PEMAKNAAN INTERTEKSTUAL PADA HADIS TENTANG LARANGAN GHULUW

Amin Iskandar(1*), Komarudin Soleh(2),


(1) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(2) IAI Persis Bandung
(*) Corresponding Author

Abstract


This article aims to discuss the Hadith regarding the prohibition of ghuluw with an intertextual approach, namely an approach to understanding texts by finding meaningful relationships between two or more texts. This research is library research. The method used in this research is a qualitative approach. The results of this research conclude that the hadith regarding the prohibition of ghuluw is an original hadith, its existence can be traced in famous hadith books, and has authentic quality. Through intertextual interpretation, it can be concluded that the Hadith regarding the prohibition of ghuluw is meaningful and at the same time functions as bayan at-ta'kid (reinforcement) for the verses in the Koran regarding the prohibition of excesses in religion and the verses regarding the recommendation to be moderate. This meaning is also strengthened by the Prophet's correction of the excessive attitudes carried out by several companions mentioned in other hadiths.

 

Artikel ini bertujuan untuk membahas Hadis tentang larangan ghuluw dengan pendekatan intertekstual, yaitu suatu pendekatan dalam memahami teks dengan cara menemukan hubungan-hubungan bermakna diantara dua teks atau lebih. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan. Adapun metode yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa Hadis tentang larangan ghuluw merupakan Hadis yang orisinil, keberadaannya dapat ditelusuri di dalam kitab-kitab Hadis yang masyhur, serta memiliki kualitas yang shahih. Melalui pemaknaan intertekstual dapat disimpulkan bahwa Hadis tentang larangan ghuluw semakna dan sekaligus berfungsi sebagai bayan at-ta’kid (penguat) terhadap ayat-ayat di dalam Al-Qur’an tentang larangan bersikap berlebih-lebihan dalam beragama dan ayat tentang anjuran untuk bersikap moderat. Pemaknaan ini diperkuat pula dengan koreksi Nabi atas sikap berlebihan yang dilakukan oleh beberapa sahabat yang disebutkan di dalam Hadis-Hadis yang lain. 

 

Keywords


Intertextual, Ghuluw, Extreme, Moderate

Full Text:

PDF

References


Abdurrahman, M. & Elan Sumarna. Metode Kritik Hadis. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2011.

Abdurrahman, M. Studi Kitab Hadis. Yogyakarta: Teras Press, 2003.

Abshor, M. Ulil. “Metode dan Pendekatan Pemahaman Hadis Nabi” Spiritualis 5 (Maret 2019)

Afroni, Sihabudin. “Makna Ghuluw dalam Islam: Benih Ekstrimisme Beragama” Wawasan: Jurnal Ilmiah Agama dan Sosial Budaya 1 (Januari 2016).

Ahmad, Arifuddin. Metodologi Pemahaman Hadis; Kajian Ilmu Ma’anil Hadis. Makasar: Alaudin University Press, 2012.

Al-‘Asqalānī, Aḥmad bin ‘Ali bin Ḥajar. Fatḥ al-Bāri bi Sharḥ Ṣaḥīḥ al-Bukhārī. Kairo: Dār al-Ḥadīth, 2004.

Ardiansyah. “Islam Washatiyah dalam Perspektif Hadis: Dari Konsep Menuju Aplikasi” Jurnal Mutawatir 6 (Desember 2016).

Asriady, Muhamad. “Metode Pemahaman Hadis” Ekspose 16 (Januari 2017).

Al-Bukhārī, ‘Abdullāh Muḥammad bin Ismā’īl bin Ibrāhīm bin al-Mughīrah al-Ju’fī. Ṣaḥīḥ al-Bukhārī. Riyadh: Maktabah al-Rushd, 2006.

Al-Dhahabī, Shamsuddīn Muḥammad bin Aḥmad bin ‘Uthmān. Siyar ‘Alām Al-Nubalā. Beirut: Mu’asasah Al-Risālah, 1996.

Harahap, Syahrin. Metodologi Studi dan Penelitian Ilmu-ilmu Ushuluddin. Jakarta: Rajawali Press, 2000.

Ibn Manẓūr, Abū al-Faḍl Jamāluddīn Muḥammad bin Mukaram. Lisān al-‘Arab. Beirut: Dār Ṣādir. T.th.

Idris, Mhd. “Metode Pemahaman Hadis Modernis” Ulunnuha 7 (Juli 2018).

