EPISTEMOLOGI PEMIKIRAN ABU BAKAR MUHAMMAD BIN ZAKARIA AL-RAZI TENTANG KENABIAN

Ramadhan Adi Putra(1*), Wakhit Hasim(2),


(1) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(2) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(*) Corresponding Author

Abstract


Menurut al-Razi, ada tiga sumber pengetahuan, yaitu; logika, tradisi para pendahulu dan naluri yang membimbing manusia tanpa perlu banyak berpikir. Berdasarkan ketiga sumber pengetahuan ini, maka ukuran kebenaran yang dipegang oleh al-Razi lebih dekat dengan apa yang dipegang dalam pandangan modern sebagai seorang yang positif. Karena, kecenderungannya pada hal-hal mengenai eksperimen seperti yang dijelaskan dalam buku alHawi. Dia mengakui bahwa nubuat adalah karunia dari Tuhan, tetapi potensi untuk setiap pikiran manusia adalah sama. Jadi, tidak ada yang bisa mengklaim bahwa ia diberkati dengan kecerdasan tinggi sejak lahir termasuk seorang Nabi. Untuk alasan ini, itu tidak benar dan dapat dibenarkan pandangan yang menyatakan bahwa al-Razi adalah ateis atau mulhid (bidat), karena sebenarnya dia adalah seorang pemikir bebas.

Keywords


Abu Bakar al-Razi, epistemologi, profetik, Abu Hatim al-Razi

Full Text:

PDF

References


Adonis. 2012. Ats-tsabit wa alMutahawwil: Bahts fi alIbda wa al-Itba ‘Inda al-Arab (Arkeologi Sejarah Pemikiran Arab-Islam II) terj. Khairon Nahdiyyin. Jogjakarta: LKIS.

Al-Razi, Abu Hatim. 2003. A’lam anNubuwwah. London: Dar al-Saqi.

Arberry, Arthur J. 2002. The Spiritual Physick of Rhazes(Pengobatan Ruhani) terj. M.S Nasrullah. Jakarta: Penerbit Hikmah.

Bertens, Kees. 2001. Sejarah Filsafat Yunani. Yogyakarta: Kanisius.

Modanlou, Houchang D. 2008. History of Medicine: A Tribute to Zakariya Razi (865-925 AD) An Iranian Pioneer Scholar. Archives of Iranian Medicine Vol. 11 No. 6.

Mustofa, A. 1997. Filsafat Islam. Bandung: CV Pustaka Setia.

Nasution, Harun. 2010. Falsafat dan Mistisisme dalam Islam. Jakarta: PT Bulan Bintang.

Stroumsa, Sarah. 2013. Freethinkers of Medievel Islam: Ibnu ar-Rawandi, Abu Bakr ar-Razi and Their Inpact on Islamic Thought terj. Khairon Nahdiyyin. Jogjakarta: LKIS.

Tibi, Selma. 2006. Al-Razi and Islamic Medicine in the 9th Century. Journal of the Royal Society of Medicine Vol. 99.

Poespoprodjo, W. 2007. Logika Scientifika. Bandung: CV Pustaka Setia.

Nayernouri, Touraj. 2008. History of Ancient Medicine in Iran: Zakariya Razi The Iranian Physician and Scholar. archives of Iranian Medicine.

Hamzah, Zaifuddin. 2015. Meditasi sebagai Sarana Mempertajam Intuisi di Lembaga Seni Pernafasan Radiasi Tenaga Dalam Unit Psikosufistik UIN Walisong Semarang. Skripsi Jurusan Tasawuf dan Psikoterapi UIN Walisongo Semarang.

Rodrick Juraman, Stefanus . 2017. NaluriKekuasaan Sigmund Freud. JurnalStudiKomunikasi Vol. 1.




DOI: 10.24235/jy.v5i2.5676

Article Metrics

Abstract view : 134 times
PDF - 209 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Yaqzhan: Analisis Filsafat, Agama dan Kemanusiaan Indexed By : 

              

                 



Editorial Office:

FUAD Building, 2nd Floor, Department of Aqeedah and Islamic Philosophy, Faculty of Ushuluddin, Adab and Dakwah, IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Perjuangan Street of Sunyaragi, Cirebon City, West Java, Indonesia 45132 Phone. 0231-489926 email: yaqzhanjurnal@gmail.com

Jurnal Yaqzhan: Analisis Filsafat, Agama dan Kemanusiaan is licensed under a Creative Commons 4.0 International License.