PERAN DIGITAL PARENTING TERHADAP PERKEMBANGAN BERPIKIR LOGIS ANAK USIA 5-6 TAHUN DI RA BUNAYYA GIWANGAN

Sri Maisari(1*), Sigit Purnama(2),


(1) UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
(2) UIN Sunan Kalijaga
(*) Corresponding Author

Abstract


Anak tidak dapat dipisahkan dengan kemajuan teknologi digital. Orang tua berperan penting dalam mengasuh anak yang telah mengenal media digital khusunya gadget. Penggunaan gadget pada anak dapat dijadikan sebagai sarana edukasi dan menstimulasi berpikir logis anak. Penelitian ini bertujuan  mendeskripsikan penerapan konsep digital parenting yang dilakukan orang tua terhadap anak usia 5-6 tahun di RA Bunayya Giwangan dan  mengetahui peran digital parenting terhadap perkembangan berpikir logis anak anak usia 5-6 tahun. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan analisis deskriptif. Subjek yang diteliti yaitu orang tua dan anak usia 5-6  yang berjumlah 5 orang. Penentuan subjek berdasarkan pertimbangan orang tua yang menerapkan konsep digital parenting. Hasil penelitian didapatkan bahwa penerapan konsep digital parenting meliputi: menerapkan aturan dan kesepakatan terkait penggunaan gadget, membimbing dan mendampingi anak, menggunakan parental control, dan menyeimbangkan dunia digital anak dengan dunia nyata; dan peran digital parenting terhadap berpikir logis anak meliputi: sebagai edukasi sekaligus hiburan bagi anak; menstimulasi berpikir logis; mengontrol, membimbing anak dan sebagai usaha untuk menghindari kecanduan gadget.


Keywords


Kata kunci: konsep digital parenting, anak usia 5-6 tahun, berpikir logis

Full Text:

PDF

References


Alia, Tesa. (2018). “Pendampingan Orang Tua pada Anak Usia Dini dalam Penggunaan Teknologi Digital”, dalam A Journal of Language, Literature, Culture, and Education POLYGOT, 14, (1), 65-78.

Alucyna, “Menakar Teknologi dan Perkembangan Kognitif untuk Media Pembelajaran Anak Usia Dini”, dalam Al Hikmah Proceedings on Islamic Early Childhood Education, 1, (1), 41-52.

Bagus, Ramadhan. “Inilah Perkembangan Digital Indonesia Tahun 2018”. Dalam http://www.goodnewsfromindonesia.id. diakses pada tanggal 24 November 2018.

Bloom, Benjamin S. (1986). “The Hands and Feet of Genius Automaticity, Education Leadership”. Dalam http://www.ascd.org/ASCD/pdf/journals/ed_lead/el_198602_bloom.pdf. diakses pada tanggal 24 Januari 2019.

Herlina, Dyna, dkk. (2018). Digital Parenting: Mendidik Anak di Era Digital. Yogyakarta: Samudra Biru.

Kurniasari, Intan, dkk. (2013). “Penggunaan Media Alam Sekitar dan Kemampuan Berpikir Logis Anak Usia Dini”, dalam Edu-Sains, 2, (2), 14-21.

Laely, Khusnul, dkk. (2017). “Parenting Pengasuhan di Era Digital dalam Rangka Mendukung Terwujudnya PKBM (Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat) di Daerah Miskin”, dalam University Reseach Colloquium, 2, (7), 1-8.

Mascheroni, Giovanna, dkk. (2018). “Digital Parenting: The Challengs for Families in The Digital Age”. Nordocom University of Gothenburg: The International Clearinghouse on Children, Youth and Media.

Minutos, Mega. 2016. The Creative Curriculum for Preschool. Teaching Strategis: Colombus.

Papalia., dkk. (2009). Human Development, terj. Brian Marswendy. Jakarta: Salemba Humanika.

Permendikbud Nomor 137 Tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini.

Piaget, Jean. 1997. The Psychology of Intelegence. Edisi ke-7. Madrid: Ediciones Morata.

Rode, Jennifer A., (2009). “Digital Parenting: Designing Children’s Safety”, dalam British Computer Society, London, 6, (12), 244-251.

Santrock, Jhon, W. 2002. Life-Span Development, terj. Achmad Chusairi. Edisi ke-5. Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Sukiman. dkk. (2016). Seri Pendidikan Orang Tua: Mendidik Anak Di Era Digital. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Yolanda, Reid, Chassiakos et al. (2016). “Children and Adolescent and Digital Media. American Academy of Pediatrics”, 138, (5), 62-78.

Yurdakul, Isil Kabakci, dkk, (2013). “Dijital Ebeveylinlik ve Degisen Roller”, dalam Gaziantep University Journal of Sosial Science, 4, (12). 883-896.




DOI: 10.24235/awlady.v5i1.4012

Article Metrics

Abstract view : 367 times
PDF - 162 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Awlady: Jurnal Pendidikan Anak, Indexed By:

  

 

 

 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Awlady's Statistic Counter View Here