Pembelajaran Model Inquiry Training Berbantu Metode Debat Untuk Meningkatkan Kemampuan Berargumentasi Dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Kelas XI SMA Negeri 7 Cirebon

Salamah Fauziyah(1*),


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


This research is backed by a low level of students ' ability. This is evidenced by the students still experiencing difficulties in revealing ideas/ideas, the ability to ask is still low, and students have difficulty in solving learning problems. The purpose of this research is 1) to know how much of the study training model is assisted by the debate method in improving the ability to argue, 2) to know how to learn a large model learning inquiry training method Debate in improving student learning outcomes, 3) to know how to learn about the learning model of inquiry training assisted by debate in improving the ability to argue and student learning outcomes. The method used is the Quasy method of experimentation. Simple random sampling can be sampled in 2 classes, each of which amounted to 25 students for the experimental class and 25 students for the control class. The research instruments used are the task and of argument skills, multiple choice tests for learning outcomes, teacher activity observation sheets. The data analysis techniques used are test normality, homogeneity test and hypothesis testing. Based on the results of the T-test data analysis in pairs and the results of the hypothesized test analysis showed that the application of the model inquiry Islam in the class of XI SMA Negeri 7 Cirebon..

 

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan beragumentasi siswa masih rendah. Hal ini dibuktikan dengan siswa masih mengalami kesulitan dalam mengungkapkan ide/gagasan, kemampuan bertanya masih rendah, dan siswa mengalami kesulitan dalam memecahkan masalah pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui seberapa besar pembelajaran model inquiry training berbantu metode debat dalam meningkatkan kemampuan berargumentasi, 2) untuk mengetahui sebarapa besar pembelajaran model inquiry training berbantu metode debat dalam meningkatkan hasil belajar siswa, 3) untuk mengetahui sebarapa besar pembelajaran model inquiry training berbantu metode debat dalam meningkatkan kemampuan berargumentasi dan hasil belajar siswa. Metode yang digunakan adalah metode quasy eksperimen. Teknik pengambilan sampel secara simple random sampling di dapat 2 kelas yang masing masing berjumlah 25 siswa untuk kelas eksperimen dan 25 siswa untuk kelas kontrol. Instrument penelitian yang digunakan adalah task dan rubric kemampuan berargumentasi, tes pilihan ganda untuk hasil belajar, lembar observasi aktivitas guru. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil analisis data uji t berpasangan dan Hasil analisis uji hipotesis menunjukkan penerapan model inquiry training berbantu metode debat dapat meningkatkan kemampuan berargumentasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas XI SMA Negeri 7 Cirebon.


Keywords


inquiry training model, debate method, ability to argue and student learning outcomes.

Full Text:

PDF

References


Ginanjar, W. S., Utari, S., & Muslim, D. (2015). Penerapan Model Argument-Driven Inquiry dalam Pembelajaran IPA untuk Meningkatkan Kemampuan Argumentasi Ilmiah Siswa SMP. Jurnal Pengajaran Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 20(1), 68–79. https://doi.org/10.18269/jpmipa.v20i1.559

Huriaty, D. (2015). Metode Kalibrasi dan Desain Tes Berdasarkan Teori Respons Butir (IRT). Jurnal Pendidikan Matematika, STKIP PGRI Banjarmasin, 1(3), 47–68.

Insyasiska, D., Zubaidah, S., & Susilo, H. (2015). Pengaruh Project Based Learning Terhadap Motivasi Belajar, Kreativitas, Kemampuan Berpikir Kritis, Dan Kemampuan Kognitif Siswa Pada Pembelajaran Biologi. Jurnal Pendidikan Biologi, 7(1), 24–33. https://doi.org/10.2307/4165303

Mustofa, A. (2011). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI (Team Assisted Individualization) dengan Model Pembelajaran PBL (Problem Based Learning) terhadap Hasil Belajar TIK Siswa Kelas X Sma Negeri 1 Kepanjen. SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM.

Nasution, S. W. R. (2018). Penerapan Model Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Pada Pembelajaran Fisika. Jurnal Education And Development, 3(1), 36–67.

Nurdin, M. (2016). Penerapan Metode Debat Aktif untuk Meningkatkan Kemampuan Berdiskusi Mahasiswa dalam Pembelajaran Konsep Dasar PKN di PGSD UPP Bone FIP UNM. Publikasi Pendidikan, 6(1), 26–45. https://doi.org/10.26858/publikan.v6i1.1784

Nurmadiah. (2018). Media Pendidikan. Al-Afkar : Jurnal Keislaman & Peradaban, 5(1), 22–37. https://doi.org/10.28944/afkar.v5i1.109

Pasani, C. F., & Basil, M. (2014). Mengembangkan Karakter Tanggung Jawab Siswa Melalui Pembelajaran Matematika dengan Model Kooperatif Tipe TAI di Kelas VIII SMPN. EDU-MAT, 2(2), 15–24.

Pratiwi, R. D. (2016). Pengembangan Lembar Kerja Berbasis Inkuiri Pada Analisis Kafein Berbagai Bahan Baku Minuman. Jurnal Tadris Kimiya, 1(1), 26–48. https://doi.org/10.15575/jta.v1i1.1162

Sastrika, I. A. K., Sadia, I. W., & Muderawan, I. W. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek terhadap Pemahaman Konsep Kimia dan Keterampilan Berpikir Kritis. Proseding Seminar Nasional MIPA 2016, 3(2), 21–35.

Sayidiman. (2012). Penggunaan Media Audio Visual Dalam Merangsang Minat Mahasiswa Terhadap Mata Kuliah Seni Tari. Jurnal Publikasi Pendidikan, 2(1), 5–16. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.26858/publikan.v2i1.1583

Suarta, I. M., Hardika, N. S., Sanjaya, I. G. N., & Arjana, I. W. B. (2015). Model Authentic Self-Assessment Dalam Pengembangan Employability Skills Mahasiswa Pendidikan Tinggi Vokasi. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 19(1), 25–47. https://doi.org/10.21831/pep.v19i1.4555

Suhada, H. (2015). Model Pembelajaran Inquiry Dan Kemampuan Berpikir Kritis Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas V Pada Mata Pelajaran IPA. Jurnal Pendidikan Dasar. Tanggerang, 8(2), 13–21. https://doi.org/doi.org/10.21009/JPD.082.02

Sukma, Komariyah, L., & Syam, M. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa. Saintifika, 18(1), 34–54.

Suparno. (2016). Peningkatan Keterampilan Menyimak Dan Menulis Melalui Sistem Pembelajaran Modul Dengan Media Audio Visual Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Sekolah Dasar. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 3(1), 16–26. https://doi.org/10.17509/eh.v3i1.2802




DOI: 10.24235/oasis.v4i1.4288

Article Metrics

Abstract view : 154 times
PDF - 73 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Oasis : Jurnal Ilmiah Kajian Islam

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

-------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Saat ini e-journal OASIS telah terindeks pada :

                            

                                                                                                                            
--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

  
OASIS by http://syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/oasis/is licensed under Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0)