SEJARAH MATA UANG MASA KEPEMIMPINAN MUAWIYAH BIN ABU SUFYAN

Camelia Maulida(1*),


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Pada masa Bani Umayah tepatnya masa kepemimpinan Muawiyah merupakan masa pertama kali dilakukan percetakan mata uang. Pada saat itu, percetakan mata uang tersebut masih melanjutkan model Sasanid di mana menamba beberapa kata tauhid sebagaimana telah dilakukan ketika Khulafa’ Ar-Rasyidin. Saat kepemimpinan Abdul Malik Ibn Marwan, setelah berhasil menaklukkan Abdullah bin Zubair dan Mush’ab bin Zubair, ia mempersatukan pencetakan uang lalu di 76 H mencetak mata uang Islam di mana menonjolkan pola Islam tersendiri, dengan meniadakan tanda Byzantium dan Persia. Berkat itu, Abdul Malik bin Marwan disebut sebagai Muslim pertama yang mengeluarkan dinar dan dirham yang beruhkan Islam sendiri. Tulisan ini memakai metode deskriptif-kualitatif berdasar pendekatan sosio-historis, yang akan mengkaji peristiwa-peristiwa pada masa silam tentang sejarah uang masa Muawiyah hingga sekarang. Berdasarkan sekelumit tentang sejarah uang, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa uang pada mulanya dari emas dan perak, kemudian berlanjut kepada kulit unta. Hingga pada akhirnya uang yang disepakati terbuat dari uang kertas. Hingga uang yang berlaku di masyarakat saat ini ialah uang yang terbuat dari uang kertas. Kemudian jenis mata uang yang dipakai untuk Negara Indonesia ialah dengan nama mata uang Rupiah kemudian disingkat dengan “Rp” untuk seluruh daerah dan wilayah yang ada seantero Negara Republik Indonesia.

Full Text:

PDF


DOI: 10.24235/tamaddun.v8i1.6169

Article Metrics

Abstract view : 64 times
PDF - 20 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Tamaddun : Jurnal Sejarah dan Kebudayaan Islam

Tamaddun indexed by:

This journal provides immediate pen access to its content on the principle that making research freely available to the public supports a greater global exchange of knowledge.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats Jurnal Tamaddun Published by Department History and Islamic Civilization, Faculty of Ushuluddin, Adab, and Da`wah, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

Editorial Office:

FUAD Building, 2st Floor, Department History and Islamic Civilization, Faculty of Ushuluddin, Adab, dan Da`wah, IAIN Sheikh Nurjati Cirebon.  Perjuangan Street of Sunyaragi, Cirebon City, West Java, Indonesia 45132 Phone. 0231-481264, Fax. 0231-489926, Email: jurnaltamaddun@syekhnurjati.ac.id