PENERAPAN PEMBELAJARAN BIOENTREPRENEURSHIP PADA SUB KONSEP PISCES UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X DI SMA NEGERI 1 PLUMBON

Khusnul Khotimah(1*), Endang Endang(2), Novianti Muspiroh(3),


(1) Tadris IPA Biologi IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(2) Tadris IPA Biologi IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(3) Tadris IPA Biologi IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(*) Corresponding Author

Abstract


Penerapan pembelajaran Bioentrepreneurship pada sub konsep pisces merupakan pembelajaran biologi berbasis kewirausahaan yang bersifat kontekstual, artinya siswa dapat mengaitkan antara materi biologi seperti sub konsep pisces dengan penerapannya dalam kehidupan. Pembelajaran biologi berbasis entrepreneurship dapat meningkatkan keterampilan, kreativitas, dan inovasi siswa dalam berwirausaha. Tujuan dilakukan penelitian dengan menerapkan pembelajaran Bioentrepreneurship sebagai berikut: (1) aktivitas belajar siswa, (2) peningkatan hasil belajar siswa, dan (3) respon siswa terhadap pembelajaran Bioentrepreneurship. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 1 Plumbon, tepatnya di kelas X MIPA 1 (kelas eksperimen) dan kelas X MIPA 2 (kelas kontrol), masing-masing berjumlah 40 siswa setiap kelas. Penelitian menggunakan desain Pretest Postest Control Group Design. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi, tes, dan angket respon. Data dianalisis dengan menggunakan software SPSS V 21. Hasil penelitian menunjukan 1) aktivitas belajar siswa kelas eksperimen terdapat peningkatan dari pertemuan pertama sampai ke dua; 2) Hasil belajar siswa kelas eksperimen dan kontrol meningkat, rata-rata N-Gain kelas eksperimen sebesar 0,60 dan rata-rata N-Gain kelas kontrol sebesar 0,32. Hasil uji statistik menghasilkan sig. 0,001 < 0,05, artinya Ho ditolak dan Ha diterima; 3) respon siswa terhadap pembelajaran bioentrepreneurship termasuk dalam kriteria kuat. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu 1) aktivitas siswa mengalami peningkatan 2) terdapat perbedaan peningkatan hasil belajar siswa yang signifikan antara kelas eksperimen dan kontrol,3) siswa memberi respon positif terhadap pembelajaran bioentrepreneurship.

 

Kata kunci : Pembelajaran Bioentrepreneurship dan Hasil Belajar


Full Text:

PDF

References


Alma, Buchari. 2008. Kewirausahaan. Bandung: Alfabeta

Al-Tabany, Trianto Ibnu Badar. 2014. Mendesain Model Pembelajaran. Jakarta: Prenadamedia Group.

Arsana, Made, Marhaeni, A.A.I.N., Suastra, I, Wayan. 2013. Implementasi Pendekatan Pembelajaran Kontekstual Berbantuan Media Lingkungan Sekitar untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA. e- Journal Program Pasca Sarjana Universitas Pendidikan Ganesha. 3 (1), Hlm. 1- 10.

Aziz, Abdul. 2013. Etika Bisnis Perspektif Islam. Bandung: Alfabeta.

Fitria, Eka. 2012. Pengembangan Perangkat Pembelajaran

Bioteknologi Berorientasi Bioentrepreneurship untuk meningkatkan Keterampilan Proses Sains, Minat Wirausaha dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Scientiae Educate. Volume 1. Tadris IPA Biologi Fakultas Tarbiyah. IAIN Syekhnurjati Cirebon: Cirebon.

Mulyasa, E. 2008. Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Radovic, Mirjana. 2013. Creative Education and New Learning as Means of Encouraging Creativity, Original Thinking and Entrepreneurship. [online] Tersedia : www.worldacademy.org %2Ffiles%2F Montenegro _Conference%2FCreative_Education_and_New_Learning_as_Means_of _Encouraging_Creativity_by_Mirjana_Radovic.pdf Diakses pada 25 Mei 2016.

Rohman Muhammad, dkk. 2013. Strategi dan Desain Pengembangan Sistem Pembelajaran. Jakarta : Prestasi Pustakaraya

Siregar, Eveline. 2010. Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia.

Suastra, I Wayan. 2005. Merekonstruksi Sains Asli (Indigenous Science ) Dalam Upaya Mengembangkan Pendidikan Sains Berbasis Budaya Lokal Di Sekolah. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran IKIP Negeri Singaraja.

Suryana. 2013. Kewirausahaan. Jakarta: Penerbit Salemba Empat.

Wahyuningsih, Vida. 2014. ”Pembelajaran Berbasis Sains Budaya Lokal Obat Tradisional pada Konsep Plantae untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas X di SMA Negeri 1 Sumber” (skripsi). IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

Zaeni, Hisyam. (2008). Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani




DOI: 10.24235/sc.educatia.v5i1.978

Article Metrics

Abstract view : 1102 times
PDF - 715 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Scientiae Educatia: Jurnal Pendidikan Sains indexed by:

       

Creative Commons License
This work is licensed under a 
Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Stat Counter (Link)