Ismail, M. Syuhudi. Metode Penelitian Hadis Nabi. Jakarta: Bulan Bintang, 1992.

______________. Kaedah Keshahihan Sanad Hadis. Jakarta: Bulan Bintang, 1995.

Al-Khaṭīb, ‘Ajjāj. Uṣūl al-Ḥadīth wa ‘Ulūmuhu wa Musṭalaḥhu. Beirut: Dār al-Fikr, 2006.

Lāwī, Amīn Abū.‘Ilm Uṣūl al-Jarḥ wa al-Ta’dīl. Ttp: Dār Ibn ‘Affān, 1997.

Al-Mizzī, Jamāl al-Dīn Abī al-Ḥajjāj. Tuḥfāt al-Ashrāf bī Ma’rifāt al-Aṭrāf . Beirut: Dār al-Gharb al-Islāmī, T.th.

______________________________. Tahdhīb al-Kamāl fī Asmā’i al-Rijāl. Beirut: Mu’asasah Al-Risālah, 1983.

Munawwir, Ahmad Warson. Al-Munawwir Kamus Arab-Indonesia. Surabaya: Pustaka Progresif, 1997.

Najib, Mohamad. Pergolakan Politik Umat Islam dalam Kemunculan Hadis Maudhu. Bandung: t.p, 2001.

Al-Nasāi, Abī ‘Abdurraḥmān Aḥmad bin Shu’ayb Ibn ‘Alī. Sunan Al-Nasā’ī. Semarang: Toha Putra, 1348 H.

Al-Qarḍāwi, Yūsuf. Kayfa Nata’āmal Ma’a al-Sunnah al-Nabawiyyah. Kairo: Dār al-Syurūq, 2002.

Al-Qazwīni, Al-Ḥāfiẓ Abī ‘Abdillāh Muḥammad ibn Yazīd. Sunan Ibn Mājah. Beirut: Al-Maktabah Al-‘Ilmiyyah, Tth.

Rasyid, Muhamad Makmun. “Islam Rahmatan Lil Alamin Perspektif KH. Hasyim Muzadi” Jurnal Episteme 11 (Juni 2016).

Al-Shanqīṭī, Aḍwā’u Al-Bayān fī Īḍāḥi Al-Qur’ān bi Al-Qur’ān (T.tp: Dār Al-Fawāid, T.th).

Soetari, Endang. Syarah dan Kritik Hadis dengan Metode Takhrij; Teori dan Aplikasi. Bandung: Yayasan Amal Bakti, 2015.

Suryabrata, Umadi. Metodologi Penelitian. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada, 1998.

Al-Suyūṭī, Jalāl al-Dīn. Al-Jāmi’ al-Ṣaghīr min Ḥadīth al-Bashīr al-Naẓīr. Beirut: Dār al-Kutub al-‘Ilmiyyah, 2006.

Al-Ṭabarī, Ibn Jarīr. Jāmi’ Al-Bayān fī Ta’wīl Āyat Al-Qur’ān. Beirut: Ḍār Al-Iḥyā, Tth.

Al-Ṭaḥḥān, Maḥmūd. Uṣūl al-Takhrīj wa Dirāsāt al-Asānīd. Beirut: Dār al-Qur’ān al-Karīm, 1979.

_____________. Taysir Muṣṭalaḥ al-Ḥadīth. Surabaya: Ttp, Tth.

Wensinck, AJ. Al-Mu’jam al-Mufahras li Alfāẓ al-Ḥadīth al-Nabawi. Ttp: Tp, Tth.

Yusuf, Muhamad. Studi Kitab Tafsir: Menyuarakan Teks Yang Bisu. Yogyakarta, t.tp, 2004.

Zailani. “Metode Intertekstual Dalam Memahami Hadis Nabi” Al-Fikra 15 (2016).

Zakariya, Abū Al-Ḥusayn Aḥmad bin Fāris bin. Mu’jam Maqāyis Al-Lughah. Beirut: Dār Al-Fikr, Tth.

Al-Zuhaylī, Wahbah. Tafsir Al-Munīr; Aqīdah, Shari’ah, Manhaj. Jakarta: Gema Insani Press, t.th.




DOI: 10.24235/diyaafkar.v11i02.15243

Article Metrics

Abstract view : 18 times
PDF - 6 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


       

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.