Peningkatan Kemampuan Mahasiswa PGSD Universitas Bung Hatta dalam Mengembangkan Bahan Ajar IPA Sekolah Dasar

Siska Angreni(1*),


(1) Universitas Bung Hatta Padang
(*) Corresponding Author

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan mahasiswa PGSD Universitas Bung Hatta dalam mengembangkan bahan ajar IPA di sekolah dasar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan subjek penelitian adalah mahasiswa kelas D yang mengambil mata kuliah pengembangan bahan ajar semester genap tahun ajaran 2017/2018. Instrumen pengumpulan data berupa skor pada: (1) lembar penilaian silabus dan RPP, (2) lembar penilaian bahan ajar dan instrumen validasi bahan ajar. Data hasil penelitian kemudian dianalisis menggunakan analisis deskripif yang meliputi mereduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 79% mahasiswa sudah mampu menyusun silabus pembelajaran IPA dengan baik dan sangat baik, 81% mahasiswa sudah mampu menyusun RPP pembelajaran IPA dengan baik dan sangat baik, dan 41 mahasiswa sudah mampu mengembangkan bahan ajar dengan kategori layak digunakan dalam proses pembelajaran. Jadi dapat disimpulkan bahwa mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Bung Hatta sudah mampu mengembangkan bahan ajar IPA sekolah dasar yang baik sesuai dengan langkah-langkah pengembangan bahan ajar.

Kata Kunci: pengembangan bahan ajar, ilmu pengetahuan alam, mahasiswa PGSD

                                                                                           

Abstract

This research aims to describe the ability of student of the Elementary School Teacher Education Department at Bung Hatta University in developing science teaching materials for elementary school. The type of this research is descriptive qualitative with the research subject being class D students taking courses in the development of teaching materials for even semester 2017/2018 school year. Data collection instruments were in the form of scores on: (1) syllabus and lesson plan assessment sheets, (2) teaching material assessment sheet and teaching material validation instruments. The research data is then analyzed using descriptive analysis which includes reducing data, presenting data and drawing conclusions. The results showed that 79% of students had been able to compile a syllabus of science learning well and very well, 81% of students had been able to compile the lesson plan of science learning well and very well, and 41 students had been able to develop teaching materials in the good category for use in the learning process. So it can be concluded that the students of Elementary School Teacher Education Department at Bung Hatta University have been able to develop science teaching materials in accordance with the steps of developing teaching materials.

Keywords: development of teaching materials, natural science, students of PGSD.


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Angreini, S., & Azkiya, H. (2018). Development of Practical Instructions For Media Integrated Instruments Components Science Natural Science Elementary School Approach Skin Process Approach. International Journal of Recent Scientific Research, 9(7), 28209-28213.

Jalal, F. (2009). Teacher certification in Indonesia. Departemen Pendidikan Indonesia.

Kumala, F. N. & Hartatik. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Kuliah IPA Berbasis Karakter. Jurnal Pancaran, 5(3), 81-98.

Manurung & Mayor, M. H. (2017). Analisis Kemampuan Mahasiswa dalam Menyelesaikan Tugas Pengajuan Soal Integral ditinjau dari Perbedaan Kemampuan Matematika. Jurnal Ilmiah Matematika dan Pembelajarannya, 1(1), 38-42.

Mirizon, S. & Yunus. (2008). Some Aspects of English Competency Based Curriculum. Jurnal Forum Kependidikan, 24(1), 67-86.

Mudzanatun, Wiyanto, A., & Fajriyah, K. (2012). Peningkatan Kemampuan Pengembangan Bahan Ajar Tematik SD Pada Mahasiswa S1 PGSD IKIP PGRI Semarang. Jurnal Media Penelitian Pendidikan, 6(1),1-8.

Octaviani, S. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Tematik Dalam Implementasi Kurikulum 2013 Kelas 1 Sekolah Dasar. Jurnal Eduhumaniora, 9(2), 93-98.

Purnomo, H. & Arrofa, A. (2017). Pengembangan Bahan Ajar dan Penilaian Otentik Mata Kuliah Pendidikan IPA Sekolah Dasar. Jurnal Profesi Pendidikan Dasar. 4(2), 167-179.

Sari, R. T., & Angreni, S. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Upaya Peningkatan Kreativitas Mahasiswa. Jurnal Varidika, 30(1), 79-83.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sulestry, A. I. (2018). Analisis Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Pada Siswa Kelas VII Smp Negeri 1 Bulukumba. Prosiding Seminar Nasional, 3(1).

Valentina, A., Riswandi, R., & Rohani, C. (2015). Pengembangan Bahan Ajar Di Kelas V Sd Negeri 2 Labuhan Ratu. Jurnal Pedagogi, 3(5), 5-14.

Widiasih. (2007). Penggunaan Peralatan dari Lingkungan Sekitar Untuk Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan, 8(2), 92-100.

Widiyatmoko, A., & Pamelasari, S. D. (2012). Pembelajaran Berbasis Proyek Untuk Mengembangkan Alat Peraga IPA dengan Memanfaatkan Bahan Bekas Pakai. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 1(1), 51-56.

Widyaningrum, & Diyah, A. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Mahasiswa pada Matakuliah Pengembangan Bahan Ajar. Jurnal Saintifika. 18(1), 1-7

Yenni, Y. (2017). Analisis Kemampuan Mahasiswa Dalam Menyiapkan Pembelajaran Yang Efektif Pada Mata Kuliah SBMM. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika, 10(2), 133-145

Zulhandayani, Mahmud, H.R., & Bukhari. (2017). Deskripsi Kompetensi Pedagogik Guru di SD Negeri 40 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar. 2(1), 193-203.

Zuriah, N., Sunaryo, H., & Yusuf, N. (2016). Ibm Guru Dalam Pengembangan Bahan Ajar Kreatif Inovatif Berbasis Potensi Lokal. Jurnal Dedikasi, 13(1), 9-49.




DOI: http://dx.doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v5i2.3079

Article Metrics

Abstract view : 117 times
PDF - 44 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




AL IBTIDA Journal Indexed By:

      

 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats