PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK TEAM GAMES TOURNAMENT DALAM UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA SUB MATERI POKOK BILANGAN BULAT

Edi prio baskoro(1*),


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Hasil belajar menunjukkan kecakapan siswa dan segala hal yang diperolehnya melalui proses belajar mengajar di sekolah dimana siswa dianggap berhasil apabila telah mencapai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) yang telah ditetapkan. Hasil penelitian awal menunjukkan bahwa nilai harian yang diperoleh siswa kelas IV MI Jampang Cimerak tahun ajaran 2012/2013 sebagian besar siswa belum dapat dikatakan tuntas dalam mata pelajaran matematika. Dikatakan demikian karena dari 15 siswa sebanyak 40% siswa tuntas dalam belajar sedangkan sebanyak 60% siswa belum tuntas.

 Berdasarkan penelitian awal nilai ulangan siswa kelas IV masih dibawah KKM. Salah satu faktor yang mempengaruhi hasil belajar adalah model pembelajaran. Model pembelajaran merupakan suatu perencanaan yang dibuat oleh guru agar proses pembelajaran dapat dilaksanakan tanpa mengakibatkan siswa mengalami kebosanan. Pada kenyataannya model pembelajaran yang dilaksanakan di sekolah cenderung monoton dan berpusat pada guru. Untuk itu peneliti mencoba menerapkan model pembelajaran kooperatif teknik Team Games Tournament (TGT)  dalam proses belajar mengajar sebagai suatu upaya untuk memberikan solusi dari permasalahan tersebut.

Team Games Tournament (TGT) adalah salah satu model pembelajaran kooperatif yang mudah dalam penerapannya karena dalam pelaksanaannya melibatkan aktivitas seluruh siswa tanpa harus membedakan status, adanya kegiatan tutor sebaya (peer teaching), adanya suatu permainan serta reinforcement (penguatan). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan model pembelajaran kooperatif (Cooperative Learning) Teknik TGT (Team Games Tournament) dalam upaya meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika khususnya pada materi bilangan bulat di kelas IV MI Jampang.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan Subjel penelitian Kelas IV MI Jampang Kecamatan Cimerak Kabupaten Ciamis. Penelitian ini berlangsung selama 3 siklus.

Hasil penelitian setelah diterapkannya model pembelajaran kooperatif teknik TGT menunjukan siswa lebih bersemangat dalam mengikuti proses pembelajaran dan meningkatnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika. Hal ini dapat dilihat dari semakin mantapnya pemahaman siswa terhadap materi yang disampaikan guru (ketuntasan belajar meningkat dari siklus I, II, dan II) yaitu masing-masing 73,33%, 80%, dan 100%.  Sehingga penerapan model pembelajaran kooperatif teknik TGT berperan penting terhadap peningkatan hasil belajar siswa.

Kata kunci : Model pembelajaran kooperatif teknik Team Games Tournament  (TGT), hasil belajar

Full Text:

PDF

References


Isjoni. (2007). Cooperative learning. Bandung:Alfabeta

Muhammad, Ali. (2000). Guru dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung : Sinar Baru Algensindo

Nana, Syaodih. (2007). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : PT Remaja Rosdakarya

Oemar, Hamalik. (2003). Proses Belajar Mengajar. Jakarta : Bumi Aksara

Roestiyah, N.K dan Staf Pembina Ilmu Keguruan. 1982. Masalah-masalah Ilmu Keguruan. Jakarta : PT Bina Aksara

Slavin, Robert.E. (2008). COOPERATIVE LEARNING Teori, Riset dan Praktik. Bandung : Nusa Media

Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta

Suharsimi, Arikunto. (2006). Dasar-dasar Evaluasi pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara

Suharsimi, Arikunto. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis. Jakarta : Rineka Cipta

Syamsu, Yusuf, dkk. (1993). Dasar-dasar Pembinaan Kemampuan Proses Belajar Mengajar. Bandung: CV Andira

Uzer, Usman. (1993). Upaya Optimalisasi Kegiatan Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya

Jurnal:

Baso, Intang. (2005). Pengaruh Metode Mengajar & Ragam Tes Terhadap Hasil Belajar Matematika dengan mengontrol Siswa. Jakarta : Jurnal Pendidikan & Kebudayaan, No. 56

Dokumen:

UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 20 TAHUN 2003. http://tarbiyahku.wordpress.com/uusisdiknas-2003/. (2 April 2009)

Skripsi:

Agus, Baskara. (2008). Pengaruh Metode Pembelajaran Simulasi Terhadap Prestasi Belajar Pada Mata Diklat Akuntansi ( Penelitian Eksperimen di Kelas X Akuntansi SMKN 3 Karawang ). Skripsi. Bandung : Program Pendidikan Akuntansi UPI

Dewi, Mustikasari. (2007). Pengaruh Penerapan Metode Cooperative Learning Tipe Team Games Tournament (TGT) Terhadap Hasil Belajar Siswa. Skripsi. Bandung: Program Pendidikan Sejarah UPI

Fenny Yuliani H (2009). Penerapan Model Pembelajaran TGTdalam Pembelajaran Fisika SMP (Suatu Studi Eksperimen Terhadap Siswa Kelas VII SMP Negeri 12 Bandung). Skripsi. Pendidikan Fisika

Kuslinah (2009). Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) Terhadap hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Geografi. Skripsi. Pendidikan Geografi

Margareth Prameswari Damanik (2007). Pengaruh Penerapan Model Cooperative Learning Tipe Team Games Tournament (TGT) Terhadap Pemahaman Siswa kelas X Pada Pokok Bahasan Larutan Elektrolit“. Skripsi. Pendidikan Kimia

Veronica, Raja Guk-guk. (2008). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akuntansi Lanjutan Di SMK Negeri 1 Bandung. Skripsi. Pendidikan Akuntansi

Internet:

Akhmad, Sudrajat. Pengertian Pendekatan, Strategi, Metode, Teknik, Taktik, dan Model Pembelajaran. www.psb-psma.org. (3 Oktober 2008)

Fadlisyah, S.Si. Bab-II-Tesis. http://www.scribd.com/doc/16862690/ (19 Juli 2009)

http://akhmadsudrajat.wordpress.com (6 July 2009)

Tarmizi, Ramadhan. Perbuatan dan Hasil Belajar. http://tarmizi.wordpress.com/2008/11/09/. (6 July 2009)

Udiexz. Teori Tentang Belajar. http://udhiexz.wordpress.com (18 Maret 2009)

www.pikiran-rakyat.com (8 July 2009)




DOI: 10.24235/eduma.v4i1.22

Article Metrics

Abstract view : 631 times
PDF - 685 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2022 Eduma : Mathematics Education Learning and Teaching

View My Stats