MANAJEMEN KELAS PEMBELAJARAN SAINS DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU SABILUL HUDA KOTA CIREBON

Novianti Muspiroh(1*),


(1) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(*) Corresponding Author

Abstract


Abstrak

 

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkap lebih jauh manajemen kelas pembelajaran sains di Sekolah Dasar islam Terpadu Sabilul Huda Kota Cirebon. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif studi kasus yang bersifat lapangan dan deskriptif. Instrumen penelitian berupa observasi mendalam, wawancara mendalam, dokumentasi. Untuk menjaga keabsahan data kualitatif, maka digunakan teknik triangulasi. Teknik analisis data yang dilakukan melalui reduksi data, display data, dan penyusunan kesimpulan. Prosedur penelitian dilakukan melalui beberapa tahapan, yaitu pra lapangan, pekerjaan lapangan, analisis data, dan pelaporan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan manajemen kelas dalam pembelajaran Sains di SDIT Sabilul Huda telah terlaksana dengan baik, walaupun masih harus ada sejumlah hal yang belum maksimal, yakni dalam pengaturan sarana prasarana yang meliputi pengaturan ruang kelas, pengaturan tempat duduk, pengaturan cahaya, pengaturan ventilasi udara, dan pengaturan penyimpanan barang-barang siswa.

 

Kata Kunci: Penguasaan, kondusif, efektifitas

Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Allen, J.D. 1986. “Classroom Management: Students' Perspectives, Goals, and Strategies”. American Educational Research Journal, 23, 437-459.

Berliner, D. C. 1988. “Effective Classroom Management and Instruction: A Knowledge base for Consultation”. J. L. Graden, J. E. Zins, & M. J. Curtis (Eds.), Alternative Educational Delivery Systems: Enhancing Instructional Options for all Students. Washington, DC: National Association of School Psychologists, 309-325.

Brophy, J. E., & Good, T. L. 1986. “Teacher Behavior and Student Achievement”. M. C. Wittrock (Ed.), Handbook of Research on Teaching. New York: Macmillan, 328–375.

Eisenman, Gordon, Susan Edwards, dan Carey Anne Cushman. 2015. “Bringing Reality To Classroom Management in Teacher Education”. Professional Educator, 39 (1): 1–12.

Gross, Richard. 2015. Psychology: The Science of Mind and Behaviour. UK: Hodder Education.

Kurniawan, Asep. 2018. Metodologi Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Moleong, Lexy J. 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Moskowitz, G. dan Hayman Jr., J.L. 1976. “Success Strategies of Inner-City Teachers: A year-long Study”. Journal of Educational Research. 69 (8), 283–289.

Niculescu, Maria, Ancuţa Ioana Franţ. 2016. “The Influence of Classroom Management Quality on the Students’ Behaviour. Romanian Journal of English Studies, 13(1), 154-157

Samino, Saring Marsudi. 2011. Layanan Bimbingan Belajar.Fairuz Media. Surakarta: Fairuz Media.

Schacter, Daniel L., Daniel T. Gilbert, dan Daniel M. Wegner. 2011. Psychology. New York, United States: Worth Publishers.

Sukayati, Cholis Sa'diyah. 2011. Pengelolaan kelas dan Penerapannya dalam Pembelajaran Matematika di SD. Jakarta: Kermenterian Pendidikan Nasional.

Soheili, Fariba, Alizadeh, Hamid, Murphy, Jason M. Bajestani, Hossein Salimi, Ferguson, Eva Dreikurs. 2015. “Teachers as Leaders: The Impact Of Adler-Dreikurs Classroom Management Techniques On Students' Perceptions Of The Classroom Environment And On Academic Achievement”. Journal of Individual Psychology, 71 (4): 440–461.




DOI: 10.24235/jiem.v3i2.5993

Article Metrics

Abstract view : 76 times
PDF - 40 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Novianti Muspiroh

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

JIEM (Journal of Islamic Education Management) indected by: