PENERAPAN MODEL SAINS TEKNOLOGI MASYARAKAT (STM) PADA POKOK BAHASAN PENCEMARAN LINGKUNGAN UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA KELAS X DI MAN 2 CIREBON

Maya Siti Maemunah(1*), Yuyun Maryuningsih(2),


(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Pembelajaran Biologi belum sepenuhnya mengembangkan kreativitas yang dimiliki siswa padahal kreativitas adalah salah satu hasil belajar dalam kecakapan kognitif, sehingga untuk menjadi kreatif dapat dipelajari melalui proses belajar mengajar. Salah satu model pembelajaran yang dapat mengembangkan kreativitas siswa adalah model sains teknologi masyarakat. Tujuan dari   penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) penerapan model STM (2) perbedaan peningkatan kreativitas siswa yang pada saat pembelajaran menerapkan model STM dengan yang pada saat pembelajaran tidak menerapkan model STM.

 Metode yang digunakan adalah eksperimen dengan teknik pengumpulan data berupa tes (pretest dan postest), observasi, pembuatan produk daur ulang limbah dan angket. Teknik pengambilan sampel yaitu dengan cara random dari 7 kelas, hasilnya  adalah siswa kelas X.F sebagai kelas eksperimen sebanyak 30 siswa dan kelas X.C sebagai kelas kontrol sebanyak 30 siswa.

      Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Penerapan model STM terdiri dari lima tahapan yaitu tahap invintasi, pembentukan konsep, penerapan konsep, pemantapan konsep dan evaluasi. (2) Berdasarkan hasil uji t, terdapat perbedaan peningkatan kreativitas antara siswa yang menerapkan model STM dengan yang tidak   menerapkan   model STM, yaitu diperoleh nilai sig. 0,000<0,05. Hal ini menunjukkan bahwa   kreativitas siswa yang menerapkan model STM lebih baik dibandingkan dengan siswa yang tidak menerapkan model STM pada saat pembelajaran.  (3) Berdasarkan hasil   analisis  angket, respon  siswa terhadap penerapan model STM sebagian besar termasuk dalam kategori kuat yaitu dengan nilai rata-rata sebesar 80% dengan rentang 60%-80%. Hal ini menunjukkan bahwa siswa memberikan respon yang baik terhadap penerapan model STM pada materi pencemaran lingkungan.

 

Kata Kunci : Model Sains Teknologi Masyarakat, Kreativitas.


Full Text:

PDF

References


Adiyanto, Anis. 2008. Jurnal Penelitian Pendidikan Implementasi Pendekatan Sain Teknologi Masyarakat (Stm) Sebagai Upaya Meminimalisasi Miskonsepsi Materi Bioteknologi Di Sma Al Islam 1 Surakarta. Tidak Diterbitkan

Arikunto, Suharismi. 2009. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT. Bumii Aksara.

Hake, Richard. 1996. Interactive-engagement versus traditional methods: A six thousand-student survey of mechanics test data for introductory physics courses. Tidak Diterbitkan

Juliantine. Tite. 2009. Pengembangan Kreativitas Siswa Melalui Implementasi Model Pembelajaran Inkuiri Dalam Pendidikan Jasmani. Diterbitkan

Kistinnah, Idun. 2006. Biologi 1 : Makhluk Hidup dan Lingkungannya Untuk SMA/MA Kelas X. Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional

Khoeru ahmadi, Iif dkk. 2011. Pembelajaran Akselerasi Analisis Teori Dan Praktik Serta Pengaruhnya Terhadap Mekanisme Pembelajaran Dalam Kelas Kaselerasi. Jakarta : Prestasi Pustaka Publisher.

Meltzer, D,E. 2002. The Relationship Between Mathematict Preparation and Conceptual Learning Gains in Physics : A Possible “Hidden Variabel” in Diagnostic Pretes Score. Tidak Diterbitkan.

Mulyani, Dwi Retno. 2008. Pengaruh Model Sains Teknologi Masyarakat (STM) Dalam Pembelajaran Fisika Terhadap Prestasi Dan Minat Belajar Siswa. Skripsi: Tidak diterbitkan

Munandar, Utami. 2009. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta:

Rineka Cipta

Novrizal, Ferdy. 2010. Pengaruh Model Pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat Terhadap Peningkatan Penguasaan Konsep Fisika Pada Konsep Usaha Dan Energi. Tidak Diterbitkan.

Nurohman, Sabar. 2007. Model Sains-Teknologi-Masyarakat (STM) Dalam Pembelajaran IPA Sebagai Upaya Peningkatan Life Skills Peserta Didik. Tidak Diterbitkan

P.Satiadarma dan E.Waruru. 2003. Mendidik Kecerdasan Pedoman Bagi Orang Tua dan Guru Dalam Mendidik Anak Cerdas. Jakarta: Pustaka Populer Obor.

Poedjiadi, A. 2005. Sains Teknologi Masyarakat, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Pujianto, Sri. 2008. Menjelajah Dunia Biologi Untuk Kelas X SMA dan MA. PT

Tiga Serangkai Pustaka mandiri

Purwanto, Ngalim. 2009. Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Rahmatika, Annisaa. 2009. Meningkatkan Kreativitas Dan Efektivitas DalamPembelajaran Matematika Dengan Pendekatan Konstruktivis Di Kelas VIII MTS Al-Ma'had An-Nur Bantul. Tidak Diterbitkan

Riduwan. 2011. Belajar Mudah Penelitian untuk Guru-Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta

Rustaman, N. 2005. Strategi Belajar Mengajar Biologi. Malang: UM Press

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta:Rineka Cipta.

Sudjana, Nana. 2011. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

_______. 2007.Statistik Nonparametris Untuk Penelitian. Bandung: CV Alfabeta.

Sulianto, Joko. Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Kreativitas Siswa pada materi Matematika di Sekolah Dasar dengan Pembelajaran Pemecahan Masalah. Tidak Diterbitkan

Sulistyorini, Ari. 2009. Biologi 1 : Untuk Sekolah menengah Atas/Madrasah Aliyah Kelas X. Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional

Surapranata, Sumarna. 2004. Analisis, Validasi, Reliabilitas, dan Interpretasi Hasil Belajar.Bandung:PT Remaja Rosdakarya

Suryani, Fadiyah. 2012. Peningkatan Kreativitas Siswa Dalam Proses Belajar Fisika Pada Konsep Gelombang Elektromagnet Melalui Pembelajaran Think, Write, And Talk. Prosiding Pertemuan Ilmiah XXVI HFI Jateng & DIY, Purworejo. Tidak Diterbitkan

Taryono. 2012. Kemampuan Berpikir Fluency Siswa Smk Kelas X Dengan Menggunakan Model Sains Teknologi Masyarakat (STM) Dalam Pembelajaran Fisika. Skripsi: Tidak diterbitkan

Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif: Konsep, Landasan, dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Kencana.

________2011. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara

Wasliman dan Somantri. 2004. Portofolio dalam Pembelajaran IPS. Bandung:PT

Remaja Rosdakarya

Wijaya,Cece. 1996. Pendidikan Remedial Sarana Pengembangan Mutu Sumber Daya Manusia.Bandung: PT remaja rosdakarya.

Yosita Ratri, Safitri. Model Sains-Teknologi-Masyarakat (STM) bagi Pengembangan Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar.Tidak Diterbitkan




DOI: 10.24235/sc.educatia.v2i2.525

Article Metrics

Abstract view : 1793 times
PDF - 913 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Scientiae Educatia: Jurnal Pendidikan Sains indexed by:

       

Creative Commons License
This work is licensed under a 
Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Stat Counter (Link)