Pengaruh Metode Qiraati terhadap Kemampuan Membaca Al-Qur’an Anak Usia 7-12 Tahun di Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) Hidayatus Shibyan Desa Pegagan Lor Kecamatan Kapetakan Kabupaten Cirebon

Dian Nopiyanti(1*), Abdul Ghofar(2), Nawawi Nawawi(3),


(1) IAIN Cirebon
(2) IAIN Cirebon
(3) IAIN Cirebon
(*) Corresponding Author

Abstract


ABSTRAK

Penggunaan metode Qiraati di Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) Hidayatus Shibyan sudah diterapkan dengan baik. Kendati demikian pada kenyataannya di lapangan, peneliti masih menemukan anak yang lambat dan terbata-bata dalam membaca Al-Qur’annya. Di sisi lain masih ada anak yang belum fokus saat mengikuti proses pembelajaran berlangsung. Hal ini sangat mempengaruhi kemampuan membaca Al-Qur’annya.

Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui penerapan metode Qiraati dalam pengajaran ilmu baca Al-Qur’an di Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) Hidayatus Shibyan Desa Pegagan Lor Kecamatan Kapetakan Kabupaten Cirebon. 2) Untuk mengetahui kemampuan membaca Al-Qur`an anak usia 7-12 tahun di Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) Hidayatus Shibyan Desa Pegagan Lor Kecamatan Kapetakan Kabupaten Cirebon. 3) Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penerapan metode Qiraati terhadap kemampuan membaca Al-Qur`an anak usia 7-12 tahun di Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) Hidayatus Shibyan Desa Pegagan Lor Kecamatan Kapetakan Kabupaten Cirebon.

Penelitian ini bertolak dari pemikiran bahwa pemilihan metode yang tepat dalam mengajarkan ilmu baca Al-Qur’an akan sangat membantu proses belajar mengajar menjadi mudah serta dapat meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an menjadi lebih baik.

Pendekatan penelitian yang digunakan dalam skripsi ini adalah pendekatan kuantitatif yang menggunakan lima teknik pengumpulan data yaitu: 1) Observasi, 2) Wawancara 3) Angket, 4) Tes lisan, dan 5) Dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisa data yang diperoleh peneliti menggunakan reduksi data, penyajian data, kesimpuan gambaran, statistik deskriptif, dan rumus product moment.

Kesimpulan penelitian menunjukan bahwa penerapan metode Qiraati di Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) Hidayatus Shibyan telah dilaksanakan dengan baik dengan nilai 79 karena berada pada interval 75%-100%. Sementara itu, kemampuan membaca Al-Qur`an anak usia 7-12 tahun dalam kategori baik, terbukti dengan rekapitulasi hasil tes kemampuan membaca Al-Qur’an ini, menunjukkan nilai rata-ratanya 70 karena berada pada interval 70–79. Dan  pengaruh  metode Qiraati terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an anak usia 7-12 tahun di Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) Hidayatus Shibyan berdasarkan hasil perhitungan dengan menggunakan product moment yang diperoleh besarnya rxy adalah 0,62 yang berarti tergolong sedang karena pada interval 0,40–0,70. Apabila dihitung hasil thitung dengan ttabel yaitu didapat thitung > ttabel atau  5,44 >2,75 maka Ho ditolak dan Ha diterima artinya tedapat pengaruh dalam penerapan metode terhadap kemampuan membaca Al-Qur`an anak usia 7-12 tahun di Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) Hidayatus Shibyan Desa Pegagan Lor Kecamatan Kapetakan Kabupaten Cirebon.

 

Kata Kunci: Metode Qiraati dan Kemampuan Membaca Al-Qur’an


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penulisan Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Al-Khawali.2007. Mendidik Anak dengan Cerdas. Sukaharjo: Insan Kamil.

Anwar Rosihon. 2012. Ulumul Al-Qur’an. Bandung: Pustaka Setia.

Dachlan Bunyamin. 2001. Memahami Qiraati. Semarang: Yayasan Pendidikan Al-Qur’an Raudhatul Mujawwidin.

Depdikbud. 1995. Kamus Besar Bahasa Indonesia

Desmita. 2013. Psikologi Perkembangan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

KEMENAG. 2009. Al-Qur’an. Semarang: Istana Karya Mulya

Hafidz M. Nur Abdul. 1998. Mendidik Anak Bersama Rasulullah. Bandung: Al-Bayan

Murjito Imam. 2000. Pedoman Metode Praktis Pengajaran Ilmu Baca Al-Qur’an Qiraati. Semarang: Koordinator Pendidikan Al-Qur’an.

Sukmadinata Nana Syaodih. 2009. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya

Rochman Elfi Yuliani Elfi. 2005. Psikologi Perkembangan. Yogyakarta: STAIN Ponorogo Press

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Suteja. 2015. Tafsir Tarbawi. Cirebon: Nurjati Press

Sudjono, Anas. 2014. Pengantar Statistika Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.

Sugiyono. 2013. Metode Penulisan Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suryabrata Sumadi. 1998. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Tampublon D.P. 2008. Kemampuan Membaca Teknik Membaca Efektif dan Efesien.. Bandung: Angkasa

Tarigan Guntur Henry. 2008. Membaca Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Percetakan Angkasa

Tatang S. 2012. Ilmu Pendidikan. Bandung: CV. Pustaka Setia.




DOI: 10.24235/tarbawi.v3i1.2855

Article Metrics

Abstract view : 575 times
PDF - 126 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal AL-TARBAWI AL-HADITSAH Terindeks:

  

  

 

 

 


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.