HUKUM-HUKUM DETERMINISME DALAM FILSAFAT SEJARAH IBNU KHALDUN (Dialektika Antara Sains dan Teologi)

Bisri Bisri(1*),


(1) IAIN Syekh Nur Jati Cirebon
(*) Corresponding Author

Abstract


Abstrak: Ibnu Khaldun merupakan tokoh besar yang tidak diragukan sumbangan pemikirannya, ketokohanya diakui baik di dunia Islam maupun Barat. Bahkan dalam kajian ilmu sejarah maupun filsafat sejarah, ia termasuk tokoh awal yang membangun fondasi bangunan sejarah dari sejarah yang sebelumnya hanya berupa deskripsi peristiwa-peristiwa, nama-nama penguasa atau silsilah keturunan dan angka-angka tahun, menjadi suatu sistem bangunan keilmuan dan filsafat yang utuh. Dalam pemikiran filsafat sejarahnya, Ibnu khaldun termasuk yang menganut determinisme sejarah. Berbicara tentang hukum-hukum sejarah, determinisme sejarah kerap dimaknai sebagai hukum kausalitas. Ibnu Khaldun memberlakukan hukum kausalitas bukan hanya pada alam saja, tetapi juga berlaku pada manusia. Di sisi lain Ibnu Khaldun sebagai penganut Asy’ariyah dimana paham teologi ini menolak hukum kausalitas atas dasar kekuasaan dan kehendak mutlak Tuhan. Ada semacam pertentangan antara paham keyakinan teologi dan paham determinismenya. Paham teologinya menolak kausalitas, sementara ia menganut determinisme dalam sejarah. Disinilah menariknya bahwa kecerdasan Ibnu Khaldun mampu mendamaikan pertentangan antara sains dan teologi dalam menjelaskan hukum determinisme sejarah ini.

 

Kata kunci: Ibnu Khaldun, Determinisme, Filsafat, Sejarah, Dialektika, Sains, Teologi.


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Al-Khudairi, Zainab. 1995. Filsafat Sejarah Ibnu Khaldun. Bandung: Penerbit Pustaka.

Harahap, Syahrin. 1999. Islam: Konsep dan Implementasi Pemberdayaan. yogyakarta: Tiara Wacana.

Muchsin, Misri A. 2002, Filsafat Sejarah dalam Islam: Ibnu Khaldun, Malik bin Nabi, Fazlur Rahman, Murtadha Muthahhari, Abd. Hamid Shiddiqi, Ali Syariati. Jogjakarta: Ar-Ruz Press.

Nasution, Harun. 1995, Islam Rasional. Jakarta: Mizan.

Suriasumantri, Jujun S. 2005. Filsafat Ilmu: Sebuah pengantar Populer (Jakarta: Pustaka Sinar Harapan Press.




DOI: 10.24235/jy.v3i1.2036

Article Metrics

Abstract view : 1613 times
PDF - 806 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Yaqzhan: Analisis Filsafat, Agama dan Kemanusiaan Indexed By : 

              

                 



Editorial Office:

FUAD Building, 2nd Floor, Department of Aqeedah and Islamic Philosophy, Faculty of Ushuluddin, Adab and Dakwah, IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Perjuangan Street of Sunyaragi, Cirebon City, West Java, Indonesia 45132 Phone. 0231-489926 email: yaqzhanjurnal@gmail.com

Jurnal Yaqzhan: Analisis Filsafat, Agama dan Kemanusiaan is licensed under a Creative Commons 4.0 International License.