitas pgri palembang. Jurnal Dosen Universitas PGRI Palembang.

Peterson, C. 2003. Bringing ADDIE to life: Instructional design at its best. Journal of Educational Multimedia and Hypermedia, 12(3), 227-241.

Prayitno, W. (2015). Penerapan Blended Learning Dalam Pengembangan Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Bagi Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK). Yogyakarta: LPMP DI Yogyakarta.


Article Metrics

Abstract view : 141 times
PDF - 65 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.