PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS KEARIFAN LOKAL GUSJIGANG KUDUS PADA SISWA SLOW LEARNER
(1) Universitas Muria Kudus
(2) Universitas muria kudus
(*) Corresponding Author
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Aziz, A.F.,, Sugiman, & Prabowo, A. (2015). Analisis Proses Pembelajaran Matematika pada Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) Slow learner di Kelas Inklusif SMP Negeri 7 Salatiga. Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 6(2), 111-120. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/kreano/article/view/4168/4743
Ferdianto, F, & Setiyani. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Media Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal Mahasiswa Pendidikan Matematika. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 2(1), 37-47. Retrieved from http://jurnal.unswagati.ac.id/index.php/JNPM/article/view/781/678
Hadi, F. R. (2016). Proses Pembelajaran Matematika Pada Anak Slow learners (Lamban Belajar). Premiere Educandum, 6(1), 35-41. Retrieved from http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/PE/article/view/295/267
Ikhwanudin, T. (2018). Pembelajaran Matematika Berbasis Kearifan Lokal Untuk Membangun Karakter Bangsa. UNION: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 11-18. Retrieved from http://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/union/article/view/1560/pdf
Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan AnakRepublik Indonesia. (2013) Panduan Penanganan Anak Berkebutuhan Khusus bagi pendapingan (Orang Tua, Keluarga, Dan Masyarakat). Jakarta : Kementrian pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia
Khayati, F., Sujadi, I., & Saputro, S. R. (2016). Pengembangan Modul Matematika Untuk Pembelajaran Berbasis masalah (Problem Based Learning) Pada ateri Pokok Persamaan garis lurus kelas VIII SMP. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 4(7), 608-621. Retrieved from http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/s2math/article/view/9167/6783
Laksana, D.N.L., Putu Agus Wawan Kurniawan, P.A.W., Niftalia, I. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Tematik SD Kelas IV Berbasis Kearifan Lokal Masyarakat Ngada. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 3 (1), 1-10. Retrieved from http://ejournal.citrabakti.ac.id/index.php/jipcb/article/view/74/6
Marheni, A., K., I. (2017). Art therapy bagi anak slow learner. Prosiding Temu Ilmiah X Ikatan Psikologi Perkmbangan indonesia Peran Psikologi Perkembangan dalam Penumbuhan Humanitas pada Era Digital. ISBN: 978-602-1145-49-4, hal 154-162
Muchyidin, A. (2016). Model Matematika Kearifan Lokal Masyarakat Desa Trusmi Dalam Menjaga Eksistensi Kerajinan Batik Tulis. JES-MAT, 2(1), 12-25. Retrieved from https://journal.uniku.ac.id/index.php/JESMath/article/view/267/206
Muhafid, E. A, Dewi, N. R, & Widiyatmoko, A. (2013). Pengembangan modul IPA Terpadu Berpendekatan Keterampilan proses pada Tema Bunyi Di SMP kelas VII. Unnes Science Education Journal, 2(1), 140-148. Retrieved from http://lib.unnes.ac.id/18596/1/4001409074.pdf
Mustaqim, M, & Bahruddin, A. (2015). Spirit Gusjigang Kudus dan Tantangan Globalisasi Ekonomi. Jurnal Penelitian, 9(1), 19-40, Retrieved from http://journal.stainkudus.ac.id/index.php/jurnalPenelitian/article/view/848/798
Parmin, & Peniati, E. (2012). Pengembangan Modul Mata Kuliah Strategi Belajar Mengajar IPA Berbasis Hasil Penelitian Pembelajaran. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 1(1), 8-15. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/jpii/article/view/2006/2120
Purwaningrum, J. P. (2016). Circuit Learning sebagai Upaya Mengatasi Kesulitan Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional “Berfikir Kritis dan Kreatif dalam Matematika untuk Kontribusi Ekonomi Bangsa”. Hlm. 136-142. Diakses pada http://eprints.umk.ac.id/7317/
Purwaningrum, J. P. (2016). The Efforts to Increase Mathematical Performance and Motivation of Underachever Student Trough Quantum Learning. Prosiding International Conference on Mathematics, Science and Education (ICMSE). Hlm. 127-130. Diaksespadahttps://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/icmse/article/view/13396/7385
Rofiah, N. H. (2017). Penerapan metode pembelajara Peserta Didik Slow learner (Studi Kasus Di Sekolah Dasar Inklusi Wirosaban Yogyakarta). Naturalistic: Jurnal Kajian Penelitan Pendidikan dan Pembelajaran, 2(1), 94-107. Retrieved from http://download.portalgaruda.org/article.php?article=494888&val=10128&title=PENERAPAN%20METODE%20PEMBELAJARAN%20PESERTA%20DIDIK%20SLOW%20LEARNER
Rakhmawati, Nika. (2017). Kesulitan matematika Siswa Slow learner Kelas IV Di SD Negeri Batur 1 Semarang. Jurnal Widia Ortodidaktika, 6(7), 665-667. Retrieved from http://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/plb/article/view/9758
Shaw, S. R. (2010). Rescuing Students from the Slow learner Trap. Principal leadership, Vol. 10(6), 12-16
Trianto. (2009). Mendesain Model PembelajaranInovatifProgresif. Jakarta: Kencana.
Wanabuliandari, S. (2016). Pengenalan Budaya Lokal Kota Kudus Melalui Pembelajaran Etnomatematika Pada Anak Usia Dini. Prosiding Seminar Nasional: Implementasi Bimbingan dan Konseling pada Lembaga pendidikan Anak Usia Dini Dalam Rangka Peningkatan Kualitas Pendidik dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Anak Usia Dini. ISBN :978-602-1180-38-9, hal 40-53.
Wanabuliandari, S., Ardianti, S.,D., & Rahardjo, S.,. (2016). Implementasi Model EJAS Berbasis Mathematic Edutainment Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar dan Perilaku Kepedulian Terhadap Lingkungan. Jurnal EDUMA, 5 (2), 34-41.Retrieved fromhttp://syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/eduma/article/view/1174/1014.
Wanabuliandari, S., & Ardianti, S. A. (2018). Pengaruh Modul E-JAS Edutainment terhadap Karakter Peduli Lingkungan dan Tanggung Jawab. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 8(1), 70-79. Retrieved fromhttp://ejournal.uksw.edu/scholaria/article/view/1248/795
DOI: 10.24235/eduma.v7i1.2724
Article Metrics
Abstract view : 733 timesPDF - 366 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Eduma : Mathematics Education Learning and Teaching