PENGARUH MOTIVASI DAN PERSEPSI SISWA PADA MATEMATIKA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII DI MTS AL-HIDAYAH DUKUPUNTANG KABUPATEN CIREBON (POKOK BAHASAN KUBUS DAN BALOK).

nurhana syamarro(1), Widodo Winarso(2*), saluky saluky(3),


(1) 
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini merupakan hasil pengukuran motivasi, persepsi dan prestasi belajar matematika  siswa  yang  menggunakan pendekatan kuantitatif  dengan  teknik  regresi ganda. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII sejumlah 46 siswa di MTs Al-Hidayah Dukupuntang Cirebon. Data tingkat motivasi dan persepsi siswa diperoleh melalui angket, sedangkan data prestasi belajar matematika diperoleh dari hasil tes matematika pokok bahasan kubus dan balok. Dari hasil penelitian diperoleh informasi bahwa motivasi belajar sebesar 35% siswa termasuk dalam kategori rendah. Persepsi siswa pada matematika sebesar 37% siswa masuk dalam kategori sedang. Sedangkan rata-rata prestasi belajar siswa menunjukkan prestasi yang cukup baik yaitu sebanyak 39% siswa. Pengaruh motivasi dan persepsi siswa pada matematika terhadap prestasi belajar matematika siswa ditunjukkan dengan koefisien determinasi sebesar 0,935.  Hal  ini  menunjukkan  bahwa  persentase  sumbangan  pengaruh  motivasi  dan persepsi siswa pada matematika terhadap prestasi belajar matematika sebesar 93,5% melalui fungsi taksiran = -83,724 + 0,532X1 + 0,754X2. Hasil uji hipotesis dengan uji F diperoleh Fhitung > Ftabel yaitu (325,401 > 3,21) dengan signifikasi 0,000 < 0,05 maka H0 ditolak. Jadi motivasi dan persepsi siswa secara bersama-sama berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VIII di MTs Al-Hidayah Dukupuntang Kab. Cirebon.

 

Kata kunci       :   Motivasi,   Persepsi   pada   Matematika,   Prestasi   Belajar

Matematika.

Full Text:

PDF

References


Nur’asyah. 2005. Hubungan

Kepercayaan Diri dan Persepsi Siswa Terhadap Matematika dengan Hasil Belajar Matematika di SMP Kota Medan. Program Studi Teknologi Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Negeri Medan. Tidak Diterbitkan.

Wijayanto, Bambang Tri. 2008.

Pengaruh Penggunaan

Pendekatan Flow Terhadap Prestasi Belajar Matematika Ditinjau dari Persepsi Siswa Pada SMA Negeri Kabupaten Sukoharjo. Thesis Program Studi Pendidikan Matematika Program Pasca Sarjana Universitas Sebelas Maret Surakarta. Tidak diterbitkan.

Sunaryo, Wowo. 2011. Taksonomi Berpikir. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan : Pendekatan

Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta. Slameto. 2003. Belajar Dan Faktor- Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta. Rineka Cipta.

Puger, I Gusti Ngurah. 2012. Uji Penskalaan Respon Kuesioner Motivasi Belajar (Suatu Studi Uji Coba Pada Kelas VIII SMP Negeri 1 Seririt). Jurnal Sains dan Teknologi Vol. 11 No. 3 April 2012.

Mulyadi, Mohammad. 2011. Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif Serta Pemikiran Dasar Menggabungkannya. Jurnal Studi Komunikasi dan Media Vol. 15 No. 1. LIUa, Eric Zhi Feng and LIN, Chun Hung. 2010. The Survey Study Of Mathematics Motivated

Strategies For Learning Questionnaire (MMSLQ) For Grade 10–12 Taiwanese Students. TOJET: The Turkish Online Journal of Educational

Technology – April 2010, volume 9


Article Metrics

Abstract view : 445 times
PDF - 578 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2018 nurhana syamarro, Widodo Winarso, saluky saluky

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.