UPAYA PENGURUS PESANTREN BAITUL MU’MININ DALAM MEMBINA ETIKA BERTUTUR KATA DAN HASIL-HASILNYA BAGI REMAJA PUTRI USIA 12-15 TAHUN DI DESA MUNJUL KECAMATAN ASTANAJAPURA KABUPATEN CIREBON (Studi Kasus Pada Santri Kalong Remaja Putri)

Evi Windasari(1*),


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Bertutur kata merupakan sesuatu yang sangat penting dalam bersosialisasi karena baik buruknya seseorang itu bisa dinilai dari tutur katanya. Idealnya bahwa anak yang bertutur kata baik itu adalah mereka yang terpelajar dan berpendidikan tinggi. Namun kenyataannya justru berbeda yang terjadi di desa munjul. Para remaja putri di sini senantiasa mengamalkan etika bertutur kata yang baik walaupun pendidikan di sini bisa dibilang rendah. Latar belakang inilah penulis tertarik mengambil judul upaya pengurus pesantren Baitul Mu’minin dalam membina etika bertutur kata dan hasil-hasilnya bagi remaja putri usia 12-15 tahun di Desa Munjul Kecamatan Astanajapura Kabupaten Cirebon (Studi Kasus Pada Santri Kalong Remaja Putri).

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya pengurus Pesantren Baitul Mu’minin dalam membina etika bertutur kata pada remaja putri usia 12-15 tahun, mengetahui kualitas etika bertutur kata pada remaja putri usia 12-15 tahun dan mengetahui kendala pengurus dalam membina etika bertutur kata pada remaja putri usia 12-15 tahun di Desa Munjul Kecamatan Astanajapura Kabupaten Cirebon.

Etika bertutur kata termasuk etika sosial yang patut mendapatkan perhatian secara khusus dari para pendidik adalah mengajarkan tatakrama dalam berbicara, di samping diajarkan tentang bahasa dan dasar-dasar dalam percakapan kepada anak sejak kecilnya. Sehingga jika anak telah mencapai usia baligh, ia telah mengetahui tata cara berbicara dengan orang lain, mendengarkan pembicaraan dan bercakap-cakap dengan mereka, termasuk cara-cara yang dapat menggembirakan mereka.Untuk itu pembinaan etika bertutur kata akan lebih terarah apabila diajarkan dalam lingkungan pesantren.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi di pesantren Baitul Mu’minin Desa Munjul Kecamatan Astanajapura Kabupaten Cirebon dengan subjek penelitiannya adalah Pengurus pesantren dan santri kalong remaja putri yang berjumlah 11 orang.

Hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa Kualitas Etika Bertutur kata Santri Kalong Remaja Putri di Pesantren Baitul Mu’minin Desa Munjul Kecamatan Astanajapura Kabupaten Cirebon mencakup: bertutur kata baik atau diam, bertutur kata dengan lemah lembut, menjaga lisan, tenang dalam bertutur kata, dan pembicaraan harus dapat dipahami sudah cukup baik dikarenakan upaya pengurus pesantren Baitul Mu’minin dalam membina etika bertutur kata telah semaksimal mungkin menjadikan santrinya orang yang berguna bagi masa depan dan bermanfaat bagi dirinya sendiri maupun orang lain.

Keywords:Pengurus, Pesantren, Etika, Bertutur Kata,  Santri Kalong.


Full Text:

PDF

References


Departemen Agama RI. 2009. Al-Qur’an dan Terjemahnya. Bandung : CV Penerbit Diponegoro

Daulay, Haidar Putra. 2012. Pendidikan Islam dalam Sistem Pendidikan Nasional di Indonesia. Jakarta : Kencana Pranada Media Grup.

Arief, Armai. 2002. Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan. Jakarta : Ciputat Pers.

Gunara, Thorik. 2009. Komunikasi Rasulullah. Bandung : Simbiosa Rekatama Media.

Mafri, Amir. 1999. Etika Komunikasi Massa dalam Pandangan Islam. Jakarta : PT. Logos Wacana Ilmu.

Taqiyuddin. 2013. Pendidikan Islam dalam Lintas Pendidikan Nasional.Cirebon : CV Pangger

Sugiono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Nana Syaodih Sukmadinata. 2010. Metode Penelitian PendidikanBandung : PT Remaja Rosda Karya.

Syamsu Yusuf. 2012. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja .Bandung : PT Remaja Rosdakarya

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 1990. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta : Balai Pustaka.

Soetopo, Hendyat dan Soemanto , Wanty. 1982. Pembinaan dan Pengembangan Kurikulum. Jakarta : Bina Aksara

Sulthon Masyhud dan Khusnurdilo. Manajemen Pondok Pesantren. Jakarta: Diva Pustaka, 2003).h 92-93

Arifin HM. 1991. Kapita Selekta Pendidikan Islam dan Umum. Jakarta : Bumi Aksara.

Madjid, Nurcholish. 1999. Bilik-bilik Pesantren, Sebuah Potret Perjalanan : Jakarta : Paramadina Mastuhu.

Dewa. 2009. Kiai Juga Manusia, Mengurai Plus Minus Pesantren; Kiai, Gus, Neng, Pengurus & Santri. Probolinggo : Pustaka El-Qudsi.

Dhofier, Zamakhsyari. 1982. Tradisi Pesantren : Studi tentang Pandangan Hidup Kyai. Jakarta : LP3ES.

Tafsir. 2004. Cakrawala Pemikiran Pendidikan Islam. Bandung: Mimbar Pustaka Media Transformasi Pengetahuan

Shaleh, Dahlan, H.M.D Dahlan. 1993. Ayat-Ayat Hukum. Bandung: CV Diponegoro.

Yusuf, Syamsu. 2012. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Nashih Ulwan, Abdullah. 2007. Pendidikan Agama Islam. Jakarta : Pustaka Amani

Ali, Suryadharma. 2013. Paradigma Pesantren.Malang : UIN-Maliki Press

Daradjat, Zakiah. 2012. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta : PT Bumi Aksara

Samsunuwiyati. 2012. Psikologi Perkembangan. Bandung : PT Remaja Rosdakarya

Baradja, Umar. 1992. Bimbingan Akhlak .Surabaya : Buku Teladan

Nasution. 2011. Sosiologi Pendidikan.Jakarta : PT Bumi Aksara

Atiqah Hamid. 2014. Buku Lengkap Fiqh Wanita : Jogjakarta : Diva Press

Jalaluddin. 1997. Psikologi Agama, Jakarta : PT Raja Grafindo Persada

Sjarkawi. 2008. Pembentukan Kepribadian Anak, Jakarta : PT Bumi Aksara

Mujib, Abdul. 2006. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta : Kencana Penada Media.

Hamka. 1082 Tafsir Al-Azhar Juz XXV . Jakarta: Pustaka Panjimas.

Quthb, Sayyid. 2004. Tafsir Fizhilalil Qur’an. Jakarta : Gema Insani.

Al-‘Adawy, Musthafa. 2007. Fikih Akhlak. Jakarta : Qisthi Press.

Basor, Khoiruddin. 2003. Problem Psikologis Kaum Santri. Yogyakarta : FKBA.




DOI: 10.24235/tarbawi.v1i2.1237

Article Metrics

Abstract view : 558 times
PDF - 486 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Evi Windasari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.



Creative Commons License
This website work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
E-ISSN 2580-6505 | P-ISSN 2407-6805
Copyright ©2023 Al-Tarbawi Al-Haditsah: Jurnal Pendidikan Islam, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Indonesia