FILSAFAT ILMU MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM REKONTRUKSI KRITIS ISLAMISASI MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM DALAM KONTEKS KEKINIAN

Asep Kurniawan(1*),


(1) Institut Agama Islam Negeri Syekh Nurjati Cirebon
(*) Corresponding Author

Abstract


ABSTRAK

Ilmu dalam pandangan Islam adalah bagian penting dalam kehidupan manusia. Ia mesti dipelajari dan dimiliki oleh manusia termasuk dalam hal ini ilmu manajemen pendidikan. Dalam perspektif Islam, ilmu manajemen pendidikan mesti memuat prinsip dan nilai Islam yang dapat membimbing siswa menuju eksistensinya sendiri. Ilmu manajemen pendidikan konvensional, secara eksplisit tidak memuat makna yang relevan dengan prinsip dan nilai Islam. Hal ini sangat penting sebab manusia berperilaku dan bersikap senantiasa dibimbing oleh ilmu pengetahuan. Namun, secara implisit, ilmu manajemen pendidikan konvensional yang notabene dimunculkan di Barat, telah menggambarkan konsep manajemen yang dikembangkan Nabi Muhammad. Walaupun istilah yang digunakan tidak sejalan dengan Islam, namun dari isi arti telah selaras dengan prinsip dan nilai manajemen pendidikan Islam, yaitu produktivitas, mensejahterahkan, adanya sistem pahala dan dosa, memperhatikan efektifitas dan efisiensi, sumber daya manusia mesti berilmu, bertanggungjawab, mementingkan perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, pengawasan, pelibatan sumber daya manusia, disiplin, adanya standar, dan memfokuskan pada standar moral dan etika pendidikan Islam.

Kata kunci: moral, etika, nilai, wahyu, sunnah

Keywords


moral, etika, nilai, wahyu, sunnah

Full Text:

PDF

References


Antonio, M. S. (2007). The Super Leader Super Manager. Jakarta: Tazkia multimedia & proLm Centre.

Attas, S. M. N. Al-. (2001). Prolegomena to the Metaphysics of Islam, Kuala Lumpur: International Institute of Islamic Thought and Civilization (ISTAC).

_________. (2007). Tinjauan Ringkas Peri Ilmu dan Pandangan Alam. Pulau Pinang: Penerbit Universiti Sains Malysia.

Azzam, T. (2000). “The Origins of Arab Secularism,” dalam Islam and Secularism in the Middle East, diedit oleh Jon L. Espasito dan Azzam Tamimi. 13-28. New York: New York University Press.

Azman, C. O. (2003). Pengurusan di Malaysia dari Perspektif Islam. Kuala Lumpur: Dewan Bahasa dan Pustaka.

Baiquni, A. (1983). Islam dan Ilmu Pengetahuan Modern. Jakarta: Pustaka.

Bartol, K. M., David, C. M., Julie, A. K. (2003). “Leadership and the Glass Ceiling: Gender and Ethnic Group Influences on Leader Behaviors at Middle and Executive Managerial Levels,” Journal of Leadership & Organizational Studies. Vol. 9, No. 3. 8-19.

Baskara, K. (2013). ”Lembaga Keuangan Mikro di Indonesia”, dalam Jurnal Buleting studi Ekonomi, Vol.18, No.2.

Bryson, J. M. (2004). What to do when stakeholders matter: stakeholder identification and analysis techniques. Public Management Review 6 (1) pp.21-53, London: Routledge.

Buraey, al-. (1986). Administrative Development: An Islamic Perspective by Al-Buraey. London, United Kingdom: Routledge.

Daud, W. M. W. (1998). Filsafat dan Praktik Pendidikan Islam Syed M. Naquib al-Attas. Bandung: Mizan.

Djamil, F. (1997). Filsafat Hukum Islam. Jakarta: Logos Wacana Ilmu.

Hafidhuddin, D. & Hendri, T. (2003). Manajemen Syariah Dalam Praktik. Jakarta: Gema Insani Press.

Haim, B., Lamy, dan Glickman. (2005). Attentional bias in anxiety: a behavioral and ERP study. Brain Cogn. 59(1):11-22.

Harahap, S. S. (1996). Manajemen Masjid: suatu Pendekatan Teoritis dan Organisatoris. Jakarta: Dana Bhakti Prima Yasa.

Hassan, M. A. (1990). Pura Bujangga. Kuala Lampur: Dewan Bahasa dan Pustaka, Kementerian Pendidikan Malaysia.

Heri, T. (2018). “Manajemen Pendidikan Islam Berbasis Tauhid”. Rausyan Fikr. Vol. 14 No. 1.

Hunger, J. D. & Thomas L. W. (2001). Essentials of Strategic Management. Upper Saddle River, New Jersey, AmerikaPrentice Hall.

Harussani, H. Z. (2005). Nilai Murni Teras Pengurusan Cemerlang. Kertas Kerjas. Seminar Pengurusan Cemerlang II. Kemahiran Pengurusan Asa Keutuhan Organisasi. 29-31 Juli 2005.

Indra, H. (2009). “Pandangan Islam tentang Ilmu Pengetahuan dan Refleksinya terhadap Aktivitas Pendidikan Sians di Dunia Muslim,” dalam MIQOT, Vol. XXXIII No. 2 Juli-Desember 2009. 245-260.

