STRATEGI STUDENT TEAM HEROIC LEADERSHIP BERBASIS LMS MOODLE PADA MATAKULIAH ANALISIS REAL

isnani isnani(1*),


(1) Universitas Pancasakti Tegal
(*) Corresponding Author

Abstract


ABSTRAK

Tujuan dari penelitian ini adalah mahasiswa dapat mengalami keaktifan mencapai 75% , kemampuan penalarannya mencapai ketuntasan yaitu 70, keaktifan berpengaruh terhadap kemampuan penalaran dan  kemampuan penalaranya lebih baik dibandingkan pembelajaran sebelumnya.

Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah mahasiswa yang mengambil mata kuliah Analisis Real Tahun Akademik 2017/2018 di Program Studi S1 Pendidikan Matematika Universitas Pancasakti Tegal. Teknik pengambilan sampel dengan cara Cluster Random Samel. Sampel yang digunakan yaitu kelas eksperimen kelas VIC dan kelas kontrol kelas VIA. Pengambilan data dengan pengamatan dan tes, untuk data keaktifan dengan pengamatan dan kemampuan penalaran dengan tes Analisis butir tes dilakukan untuk menentukan kualitas soal dari tes kemampuan penalaran. Analisis butir tes yang dimaksudkan dalam penelitian ini adalah validitas,   reliabilitas, tingkat kesukaran dan daya pembeda. Kemudian diuji  dengan uji proporsi menggunakan statistik uji z, uji ketuntasan belajar  menggunakan one sample t-test, , uji pengaruh menggunakan Analisis Regresi Linier Sederhana dan uji banding dua sampel.

                Hasil dari penilitian ini yaitu keaktifan mahasiswa mencapai 75%, kemampuan penalaran mahasiswa mencapai ketuntasan yaitu 70, ada pengaruh postif keaktifan terhadap kemampuan penalaran serta hasil kemampuan penalaran mahasiswa yang pembelajaran dengan strategi STHL berbasis LMS Moodle lebih baik dari pada mahasiswa yang pembelajaran seperti biasanya.

 

 


Keywords


Strategi Student Team Heroic Leadership, Moodle, aktifitas, kemampuan penalaran

Full Text:

PDF

References


Amaliyakh, R., & Isnani, I. (2015). EFEKTIVITAS STRATEGI PEMBELAJARAN STUDENT TEAM HEROIC LEADERSHIP (STHL) DAN PEMBERIAN TUGAS TERSTRUKTUR TERHADAP KETUNTASAN BELAJAR MAHASISWA DALAM MATAKULIAH ANALISIS REAL DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA FKIP UNIVERSITAS PANCASAKTI TEGAL. Jurnal Dialektika Program Studi Pendidikan Matematika, 2(2), 1-9.

Amin, Ishaq Made. 2012. Moodle Pembelajaran Berbasis Web. http://www.ishaqmadeamin.com/2012/12/moodle-pembelajaran-berbasis-web.html. Di akses pada tanggal 27 November 2013.

Azis, A. A. (2017). Pengembangan Media E-learning Berbasis Lms Moodle Pada Matakuliah Anatomi Fisiologi Manusia. Jurnal Pendidikan Biologi, 7(1)

Bartle, G Robert dan Sherbert R Donald. 2000. Intoduction To Real Analysis. New York. John Wiley and Sons. Inc

Davidson, N., and Kroll, D.L. 1991. An Overview of Research on Cooperative Learning Related to Mathematics. “Journal for Research in Mathematics Educations. 22, 362—365.

Dess, R. L. 1991. The Role of Cooperative Learning in Increasing Problem-Solving Abibility in a College Remedial Course. “Journal for Research in Mathematics Education, 22(5), 409-21.

Fitrada, E. E., & Rusimamto, P. W. (2015). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN E-LEARNING BERBASIS MOODLE PADA KOMPETENSI DASAR DASAR ELEKTRONIKA DI SMK NEGERI 1 TANJUNGANOM-NGANJUK. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 4(2).

Lehman, Lynn. 2007. A Proactive Approach to Employee Training & Development. Rising Sun Consultants.

Sharan, S. 1980. Cooperative Learning in Small Groups Recent Method and Effects on Achievement, Attitudes, and Ethnics Relations. “Review of Educational Research. 50. 241 – 271.

Slavin, Robert, E. 1995. Cooperative Learning. Theory, Research and Practice. Second Edition, Boston: Allyn and Bacon Publisher.

Sukestiyarno, dan Budi Waluya. 2006. Upaya Meningkatkan Penguasaan Konsep dan Membentuk Mahasiswa Menjadi Matematikawan yang Filsafati Melalui Pembelajaran Filsafat Ilmu dengan Strategi Student Team Heroic Leadership. Laporan Teaching Grant: Pend. Maatematika UNNES.

Tiara. (2015). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN E-LEARNING BERBASIS MOODLE KOMPETENSI DASAR JURNAL KHUSUS UNTUK SISWA KELAS XII IPS SEMESTER GASAL DI SMA NEGERI 4 JEMBER. Prosiding Semiar Nasional Pendidikan Ekonomi & Bisnis Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Sabtu, 07 November 2015

Unal, H. 2006. Preservice Secondary Mathematics Teacher’s Comparative Analyses of Turkish and American High School Geometry Textbook, Kastamonu Education Journal. 14 (2). 509-516.


Article Metrics

Abstract view : 123 times
PDF - 91 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.