Pengaruh Pendidikan Kepramukaan Terhadap Pembinaan Karakter Siswa Kelas Atas Di SD Negeri Prapag Kidul 01 Kecamatan Losari Kabupaten Brebes

Ahmad Nasrudin(1), dwi anita alfiani(2*),


(1) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(2) iain syekhnurjati cirebon
(*) Corresponding Author

Abstract


Abstrak

Seseorang dikatakan berkarakter jika dia telah berhasil menyerapnilai dan keyakinan yang dikehendaki masyarakat serta digunakan sebagai kekuatan moral dalam hidupnya.Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel yang digunakan untuk eksperimen maupun kontrol diambil secara random dari populasi tertentu. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Posttest-Only Control Design, terdapat dua kelompok yang masing-masing dipilih secara random (R). Kelompok eksperimen diberi perlakuan kegiatan pramuka (X) dan kelompok kontrol tidak diberi perlakuan. Jumlah populasi pada penelitian ini 75 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas V dan VI sebagai kelompok eksperimen dan siswa kelas IV sebagai kelompok kontrol yang dipilih secara random.Setelah mendapatkan data sampel melalui penyebaran angket, penulis melakukan penelitian dengan menggunakan metode True Experimental Design, yaitu menggunakan analisis data uji normalitas, uji homogenitas, uji determinan, uji linieritas, dan koefesienregresi, diperoleh 69% pengaruh variabel X (pendidikan kepramukaan) terhadap variabel Y (pembinaan karakter siswa) sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain. Kemudian yang terakhir menggunakan uji hipotesis untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh variabel X (pendidikan kepramukaan) terhadap variabel Y (pembinaan karakter siswa) yang hasilnya adalah Ho ditolak. Artinya bahwa ada pengaruh kegiatan pramuka terhadap pembinaan karakter siswa  di SD Negeri Prapag Kidul 01 Kecamatan Losari Kabupaten Brebes.

 

Kata Kunci :Pendidikan Kepramukaan, Pembinaan Karakter Siswa

Abstract

A person is said to be character if he has succeeded in absorbing the values and beliefs that society wants and used as a moral force in his life. This study uses a quantitative approach. Samples used for both experiments and controls are taken randomly from specific populations. The research design used in this research is Posttest-Only Control Design, there are two groups which each chosen by random (R). The experimental group was given a scout activity (X) and the control group was not treated.The total population in this study were 75 students. The sample in this research is the students of class V and VI as the experimental group and the fourth grade students as the randomly selected control group.After obtaining the sample data through the questionnaire, the writer conducted the research using True Experimental Design method, using normality test data analysis, homogeneity test, determinant test, linearity test, and regression coefficient, obtained 69% influence of variable X (scouting education) to variable Y (character building students) while the rest is influenced by other factors.  Then the last use hypothesis test to know whether or not the influence of variable X (scouting education) to variable Y (coaching character of student) which result is Ho rejected. This means that there is influence of scout activities on the character building of students in SD Negeri Prapag Kidul 01 District of Losari Brebes Regency.

 

Keywords: Scouting Education, Character Building Student

 


Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Nainggolan , N. (2016). PERANAN KEPRAMUKAAN DALAM MEMBINA SIKAP NASIONALISME PADA GUGUS MELATI BANDA ACEH. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Prodi PGSD, 1, 88-97.

AB, S. D., Elly, R., & Awaluddin. (2017). PENGARUH KEGIATAN EKSTRAKURIKULER PRAMUKA DALAM. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2, 92- 102.

Arikunto, S. (2009). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis. Bandung: Al Maarif.

Bilda, W. (2016). Pendidikan Karakter Terencana Melalui Pembelajaran Matematika. Journal of Mathematics Education, 2, 48.

Gunawan, H. (2014). Pendidikan Karakter, Konsep dan Implementasi . Bandung: Alfabeta.

Hidayatullah, f. (2010). pendidikan karakter membangun peradaban bangsa. surakarta: Yuma Pustaka.

Katuuk, D. A. (2014). PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENDIDIKAN KARAKTER. Jurnal Pendidikan Karakte, 7, 11-22.

Koesoema, D. (2010). Pendidikan Karakter strategi Mendidik Anak di Zaman Old. Jakarta: PT Grasindo.

Mahmud. (2017). PENGARUH PENDIDIKAN KEPRAMUKAAN. Jurnal Katalogis, 4, 146-155.

Marzuki, & Hapsari, L. (2015). PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA MELALUI KEGIATAN KEPRAMUKAAN. Jurnal Pendidikan Karakter, 8, 142-156.

Marzuki; Woro, Sri. (2016). Peran Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka. Jurnal Pendidikan Karakter, 6, 59-73.

Mas’ut. (2014). PENGARUH KEGIATAN EKSTRA KURIKULER PRAMUKA TERHADAP KEDISIPLINAN BELAJAR IPS SISWA. JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN GEOGRAFI, 5, 1-12.

Purwadarminta, W. (1993). Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Puspitasari, E. (2014). PENDEKATAN PENDIDIKAN KARAKTER. Jurnal Edueksos, 3, 46-57.

Setiawat, L. (2015). PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA MELALUI PEMBELAJARAN BAHASA. Jurnal Pendidikan, 16, 65-73.

Setyawan. (2009). Dari Gerakan Kepanduan Ke Gerakan Pramuka. Jakart: Pustaka Tunas Media.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitan Kuantitatif Kualitatif & RND. Bandung: alfabeta.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.

Uyanto. (2009). Pedoman Analisis Data dengan SPSS. Jakarta: Graha Ilmu .




DOI: 10.24235/ijee.v2i1.6715

Article Metrics

Abstract view : 26 times
PDF - 4 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indonesian Journal of Elementary Education (IJEE) Published by Department of Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Indonesia

Editorial Office:

FITK Building, 5th Floor, Department of Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.  Perjuangan Street of Sunyaragi, Cirebon City, West Java, Indonesia 45132 Phone. 0231-481264, Fax. 0231-489926, Email: pgmi@syekhnurjati.ac.id