Indrajit, R. E. & Djokopranoto, R. (2006). Manajemen Perguruan Tinggi Modern. Yogyakarta: C.V. Andi Offset.

Ismail, N. (2000). Kepemimpinan Nabi Muhammad SAW: Pengurusan Altrustik Model Ikutan Sepanjang Masa, Perbandingan Silang dengan Kepemimpinan dan Pengurusan Semasa. Kuala Lumpur: Utusan Publications & Distributions Sdn. Bhd.

Kalberg, S. (2010). “Max Weber's Types of Rationality: Cornerstones for the Analysis of Rationalization Processes in History”, American Journal of Sociology. Volume 85 Number 5. 1145-1179.

Kondalkar, V.G. (2018). Organizational Behaviour. New Delhi: New Age International.

Muhaimin. (2006). Nuansa Baru Pendidikan Islam: Mungurai Benang Kusut Dunia Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Muliawan, U. J. (2005). Pendidikan Islam Integrative: Upaya Mengintegrasikan Kembali Dikotomi dan Pendidikan Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Munawar, S. A. H. al-. (2004). al-Qur'an Membangun Tradisi Kesalehan Hakiki.

Mawardiyanti, I. (2018). Manajemen Kurikulum Berbasis Tauhid: Studi Kasus di SMP al-Rohmah Putir Boarding School Malang. Tesis. Malang: Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah.

Mohamed, H. A., Mumin, A. G., dan Mansor, F. (2006). Dimensi Pengurusan Islam: Mengurus Kerja dan Mengurus Modal Insan. Kuala Lumpur, Selangor, Malaysia: Akademi Pengajian Islam, Universiti Malaya.

Mohiuddin, M. G. dan Islam, M. M. (2016). “Decision Making Style in Islam: A Study of Superiority of Shura (Participative Management) and Examples from Early Era of Islam,” dalam European Journal of Business and Management. Vol.8, No.4. 79-88.

Naceur, J. (1994). Islam and Management. Kuala Lumpur: Institut Kajian Dasar (IKD).

Nor, W. A. W. M. (2003). Filsafat dan Praktik Pendidikan Islam. Syed M. Naquib Al-Attas. Bandung: Mizan Pustaka.

Omar, M.. N. (2005). Gagasan Islamisasi Ilmu. Kuala Lumpur, Malaysia: Utusan Publications.

Omar, W. L. & Omar, W. (1996). Pengurusan Islam Abad ke-21: Revolusi Pengurusan Untuk Keunggulan Sektor Awam dan Korporat. Kuala Lumpur: Utusan Publications & Distributors Sdn. Bhd.

Ozman, W. L. & Wan, O. (1996). Pengurusan Islam Abad ke-21: Revolusi Pengurusan untuk Keunggulan Sektor Awam dan Korporat. Kuala Lumpur: Utusan Publications & Distributors Sd. Bhd.

Palmer, J. (1997). “The Human Organization”. Journal of Knowledge Management, Vol. 1 Issue: 4, 294-307.

Rahardjo, M. D. (1990). Etika Ekonomi dan Manajemen. Yogyakarta: Tiara Wacana.

Rahim, A. A., Kamaruddin, Z., dan Rahman, A. A. A. (2018). “Al-Faruqi’s Views on Selected Topics of Ilm al-Kalam,” dalam International Journal of Islamic Thought. Vol. 13. Juni. 15-23.

Sidek, M. S. (1991). Pengurusan Masjid dan Masalah Semasa yang Dihadapi: Administration of Mosques and Current Problems Faced.

Stoner, J. A. F. & Wankel, C. (1986). Management. Jilid 2. Upper Saddle River, New Jersey, United States: Prentice-Hall International.

Unyimadu, S. O. (1989). “Management and industrial revolution in Europe, United States of America and Japan”. Engineering Management International. Volume 5, Issue 3, 209-218.

Widjajakusuma, M. K. & Yusanto, M. I. (2002). Pengantar Manajemen Syari’ah. Jakarta: Khairul Bayan.

Yusanto, M. I. & Widjajakusuma, M. K. (2002). Menggagas bisnis Islami. Jakarta: Gema Insani Press.

Zainal, A. M. (1999). “Perancang Strategik dan Industri Pendidikan”. Zainal Abidin Mohamde (penyt.). Pengurusan Strategik di Sektor Pendidikan. Serdang: Universiti Putra Malaysia. 1-30.




DOI: 10.24235/jy.v5i1.4511

Article Metrics

Abstract view : 116 times
PDF - 768 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Yaqzhan: Analisis Filsafat, Agama dan Kemanusiaan Indexed By : 

              

                 



Editorial Office:

FUAD Building, 2nd Floor, Department of Aqeedah and Islamic Philosophy, Faculty of Ushuluddin, Adab and Dakwah, IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Perjuangan Street of Sunyaragi, Cirebon City, West Java, Indonesia 45132 Phone. 0231-489926 email: yaqzhanjurnal@gmail.com

Jurnal Yaqzhan: Analisis Filsafat, Agama dan Kemanusiaan is licensed under a Creative Commons 4.0 International License.